Cara Mengatasi WordPress Error: Briefly Unavailable Dalam 4 Menit

channel telegram bisnis online
Daftar Isi Artikel

WordPress Error Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance?

Saat saya sedang login ke dashboard WordPress salah satu klien jasa SEO yang saya tangani tiba-tiba tampilan error setelah saya refresh browser. Padahal saya tidak sedang mengotak-atik coding yang vital, hanya sedang memeriksa konten blog saja.
Error yang muncul tulisannya seperti ini : Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute.

Dalam terjemahan bebasnya kurang lebih seperti ini: Saat ini tidak tersedia sedang dalam maintenance, silahkan periksa kembali dalam beberapa menit.

Saya coba deh menuruti apa katanya, menunggu selama satu menit lebih. Kemudian refresh kembali halaman, namun masih tetap error seperti tadi.
Di benak saya saat itu berfikir bahwa ada maintenance dari pihak server. Tapi agak aneh juga, karena biasanya ketika server ada maintenance suka ada pemberitahuan terlebih dahulu melalui email. Namun saat itu seingat saya belum ada email peringatan masuk dari pihak hosting.
Saya cobain tunggu lagi sampai 15 menitan, tapi masih juga error. Bahkan untuk masuk ke halaman login pun tidak bisa. Saya cek juga deh email barangkali sudah ada pemberitahuan namun terlewatkan dari pengecekkan saya.
Setelah saya cek ternyata tidak ada juga. Hmmm… saya mulai berfikir, ini ada kemungkinan error dari website saya sendiri, bukan dari penyedia hosting.
Browsing-browsing kesana kemari, setelah membaca beberapa artikel saya mulai praktekkan dan alhamdulillah website kembali normal, tidak lagi ada error Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute.

Penyebab Error Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance

Kalau saya ingat-ingat, penyebabnya ada kemungkinan ketika saya sedang update beberapa plugin wordpress secara massal, namun sebelum semua proses berhasil saya sudah merefresh halaman. Sehingga proses update plugin terputus ditengah jala, dan menyebabkan crash pada website.
Itu masih kemungkinan saja sih, belum pasti juga. Karena saya tidak fokus mencari penyebab, tapi langsung bagaimana cara mengatasi notifikasi error Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute.

Cara Mengatasi Error Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance dalam 4 Menit

Cara mengatasi wordpress error seperti ini ternyata cukup mudah, asalkan Anda masih memiliki akses ke cPanel. Saya sudah mencobanya dan ternyata tidak lebih dari 4 menit semua bisa terselesaikan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Login ke cPanel hosting dengan username dan password Anda

Setelah berhasil login, silakan klik file manager

Lanjutkan klik folder public_html

Setelah masuk ke folder public_html, pastikan Anda sudah mencentang “Show Hidden Files”. Caranya klik setting di pojok kanan atas, lalu akan muncul pop up. Seperti pada gambar

Lalu lihat, apakah ada file dengan nama .maintenance ?
Jika Ada, silahkan hapus file tersebut. Bisa dengan klik delete pada menu bar, atau menekan tombol delete di keyboard
Selesai.

Kesimpulan

Mengupdate core engine WordPress kepada versi terbaru sangatlah penting. Termasuk update seluruh plugin yang kita gunakan. Salah satu alasannya adalah demi menjaga keamanan website kita dari serangan malware atau hacker. Namun pada saat Anda melakukan update pastikan koneksi internet tidak terputus, atau tidak mengklik halaman sebelum proses selesai. Karena bisa mengakibatkan crash pada wordpress.

Sekian pembahasan artikel mengenai cara mengatasi Error Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute. Semoga bermanfaat.

Download GRATIS
Ebook : Strategi Jitu Melipatgandakan Pendapatan dengan Optimasi Marketing Online Shop
Ebook ini bersifat edukasi, tidak ada jaminan hasil yang sama. Semua hasil sangat bergantung kepada usaha Anda sendiri.
panduan bisnis dropship online
Tags:

Leave a reply "Cara Mengatasi WordPress Error: Briefly Unavailable Dalam 4 Menit"