Bisnis Dropship Semakin Menjamur, Persaingan Semakin Ketat? Ini Solusinya!

persaingan bisnis dropship online

Dengan semakin mudahnya orang-orang menjalankan bisnis dorpship online, secara langsung berdampak juga terhadap peluang bisnis dropship itu sendiri. Sebesar apapun peluang jika sudah diserbu oleh banyak orang maka akan berubah menjadi peluang yang sempit. Ini adalah hukum alami yang terjadi pada banyak sektor bisnis.

Setiap pebisnis dropship dituntut bukan saja sekedar mau berkeja keras melainkan bekerja kreatif dan inovatif. Sekarang jamannya dropshipper kreatif yang dapat bertahan dan mengembangkan bisnisnya ke jenjang yang lebih besar lagi.

Apakah saat ini Anda menjalankan bisnis dropship?


Dan apakah Anda merasa terjadi penurunan penjualan dalam skala yang cukup signifikan?


Hati-hati, mungkin Anda sedang tergerus oleh persaingan bisnis dropship online yang saat ini semakin banyak orang menjalankannya. Persaingan harga semakin ketat, saling banting harga. Bahkan saya tidak menyangka, ada yang rela mengambil profit cuma 5 ribu rupiah saja dari keuntungan per penjualan. Pasar bisnis retail online saat ini sudah mulai berdarah-darah.

Sebenarnya situasi saat ini sudah pernah saya prediksikan melalui tulisan saya sebelumnya yang berjudul Menghadapi Persaingan Bisnis Online 2017

Bisnis dropship hanya mengandalkan reputasi terpercaya saja tidak cukup untuk membuat bisnis Anda bertahan. Sekarang saatnya berfikir kreatif untuk melahirkan inovasi baru, baik dalam pelayanan maupun kualitas produk.

Lalu bagaimana caranya?

Sebenarnya saya sudah pernah menuliskan tips-tips memenangkan persaingan tanpa harus banting-banting harga. Jika Anda melewatkannya, silahkan baca lagi disini >> 4 Cara Memenangkan Persaingan Tanpa Menurunkan Harga

Setelah Anda membacanya, silahkan lanjutkan lagi membaca artikel ini. Karena saya akan menambahkan beberapa tips yang berkaitan dengan teknis marketing. Namun sebelumnya, lebih baik kita ketahui dulu, point-point apa saja yang membuat persaingan saat ini menjadi semakin ketat.


1. Media Iklan Semakin Mudah dan Murah


Dulu Facebook Ads belum dikenal oleh banyak orang. Kalau sekarang berbeda kondisinya, ibu-ibu yang menjalankan bisnis dropship sudah mainannya ngiklan di Facebook. Dengan semakin mudah dan murahnya biaya iklan, membuat setiap orang bisa dengan mudah menembus target pasar.

2. Faktor Produsen yang Langsung Terjuan Jualan.


Semakin banyak marketplace dan juga e-commerce yang memiliki dana promosi cukup besar, membuat banyak perubahan terutama edukasi jual beli online di masyarakat luas. Akhirnya, para produsen pun bisa langsung berjualan.

Kalau dulu, dari produsen membutuhkan dustributor yang akan menyalurkan barang hingga ke tangan konsumen. Kini, produsen bisa langsung berhubungan dengan konsumen karena market jual beli online sudah terbentuk dan dikenal oleh masyarakat.

3. Kemudahan Daftar Dropship/Reseller Online dan Gratis


Belum lagi para pemilik produk atau toko online yang memberikan kemudahan kepada setiap orang yang ingin bergabung menjadi reseller. Kalau dulu, untuk bergabung menjadi reseller ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, bahkan sampai harus membayar biaya pendaftaran. Tapi sekarang semua itu sudah tidak berlaku. Daftar dropship gratis. Siapapun bebas dan mudah menjadi reseller.

Nah setelah kita mengetahui tiga faktor diatas, kini semakin mudah bagi Anda untuk melakukan inovasi. Artinya, jangan sampai inovasi Anda masih bisa tergilas oleh ketiga hal tadi.

Baca Juga: Ternyata Trik Mudah Ini Ampuh Meningkatkan Omset Jualan Online

Inilah 3 solusi kreatif untuk bisnis dropship online di tengah ketatnya persaingan saat ini!


1. Saatnya bergeser dari dropshipper menjadi stockist


Jika saat menjadi reseller dropship Anda tidak harus melakukan stok produk, dengan semakin ketatnya persaingan saat ini Anda sudah dituntut melakukan stok produk sendiri. Pilihlah produk-produk yang fast moving (cepat terjual). Lalu beli ke produsen dalam jumlah yang banyak.

Saat Anda belanja stok produk, harus diikuti dengan negosiasi penurunan harga beli. Minta ke produsen untuk menurunkan harga karena Anda sudah membeli dalam jumlah yang banyak sekali transaksi.

Misalnya, Anda reseller dropship hijab online. Biasanya membeli satuan dari produsen seharga Rp 50ribu. Anda bisa meminta harga turun menjadi 40ribu bahkan 35ribu saat membeli 20 pcs hijab dengan motif yang sama.

Untuk harga silahkan negosiasi, fleksibel. Angka diatas hanya sebagai contoh saja agar semakin jelas Anda menyimak pemaparan ini.

Dengan turunnya harga beli, maka Anda bisa menarik keuntungan lebih besar dari biasanya. Atau jika diperlukan Anda bisa menurunkan harga jual dengan alasan promo cuci gudang atau apapun.

2. Mulai merancang produksi sendiri


Dari sekian banyak produk yang laku terjual, cobalah Anda fikirkan bagaimana caranya Anda bisa memproduksi sendiri produk tersebut. Karena dengan memproduksi sendiri, keuntungan penjualan Anda akan jauh lebih besar lagi.

Untuk memproduksi produk sendiri memang tidak bisa langsung serta merta berjalan mulus. Karena ilmu produksi dan jualan adalah dua hal yang berbeda. Anda harus benar-benar paham mengenai harga bahan, ongkos produksi, harga kemasan dan sebagainya.

Lakukan pendalaman terlebih dahulu dengan cara perbanyak bergaul dengan produsen produk Anda. Jika di sekitar Anda memang ada pengrajin atau perusahaan yang dapat memproduksi produk yang Anda jual itu lebih bagus. Artinya proses belajar dapat Anda lakukan sesegera mungkin.

3. Kembangkan media marketing lebih luas lagi


Jika saat ini Anda mengandalkan media promosi hanya melalui media sosial seperti instagram dan facebook. Kini sudah saatnya Anda melirik media pemasaran lainnya yang lebih sustainable. Kira-kira media apa yang belum Anda punya? Yup! Jika Anda belum memiliki website, sekaranglah saatnya. Meskipun kompetitor yang lain sudah memilikinya sudah lama, Anda belum terlambat untuk membangun website.

Ingat! Website bukan sekedar memiliki domain dan bisa diakses saja. Website yang baik adalah yang dapat menjadi daya ungkit konversi penjualan. Jangan asal memiliki website namun tidak berpengaruh untuk bisnis Anda. Karena sebenarnya, membuat website itu mudah. Tapi yang sulit adalah bagaimana website tersebut ramai pengunjung setiap harinya. 

Jika Anda pernah membeli ebook saya yang berjudul >>Dropship Mastery<< disana saya memberikan bonus berupa video tutorial "Cara Membuat Website Toko Online Sendiri"

Isi tutorialnya sebagai berikut:



Anda bisa lihat sendiri kan? betapa mudahnya jaman sekarang membuat website.

Anda hanya perlu mengikuti tutorial video tersebut dan mempraktekkannya, voillaaaaa... website toko online Anda sudah bisa diakses hanya dalam hitungan jam. Asalkan Anda mau praktek! bukan hanya sekedar nonton saja.

Baca juga: Mau Kaya dari Bisnis Dropship? Kuasai Ilmunya dalam 9 Jam

Nah setelah Anda memiliki website, isi web tersebut dengan konten-konten yang bermanfaat. Tentunya konten yang diposting harus sesuai dengan produk yang Anda jual. Misalnya Anda selama ini sebagai reseller hijab online, maka buatlah tutorial cara memakai hijab dalam beberapa model yang sedang trendi.

Lihat! betapa website bisa merangkul lebih banyak orang. Dan jika konsisten terus dikembangkan diisi dengan informasi yang bermanfaat, website Anda akan menjadi base community. Jika Anda sudah memiliki komunitas sendiri, jualan produk bukan lagi hal yang sulit.

Saya kira sudah cukup jelas yaa pemaparan mengenai tips memenangkan persaingan bisnis dropship online tadi. Semoga saja ada manfaatnya untuk Anda. Jika memang dirasakan manfaatnya silahkan share artikel ini kepada teman-teman, agar manfaatnya semakin tersebar luas.


Saya tunggu komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini



Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon