Strategi Endorse Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan

No comment 190 views
channel telegram bisnis online

Tidak sedikit orang yang berhasil meraup keuntungan dari berjualan online di instagram. Media sosial yang satu ini memang menjadi populer di kalangan pebisnis online sebagai salah satu saluran untuk menjual produk. Akan tetapi, menggunakan instagram berbeda dengan menggunakan media sosial lainnya. Jadi jangan samakan strategi promosi di instagram dengan di facebook.

Salah satu cara yang begitu populer yakni dengan melakukan endorse kepada selebgram atau influencer yang memiliki banyak follower dengan interaksi yang tinggi. Namun masih banyak yang belum tahu strategi apa saja yang harus dipersiapkan, langsung endorse tanpa melakukan analisa diawal. Proses inilah yang seringkali diabaikan oleh para penjual online.

Ada beberapa strategi yang harus dipersiapkan sebelum Anda melakukan endorse, agar budget yang keluar untuk membayar selebgram tidak sia-sia dan memberikan keuntungan terhadap bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kita akan bersama-sama membahas strategi apa saja yang harus dipersiapkan sebelum endorse. Saya harap Anda dapat mengikuti pembahasan ini dan menangkap strateginya untuk diterapkan di bisnis Anda.

Sesuaikan dengan Target Market

Yes, hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum memutuskan untuk menghubungi selebgram atau agnecy endorsment adalah mengetahui secara pasti segmentasi market Anda seperti apa. Jangan sampai Anda memilih selebgram atau influencer yang memiliki pengikut yang tidak sesuai dengan market produk Anda.

Secara umum, pengguna instagram didominasi oleh generasi Y dan Z, yang jika kita lihat dari segi usianya saat ini adalah berusia 15-40 tahun. Kita misalkan saja, Anda saat ini menjual perlengkapan bayi di Instagram, maka tidak berarti semua ibu-ibu adalah target market Anda. Karena behavior orang yang suka membeli online cenderung ibu-ibu muda saja. Maka pilihlah akun yang memiliki banyak pengikut wanita yang baru memiliki 1 atau 2 orang anak.

Dimana Anda bisa menemukannya?

Anda bisa mempelajari karakteristik mereka, dan membuat satu prediksi konten apa yang disukai oleh ibu-ibu muda tersebut. Kemudian manfaatkan fitur pencarian di Instagram, melalui melalui kata kunci baik dari hashtag maupun username.

Contohnya akun instagram @ibupedia_id berikut ini.

Jumlah Follower Bukan Faktor Utama

Kesalahan umum penjual online yang menggunakan metode endorse untuk mempromosikan produknya adalah menjadikan jumlah follower sebagai indikator utama yang menentukan. Padahal, follower banyak belum tentu interaksinya bagus.

Beberapa indikator di bawah ini harus Anda perhatikan juga selain jumlah follower:

Tanggal postingan terakhir

Memilih selebgram atau influencer yang memiliki postingan terakhir dengan tanggal terkini adalah salah satu indikasi bahwa akun tersebut aktif berbagi konten. Jangan sampai memilih influencer namun dengan postingan terakhir seminggu yang lalu. Jeda satu minggu tidak mengupdate konten bisa dikatakan akun tersebut kurang aktif. Dan bisa jadi, akun tersebut tidak mendapatkan porsi impresi yang cukup. Jika impresi rendah, kemungkinan reach juga akan rendah. Ini bukanlah pertanda yang baik untuk Anda.

Rasio interaksi

Rasio interaksi adalah perbandingan antara jumlah follower dan jumlah like/komentar. Saya memiliki patokan tersendiri dalam menghitung rasio interaksi. Dan tentunya ini bukanlah aturan yang baku, mungkin setiap orang memiliki caranya yang berbeda-beda.

Coba Anda perhatikan salah satu postingan berikut ini:

cara endorse selebgram instagram

Dari postingan tersebut, dapat dihitung berapa rasio interaksinya. Jumlah like adalah 4.264 sedangkan jumlah followernya 774 ribuan lebih (anggaplah 774.000).

Cara menghitungnya adalah

jumlah like : jumlah follower x 100%

4.264 : 774.000 x 100% = 0,6%

Setelah mendapatkan satu postingan, cek juga postingan lainnya. Anda harus mengecek minimal 3 postingan. Kemudian hasil dari ketiganya ditambahkan dan dibagi dengan 3.

Contoh

  • rasio postingan 1 : 0,6%
  • rasio postingan 2 : 0,8%
  • rasio postingan 3 : 0,4%

Rata-rata rasionya adalah (0,6+0,8+0,4) : 3 = 0,6%

Rasio minimal yang bagus untuk endorse memiliki rata-rata 0,5% sampai dengan 1%

Perhatikan kualitas konten (foto dan caption)

Pastikan selebgram yang akan berpartner dengan Anda memiliki konten yang berkualitas, baik dari fotonya maupun caption yang dia tuliskan. Akan lebih baik lagi jika penggunaan bahasanya di setiap caption cocok dengan karakteristik target market Anda.

Kepiawaian seorang selebgram dalam memposting produk endorse mempengaruhi jangkauan dan jumlah interaksi. Baiknya, biarkan caption endorse produk Anda dibuat sendiri oleh selebgram agar nampak natural. Dan sebisa mungkin jangan menuliskan kata-kata yang bersifat hard selling, namun harus tetap menuliskan akun toko kamu dan juga tag di fotonya.

Misalnya : Ayooo order baju anaknya di @akunjualankamu

Akan lebih baik lagi jika caption tersebut tidak terlalu kentara bernada mempromosikan. Misalnya: “wah seneng deh dapet pakaian bayi yang lucu ini buat kado sahabat tercinta yang baru aja bersalin. Makasih yaa @akunjualankamu”

Produk yang Sesuai dengan Selebgram

Seorang selebgram biasanya akan meminta penjual mengirimkan produk untuk endorsenya. Mereka akan memfoto produk Anda atau bahkan dengan berfoto menggunakan pakaian tersebut. Khusus untuk produk yang akan dipakai oleh selebgram, sebaiknya berikan selebgram kebebasan untuk memilih. Karena dia harus memastikan menyukai produk tersebut, dan yang terpenting adalah ukurannya proporsional dengan tubuhnya. Agar terlihat sangat match ketika difoto dan diposting.

Jangan memaksakan produk yang tidak dia sukai, sekalipun produk itu memiliki kualitas yang bagus. Namun kenyataannya setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Bagus menurut Anda, belum tentu bagus menurut selebgram.

Periksa follower Akun si Selebgram

Seperti yang diawal sempat saya tuliskan, follower bukanlah satu-satunya penentu yang dapat Anda jadikan sebagai tolak ukur ketika memilih selebgram. Anda mungkin mengetahui, bahwa di luar sana ada banyak sekali jasa menambah follower instagram secara instant.

Saya sudah menuliskan lebih rinci lagi tentang keuntungan dan kerugian menggunakan jasa tersebut. Silahkan baca di sini >> Cara Menambah Follower Instagram Secara Organik dan Instant

Jangan sampai Anda menggunakan selebgram atau influencer yang followernya banyak namun jumlah interaksinya sedikit. Bisa jadi followernya itu adalah fake, atau memang sudah tidak aktif. Karena percuma saja Anda memposting produk di akun si selebgram kalau followernya bukan orang beneran. Akun-akun yang mengikuti selebgram tersebut hanyalah akun palsu.

Sebetulnya ada aplikasi online yang bisa Anda manfaatkan untuk memeriksa keaslian follower suatu akun di Instagram. Namanya igaudit.io, namun saat ini akun tidak bisa digunakan, karena sedang diblokir oleh pihak instagram. Dan pengembang aplikasi tersebut sedang berjuang untuk banding.

Anda bisa memeriksanya secara manual. Jika akun instagram selebgram memiliki followers 10.000 namun jumlah like tidak mencapai 50 lebih, bisa jadi followers pada akun itu kemungkinannya palsu. Kedua, periksa secara acak akun followernya, apakah memiliki foto profile atau tidak, karena sebagian besar akun palsu tidak memiliki foto profile. Dan ketiga, masuk ke beranda salah satu akun, apakah jumlah postingannya banyak atau sedikit?

Gunakan Fitur Kemitraan Berbayar saat Selebgram Posting

Ini sangat berguna sekali bagi Anda yang akan mempromosikan produk/bisnisnya dengan cara endorse instagram. Ketika selebgram akan posting, mintalah untuk menggunakan fitur ini, agar Anda dapat mengetahui secara langsung performa postingan produk Anda, tanpa harus meminta screenshot dari akun instagram selebgram.

Lebih lengkapnya tentang bagaimana cara membuat postingan kemitraan berbayar, silahkan baca tulisan >> Cara Membuat Postingan Kemitraan Berbayar Instagram

Lakukan analisa dari metriks yang didapatkan

Sebagai pengguna jasa endorse, Anda dapat melihat langsung seperti apa performa akun postingan si selebgram tanpa harus meminta dari si selebgram tersebut. Fitur ini memudahkan Anda membuat analisa, apakah secara metrik sudah sesuai dengan harapan atau belum. Anda bisa membuat evaluasi dari hasil ini untuk kemudian dilakukan optimasi pada saat melakukan endorse yang berikutnya.

Bagaimana Menghubungi Selebgram untuk Endorse?

Dan setelah Anda memilih melakukan analisa akun selebgram yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana cara menghubunginya. Sebagian besar orang yang sudah berpengalaman dengan menggunakan jasa endorse biasanya sudah tidak susah lagi untuk menghubungi selebgram. Namun bagi yang baru pertama kali akan melakukannya hal tersebut mungkin cukup membingungkan.

Anda dapat mencari kontak dari bio di akun IG selebgram tersebut. Kebanyakan para penerima jasa endorse mencantumkan contact person agar memudahkan orang lain menghubungi. Kontak tersebut biasanya berupa ID Line,  nomor whatsapp atau email.

Beberapa selebgram sudah menggunakan agency manajemen endorse, sehingga mereka tidak perlu repot mencari pengguna jasa endorse. Dan Anda hanya perlu menghubungi manajemen tersebut sesuai kontak yang tercantum di bio Instagram selebgram.

Silahkan copy paste kalimat di bawah ini sebagai pesan pembuka jika Anda kebingungan bagaimana cara meminta endorse:

“Hai kak, 

saya lihat akun @namaakunselebgram ini menerima endorse ya?

Boleh saya tahu rate harga dan juga ketentuannya?”

Atau bisa juga dengan menggunakan kalimat pembuka seperti ini

“Hai kak, saya tertarik untuk endorse di akun @namaakunselebgram, apakah bisa diinformasikan pricelist nya?”

Yes, semudah itu caranya. Anda tidak perlu ragu dan malu untuk menghubungi selebgram. Karena mereka juga tentunya akan senang jika Anda sampai menggunakan jasanya.

Kesimpulan

Promosi adalah bagian penting setiap bisnis. Karena dengan melakukan promosi produk Anda akan dilihat lebih banyak orang lagi. Namun untuk melakukannya agar hasil sesuai dengan harapan tentunya tidak asal-asalan. Ada analisa awal dan juga analisa akhir. Apa yang telah Anda baca dan pelajari diatas adalah strategi yang dapat Anda jalankan sebelum melakukan endorse promosi produk. Saya ucapkan selamat mempraktekkan.

Jangan lupa, hasilnya beritahu saya melalui kolom komentar di bawah ini

sumber gif: https://www.refinery29.com/en-us/2017/06/158917/how-to-use-instagram-paid-partner-tag

Download GRATIS
Ebook : Strategi Jitu Melipatgandakan Pendapatan dengan Optimasi Marketing Online Shop
Ebook ini bersifat edukasi, tidak ada jaminan hasil yang sama. Semua hasil sangat bergantung kepada usaha Anda sendiri.
panduan bisnis dropship online

Leave a reply "Strategi Endorse Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan"