Pembicara Digital Marketing di Bandung 2020 – Onino Mansah

channel telegram bisnis online

Saat ini geliat era digital sudah hampir dapat dirasakan di semua lini kehidupan kita. Termasuk dalam skala kecil maupun besar. Contoh halnya untuk skala kecil, pemanfaatan internet untuk kebutuhan sehari-hari sudah semakin marak digunakan oleh setiap individu. Misalnya untuk kebutuhan transportasi, pemesanan makanan dan sebagainya. Sedangkan untuk skala besar, perusahaan-perusahaan pun sudah mulai mengadopsi digital marketing dalam melakukan promosi bisnisnya.

pakar dan pembicara digital marketing bandung
Dengan semakin banyaknya kebutuhan perihal digital marketing, tak sedikit instansi maupun perusahaan yang ingin melakukan pelatihan internal bagi karyawan maupun jajarannya agar melek digital dengan mengadakan pelatihan digital marketing.

Tentunya dengan menghadirkan pembicara digital marketing yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang tersebut. Bentuknya dapat berupa seminar bahkan sampai dengan wokrshop yang dilaksanakan selama beberapa hari. Tak sedikit juga instansi pemerintah yang sudah sadar dengan pentingnya mengikuti perkembangan jaman dalam melaksanakan tugas kedinasan, dengan cara mengadopsi digital marketing.

Kriteria Pembicara Digital Marketing

Bagi Anda yang dalam waktu dekat ini akan mengadakan pelatihan digital marketing, tentunya harus mengetahui kriteria pembicara seperti apa yang bisa untuk dihadirkan sebagai trainer. Memang tidak ada acuan khusus untuk mencari seorang pembicara yang memiliki kapasitas mumpuni dan juga jam terbang yang sudah tinggi.

Pembicara digital marketing adalah seseorang yang memiliki pengalaman yang cukup di bidangnya, kemudian memiliki keterampilan berbicara yang baik.

Hal terpenting sebelum mencari kriteria adalah kebutuhan materinya yang harus sudah terlebih dahulu ditentukan. Setelah itu, barulah Anda dapat dengan jelas mencari seorang pembicara digital marketing berdasarkan materi tersebut.

Namun sebagai gambaran setidaknya ada beberapa kriteria yang harus Anda ketahui dalam mencari seorang pembicara digital marketing, yaitu sebagai berikut:

1. Berpengalaman Lebih dari 5 Tahun

Mengapa seorang pembicara setidaknya harus memiliki pengalaman 5 tahun berkecimpung dalam digital marketing?

Sebenarnya waktu 5 tahun disini tidaklah mengikat alias relatif. Karena bisa saja ada orang yang baru berpengalaman 3 tahun namun skill digital marketingnya sudah melebihi orang yang memiliki pengalaman 5 tahun. Semua tergantung dari proses masing-masing individu.

Namun dengan patokan 5 tahun setidaknya seorang calon pembicara digital marketing tersebut sudah mengikuti beberapa perubahan dan mengetahui lebih banyak tentang algoritma beberapa platform seperti media sosial dan juga algoritma google.

2. Memiliki Kemampuan Berbicara yang Mumpuni

Skill teknis digital marketing saja belum cukup. Namanya juga seorang pembicara, sudah pasti dituntut harus memiliki kemampuan men-deliver materi yang mudah dimengerti oleh peserta pelatihan. Jangan sampai skill bagus namun dalam hal penyampaian kurang baik, sehingga materi digital marketing menjadi tidak tersampaikan semuanya.

Jika Anda ingin mengetahui kemampuan berbicaranya, dapat dilakukan dengan bertemu langsung dengan calon pembicara digital marketing, dan dari situ Anda akan dapat mendengar dan melihat sendiri apakah dirinya memiliki kemampuan berbicara yang baik atau masih kurang.

3. Siap Menyajikan Materi yang Dibutuhkan

Sodorkan terlebih dahulu materi utama dan juga materi turunan yang harus disampaikan seorang pembicara digital marketing. Jika Anda sebagai penyelenggara masih belum punya materinya, biasanya si pembicara yang akan membantu menyusun materinya.

Tentunya materi harus disesuaikan dengan kondisi peserta dan juga kebutuhan dari output pasca pelatihan digital marketing yang diinginkan instansi atau perusahaan. Dan pastikan si pembicara menyanggupi materi yang harus disampaikannya.

Pelaksanaan Pelatihan atau Seminar Digital Marketing

Pengemasan kegiatan pelatihan maupun seminar digital marketing harus memiliki struktur yang sistematis agar memudahkan peserta mendapatkan hasil yang maksimal. Karena meskipun pembicara digital marketing sudah baik, namun jika tidak didukung oleh pengemasan acara yang handal, proses penyampaian materi bisa saja menjadi terganggu. Misalnya karena hal teknis pengeras suara, kenyamanan ruangan dan juga urutan duduk peserta pun tak kalah pentingnya untuk diperhatikan.

Sebagai penyelenggara, dapat konsultasikan terlebih dahulu dengan pembicara perihal teknis acara berlangsung. Apakah akan ada simulasi, apakah membutuhkan wifi untuk para peserta agar bisa langsung praktek, apakah memutuhkan colokan untuk peserta yang membawa laptop, dan sebagainya. Intinya, hal teknis harus dipersiapkan sebaik mungkin karena akan mendukung kesuksesan acara.

Materi Digital Marketing

Dalam penyusunan materi digital marketing, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Apabila instansi pemerintah, maka bisa sesuaikan dengan program kedinasan. Misalnya Dinas Perdaganan dan Industri yang ingin mengadakan pelatihan e-commerce bagi pelaku UMKM, maka materi yang mungkin bisa untuk dikemas adalah tentang cara memulai jualan di marketplace.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, materi pelatihan adalah hal pertama yang harus sudah dipersiapkan. Secara garis besar, materi dalam digital marketing dapat digolongkan kepada 3 bagian. Yaitu:

Materi Dasar

Ini adalah materi pemula yang sebaiknya harus diterima oleh peserta terlebih dahulu. Penguasaan materi dasar ini akan berpengaruh dalam materi tingkatan selanjutnya. Salah satu contoh materi dasar adalah:

1 Cara Membuat Website

2 Cara Optimasi Media Sosial

3 Riset Kata Kunci SEO, dan sebagainya

Menengah

Sedangkan materi menengah adalah kelanjutan dari materi dasar. Beberapa topik yang biasanya dibahas dalam materi menegah adalah:

1 Teknik SEO On Page dan Off Page

2 Teknik Optimasi Facebook dan Instagram

3 Teknik email marketing, dan sebagainya.

Expert

Sedangkan materi expert akan berisi sub-sub materi yang lebih kompleks. Misalnya, dalam hal advertising digital, akan membahas perihal cara iklan berbayar dengan berbagai objective (target) dan platform. Dan di materi expert pengukuran aktivitas digital marketing dapat dilakukan dengan mengedepankan konversi penjualan.

1 Search Eninge Marketing (Advertising)

2 Social Media Marketing (Advertising)

Artinya keberhasilan dari digital marketing bukan lagi dirancang dengan menargetkan pencapaian KPI, namun juga dengan mengoptimalkan konversi penjualan. Untuk menjalankan optimasi konversi, ada banyak faktor yang harus dipelajari, terutama menganalisa matriks dalam bentuk data statistik yang akan dijalankan.

Pakar dan Pembicara Digital Marketing di Bandung

Bagi Anda yang sedang mencari pembicara digital marketing di Bandung dan sekitarnya dapat menghubungi Onino Mansah, baik melalui website personal, landingpage bisnis atau langsung melalui chat whatsapp.

Onino Mansah adalah seorang praktisi digital marketing yang telah sukses menempatkan website Commpass Digital di halaman pertama pencarian google. Bahkan, website tersebut saat ini sudah masuk menjadi salah satu related keywords di google.

Sekilas Profile Onino Mansah – Pembicara Digital Marketing Bandung

Onino Mansah telah menggeluti dunia digital marketing semenjak 2008 sebagai penulis artikel freelance. Tak terpikir sebelumnya jikalau profesi penulis artikel telah membawa dirinya menjadi seorang konsultan digital marketer sebagai profesi yang ditekuninya saat ini. Padahal jika ditilik lagi, history akademik dirinya tidak memiliki basic komputer atau bahkan ilmu pemrograman lainnya. Menjadi praktisi dan konsultan digital marketing di Bandung semuanya berawal dari hobi nge-blog dan semangat dalam dirinya untuk selalu berbagi.

Nama Lengkap: A. Syaikhoni Mansah S.Pd, MM.

Nama Panggilan: Onino Mansah

Founder: ultimatoom.com (Penyedia Jasa Pemasaran Digital)

Riwayat Pekerjaan

    • 2011 Guru Musik di Sekolah Mutiara Bunda Cilegon
    • 2012 Guru Matematika dan Musik di Sekolah Peradaban Serang
    • 2013 Guru Musik di Sekolah Al Azhar Syifa Budi Cilegon
    • 2014 Full Internet Marketing. Konsultan Bisnis Online
  • Seminar dan workshop yang pernah diikuti:
    • Revolusi Finansial : Tung Desem Waringin
    • 7 Keajaiban Rejeki: Ippho Santosa
    • GAPURA, Go online with Google Indonesia
    • Brand building : Subiakto
    • Email Marketing : Fikry Fatullah
    • Smart Business Map: Pro Indonesia
  • Pembicara Seminar dan Workshop
    • Revolusi Industri 4.0 (KNPI Jawa Barat)
    • Pemanfaatan Digital Industri dalam Pemasaran Pariwisata (KemenKop-RI 2019)
    • Masa Depan Bisnis Printing (Digital Printing Distributor – Kadin Jabar)
    • Founder Komunitas Bandung Internet Marketing (BaIM)
    • Seminar How to Get Rich (STKIP Subang)
    • Digital Coffee Market (Submotion – Bandung)
    • Workshop E-Commerce (Disdagin Kota Bandung)

Untuk menghubungi Onino Mansah, silahkan Anda cek website https://ultimatoom.com

Download GRATIS
Ebook : Strategi Jitu Melipatgandakan Pendapatan dengan Optimasi Marketing Online Shop
Ebook ini bersifat edukasi, tidak ada jaminan hasil yang sama. Semua hasil sangat bergantung kepada usaha Anda sendiri.
panduan bisnis dropship online

Leave a reply "Pembicara Digital Marketing di Bandung 2020 – Onino Mansah"