Menghadapi Persaingan Bisnis Dropship Toko Online 2017, Anda Sudah Siap?

menghadapi persaingan bisnis online shop 2017


Sering kita lihat iklan di televisi saat ini yang menawarkan kemudahan belanja online melalui marketplace maupun e-commerce. Disadari atau tidak, dengan gencarnya perusahaan besar terjun di bisnis toko online telah memberikan edukasi terhadap masyarakat secara luas tentang kemudahan belanja online.

Namun bersamaan dengan itu, ternyata iklan-iklan di televisi itu menumbuhkan juga minat orang-orang untuk memulai bisnis jualan online. Akibatnya semakin banyak bermunculan pemain-pemain online shop lokal. Bagi Anda yang sudah memulai bisnis dropship, mungkin sudah merasakan persaingan yang semakin ketat. Terutama persaingan harga yang sudah saling banting-bantingan.

Dengan fenomena yang ada saat ini, tentu saja dibutuhkan kreatifitas lebih untuk mampu bersaing dengan penjual online lainnya. Memulai bisnis hanya butuh keberanian, namun saat menjalankan dan mengembangkannya dibutuhkan ilmu yang sejalan dengan realita saat ini.

Sudah siapkah diri Anda menghadapi persaingan toko online di tahun 2017 ?

1. Strategi Harga Kompetitif


Menetapkan harga jual tidak bisa seenaknya. Diperlukan perhitungan yang jelas agar bisnis Anda dapat bertahan. Jangan salah lhoo, banyaknya penjualan terkadang bisa saja tidak sebanding dengan besarnya keuntungan jika harga jual yang Anda tetapkan asal-asalan.


Bisa saja hal ini pun dialami oleh Anda. Sebelum terlambat, sebaiknya segera cek apakah harga jual yang Anda tentukan sudah sesuai dengan kebutuhan perputaran bisnis Anda?

Saya sudah pernah menuliskan tips bagaimana cara menentukan harga jual. Mungkin ini bisa menjadi referensi tambahan untuk Anda. Silahkan baca penjelasan lengkapnya disini >> Strategi Menentukan Harga Jual Onlien Shop

2. Keluar Dari Zona Merah


Zona merah disini adalah istilah pengganti untuk persaingan perang harga yang sudah berdarah-darah. Misalnya saja Anda menjual sepatu pria, kemudian sudah terlalu banyak persaingan harga yang tidak sehat. Segeralah pindah haluan, beranikan diri keluar dari zona perang harga tersebut.

Caranya bagaimana? Tetap fokus lanjutkan membaca sampai akhir yaa.


Metode Zoom in - Zoom out


Zoom in, artinya Anda memilih strategi jualan yang lebih spesifik. Seperti contoh diawal, jika Anda menjual sepatu pria semua model, cobalah melakukan zoom in dengan hanya menjual satu model saja misalnya hanya menjual sepatu boot pria kulit sapi.

Dengan begitu, Anda sudah membuat perbedaan dari toko online sejenis. Dan dengan perbedaan itu, Anda sudah menarik diri keluar dari persaingan harga. Meskipun tidak secara utuh lepas karena masih menjual dalam kategori yang sama. Tapi paling tidak, mengurangi persaingan yang terlalu luas.

Zoom out, artinya Anda melakukan generalisasi atas produk yang Anda jual. Masih dengan contoh sepatu pria, dengan melakukan zoom out, bisa saja Anda menjual produk pelengkap lainnya seperti kaos kaki dan pembersih sepatu. 

3. Pelayanan Konsumen


Pelayanan konsumen ibarat anak panah. Bagaimana cara customer service berhubungan dengan calon pembeli adalah faktor penentu keberhasilan terjadinya sales. Semakin ramah, semakin baik. Semakin private semakin memuaskan.

Penting disadari, bahwa setiap orang di dunia ini unik. Artinya, Anda tidak bisa memperlakukan semua orang dengan hanya satu cara. Perlu berbagai trik dan kemampuan membaca karakter untuk membuat hubungan dan komunikasi dengan calon pembeli berujung pada transaksi.

Baca juga : 3 Teknik Dahsyat Melayani Pembeli Online Sampai CLOSING

3 Hal diatas bisa menjadi bekal dasar untuk Anda menghadapi persaingan bisnis toko online tahun 2017. Meskipun memang masih perlu dilakukan optimasi dari sisi lainnya. Semisal, disiplin dalam mencatat transaksi harian dan pembenahan dalam sisi manajemen lainnya.

Penting diingat, bahwa kita tidak bisa menghindar dari persaingan bisnis. Itulah tantangan sebagai seorang entrepreneur. Semakin besar mimpi dan cita-cita Anda, maka semakin besar pula rintangan yang dijumpai. Jangan menyerah, meski saya tahu ini tidak mudah.

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon