Lulusan Jurusan Agribisnis HANYA Bisa Menjadi Petani? SALAH BESAR!

channel telegram bisnis online
Daftar Isi Artikel

Mengenal Jurusan Agribisnis

Saat berbicara mengenai agribisnis, hal pertama yang terlintas dalam benak kita biasanya tidak jauh dari bidang pertanian dan peternakan. Betul tidak?

kampus jurusan agribisnis di bandung

Tidak salah jika saat ini Anda ataupun saudara Anda memiliki minat untuk kuliah di jurusan agribisnis, mengingat Indonesia adalah negara yang memiliki banyak lahan pertanian dan potensi peternakan membentang dari sabang sampai merauke yang begitu luar biasa.
Namun sayangnya, peminat agribisnis sangat kurang sekali. Terlihat dari jumlah pendaftar kuliah yang mengambil jurusan agribisnis tidak sebanyak jurusan lainnya seperti manajemen atau kedokteran.
Kebanyakan orang gagal paham, apalagi anak muda yang baru lulus SMA, ketika memilih jurusan kuliah indikatornya terkadang yang dikedepankan adalah gengsi dibandingkan proyeksi karirnya. Mungkin sebagian dari mereka berfikir kuliah jurusan agribisnis hanya akan menjadi petani yang kerjanya berangkat ke sawah setiap hari.
Padahal itu tidak benar!
Program studi agribisnis adalah salah satu cabang ilmu yang memadukan ilmu sosial, ekonomi dan pertanian yang bisa mengantarkan kita menjadi seorang pengusaha. Karena kuliah di jurusan agribisnis akan mempelajari tentang segala aspek budidaya lingkungan, tata kelola hasil pertanian, manajemen usaha, kewirausahaan sampai dengan pemasaran produk.

Bahkan bukan tidak mungkin, dengan ragam keilmuan agribisnis dan dipadukan dengan kreativitas akan menemukan produk baru yang bermanfaat untuk banyak orang. Misalnya Anda berhasil menemukan satu varian baru produk pangan organik yang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau. Sehingga Anda menjadi seorang problem solver atas permasalahan yang dialami masyarakat.

Proyeksi Masa Depan Lulusan Agribisnis

Idealnya, lulusan agribisnis dipersiapkan menjadi seorang entrepreneur yang ahli dalam pengelolaan produk, sampai dengan manajemen pemasaran. Namun jika kita tidak berminat menjadi seorang pengusaha, seorang mahasiswa lulusan agribisnis bisa berpeluang sukses di banyak jenis pekerjaan. 

Beberapa kesempatan menjadi seorang profesional yang cocok untuk alumni Agribisnis diantaranya adalah:
  • Menjadi konsultan pertanian
  • Konsultan pengembangan SDM
  • Manajer lapangan
  • Peneliti
  • Agen atau distributor produk pertanian, dan lain-lain.
Jadi jika sebelum membaca artikel ini Anda berfikir kuliah di jurusan agribisnis hanya akan menjadi seorang petani, maka itu salah besar. Karena ternyata ada banyak juga bidang-bidang profesional yang bisa kita tekuni sebagai pengampu gelar sarjana pertanian (S.P)

Referensi Kampus Agribisnis di Bandung

Setelah kita mengetahui apa itu jurusan agribisnis dan juga prospek profesi kedepannya, mungkin Anda mulai tertarik untuk mengambil jurusan ini saat kuliah. Nah, kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu kampus di Bandung yang didalamnya terdapat program studi Agribisnis, yaitu Universitas Al Masoem yang sekarang ini orang-orang lebih familiar mengenalnya dengan sebutan “Masoem University“.
Ma’soem University adalah universitas yang berada di bawah naungan Yayasan AL Masoem Bandung. Universitas Al-Ma’soem ini adalah evolusi dari kampus yang dahulunya bernama AMIK Al -Masoem.

Perubahan dari Akademi menjadi Universitas tidak lain disebabkan karena jumlah peminat dari tahun ke tahun semakin bertambah, baik dari masyarakat sekitar Bandung maupun yang dari luar provinsi Jawa Barat.

Ma’soem University saat ini memiliki 4 Fakultas, yaitu :

  1. Fakultas Ekonomi Bisnis Islam
  2. Fakultas Komputer
  3. Fakultas Pertanian
  4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Selain jurusan agribisnis, di Fakultas Pertanian Ma’soem University terdapat jurusan Teknologi Pangan. Dengan kehadiran jurusan ini, menambah referensi lebih banyak bagi siapapun yang memiliki minat kuliah mengambil jurusan Teknologi Pangan di Bandung

Ma’soem University, Kampusnya Para Santri

Menariknya, Universitas Al-Ma’soem dilengkapi dengan Asrama Mahasiswa yang disediakan bagi para mahasiswa rantau. Jadi tidak perlu khawatir dengan biaya kost-kostan bagi mereka yang berdomisili cukup jauh dari lokasi. Karena apabila memilih tinggal di Asrama mahasiswa ini biayanya sangat terjangkau, belum lagi dilengkapi dengan fasilitas-fasilitasnya.

Dengan adanya Asrama Mahasiswa, ini akan memberikan ketentraman lebih bagi para orang tua dari luar Jawa Barat yang akan mengizinkan anaknya kuliah di Ma’soem University. Karena di lingkungan Asrama berkonsep “Pesantren Mahasiswa”, tata kelola Asrama ini senantiasa berpijak pada prinsip “Bebas, Bertanggung Jawab, Sesuai Norma Islami”.

Alamat dan Kontak Ma’soem University

Sebagai salah satu kampus dengan jurusan agribisnis di Bandung, lokasi Masoem University berada di wilayah Bandung Timur yang berbatasan dengan kawasan pendidikan Jatinangor. Lokasi ini terbilang sangat strategis, karena bisa dijangkau dalam waktu hanya sekitar 4 menit dari exit tol Cileunyi, dan sekitar 35 menit dari jalan Nagreg.

Kita sudah membahas mengenai jurusan agribisnis dan proyeksi kerjanya, hingga salah satu kampus favorit yang dapat dijadikan referensi tambahan untuk Anda. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai Ma’soem University entah itu tentang cara daftar, atau informasi akademi penerimaan mahasiswa baru dan sebagainya, silahkan bisa datang langsung atau untuk menghubungi kontak di bawah ini.

Alamat:

Masoem University Bandung

Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat

Telp : 022 7798340
Whatsapp : 08156033022

Download GRATIS
Ebook : Strategi Jitu Melipatgandakan Pendapatan dengan Optimasi Marketing Online Shop
Ebook ini bersifat edukasi, tidak ada jaminan hasil yang sama. Semua hasil sangat bergantung kepada usaha Anda sendiri.
panduan bisnis dropship online

Leave a reply "Lulusan Jurusan Agribisnis HANYA Bisa Menjadi Petani? SALAH BESAR!"