Mindset Belajar Digital Marketing Secara Mandiri - Belajar Digital Marketing | Onino Mansah

Mindset Belajar Digital Marketing Secara Mandiri

Bagaiamana Belajar Digital Marketing Secara Mandiri?

Belajar Digital Marketing – Apakah Anda ingin memulai karir dalam dunia digital marketing? Sudahkah Anda merasa kesulitan memahami cara belajar yang efektif untuk menguasai keterampilan ini? Jika iya, Anda tidak sendirian. Banyak orang mengalami kesulitan ketika mereka memulai perjalanan belajar digital marketing. Namun, yang perlu Anda ingat adalah bahwa dengan mindset yang tepat dan langkah-langkah yang benar, Anda bisa berhasil.

Problem 1: Cara Belajar yang Salah

Saat kita memulai pendidikan kita di sekolah, seringkali kita hanya diajarkan untuk menghafal informasi-informasi dari setiap mata pelajaran. Akhirnya sejak dulu kita di sekolah lebih banyak belajar untuk mengingat bukan untuk memahami. Dan ini pun menjadi masalah utama yang dihadapi oleh banyak orang yang ingin memulai belajar digital marketing.

Solution 1: Membangun Framework

Sebagai langkah pertama, Anda perlu memahami bahwa belajar digital marketing memerlukan pemahaman yang lebih dalam daripada sekadar menghafal. Anda perlu membangun sebuah framework, yaitu kerangka kerja yang dapat membantu Anda memahami konsep-konsep dasar digital marketing. Dalam video tersebut, dijelaskan bahwa Anda akan mendapatkan framework ini melalui berbagai kursus online.

Problem 2: Tidak Ada Ada Mentor Langsung

Salah satu kendala yang seringkali dihadapi oleh mereka yang ingin belajar digital marketing adalah kurangnya bimbingan langsung. Banyak orang berharap ada seseorang yang akan mengajarkan mereka langkah demi langkah. Padahal di era saat ini mencari mentor itu mudah, dengan banyaknya ecourse atau kursus online dengan biaya yang sangat terjangkau.

Solution 2: Menemukan Cara Anda Sendiri

Anda harus mengubah mindset Anda. Anda tidak perlu terus-menerus mencari seseorang yang akan mengajarinya secara langsung. Sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan sumber daya yang sudah ada, seperti buku, kursus online, video YouTube, dan grup diskusi di telegram atau platform lainnya. Intinya Anda harus aktif mencari informasi dan mempraktikannya sendiri.

Problem 3: Rasa Malu dan Tidak Percaya Diri

Masalah yang seringkali muncul adalah rasa malu dan ketakutan untuk bertanya atau membagikan pertanyaan yang dianggap “memalukan” dalam suatu diskusi maupun di grup whatsapp. Mungkin Anda khawatir tentang apa yang orang lain akan pikirkan.

Solution 3: Ubah Mindset Anda

Rasa malu atau ketakutan adalah masalah yang serinnya hanya ada di dalam pikiran Anda sendiri. Artinya ketakutan itu tidak benar-benar terjadi. Anda  hanya perlu mengubah cara Anda memandang pertanyaan dan pembelajaran. Sebagai gantinya, pikirkan tentang apa yang akan Anda pelajari dari pertanyaan Anda, bahkan jika itu terdengar sederhana atau “memalukan.”

Problem 4: Tidak Melakukan Tindakan

Tidak ada hasil yang akan diperoleh tanpa tindakan nyata. Banyak orang memahami konsep-konsep digital marketing, tetapi mereka tidak pernah menerapkannya dalam praktik. Memang benar sumber belajar digital marketing saat ini banyak sekali bisa disimak di youtube. Tapi pertanyaannya setelah Anda menonton satu video, apakah mempraktekkannya? Atau hanya menjadi tumpukan informasi dikepala Anda?

Solution 4: Lakukan Repetisi

Maka, sangat penting untuk melakukan repetisi dan latihan secara konsisten. Ini berarti Anda harus aktif mencoba, mengimplementasikan, dan mengulang kembali apa yang telah Anda ketahui dan pelajari. Belajar tidak akan bermanfaat jika Anda tidak mengaplikasikannya dalam pekerjaan sehari-hari.

Karena dengan mempraktekkan, maka Anda akan menemukan pemahaman. Dan dengan pemahaman yang benar maka Anda akan semakin percaya diri dalam melangkah meraih impian Anda dalam menguasai ilmu digital marketing

Baca juga: Solusi Jitu UMKM: Tips Mengatur Keuangan Meski Minim Modal 

Kesimpulan Belajar Digital Marketing

Jadi, jika Anda ingin belajar digital marketing dengan sukses, ingatlah untuk membangun sebuah framework, berani bertanya tanpa rasa malu, mencari informasi sendiri, dan terus melakukan latihan dan repetisi. Ingatlah bahwa belajar adalah proses yang memerlukan waktu dan komitmen.

Untuk mendapatkan lebih banyak tips dan panduan tentang digital marketing, serta untuk berinteraksi dengan komunitas yang peduli dengan pendidikan digital marketing, Anda dapat mengunjungi Instagram @ultimatoom.digital.

Setelah Anda membaca artikel ini, mari koreksi kembali dan ubah mindset  kita. Dan mulailah belajar dengan tindakan nyata untuk mencapai kesuksesan dalam digital marketing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *