Haruskah UMKM Memiliki Legalitas dan Izin Usaha? - Belajar Digital Marketing | Onino Mansah

Haruskah UMKM Memiliki Legalitas dan Izin Usaha?

UMKM diyakini menjadi salah satu penggerak perekonomian rakyat yang paling berpengaruh. Bahkan pada saat krisis sekalipun, disaat bisnis besar terpukul dan bergerak mundur, justru UMKM masih bisa diandalkan sebagai penyokong perekonomian masyarakat. Namun keberadaan UMKM seringkali masih belum terdata dengan baik, hal ini dikarenakan salah satu faktor penyebabnya adalah tidak semua pelaku bisnis UMKM mendaftarkan bisnisnya untuk mendapatkan legalitas dari dinas terkait.

Mengenai legalitas UMKM, mungkin tidak sedikit orang yang bertanya-tanya, apakah harus setiap pelaku UMKM memiliki legalitas dan perizinan usaha? kalaupun iya lalu apa saja manfaatnya bagi pertumbuhan bisnisnya?

Nah pada artikel kali ini kita akan bersama-sama membahas apa saja keuntungan pelaku UMKM ketika melengkapi bisnisnya dengan legalitas-legalitas yang diperlukan. Yuk kita simak selengkapnya

1. Mendapatkan Akses Permodalan Usaha Lebih Mudah

Modal menjadi salah satu faktor penting yang dibutuhkan bagi suatu bisnis untuk tetap dapat berjalan secara stabil. Nah seringkali, ketika pelaku UMKM bermaksud untuk mengajukan pinjaman modal melalui program kredit bank pemerintah terkendala dengan belum memiliki legalitas dan perizinan usaha. Padahal jika sudah memiliki legalitas, setiap pelaku UMKM akan mendapatkan akses pembiayaan lebih mudah, baik dari pemerintah maupun dari swasta.

Baca juga: Sewa Ruang Kantor Bulanan di Bandung

2. Jaminan Perlindungan Hukum

Salah satu legalitas yang harus dimiliki oleh pelaku UMKM adalah Hak Paten atas Merk usahanya. Karena dengan memiliki hak paten merk, brand bisnis UMKM akan mendapatkan pengakuan secara hukum. Dan secara otomatis, akan mendapatkan perlindungan lebih optimal. Bayangkan saja, jika tiba-tiba merk bisnis Anda dipakai oleh orang lain, sementara kita belum mendaftarkan hak paten merk tersebut. Tentunya kita tidak bisa berbuat banyak, karena tidak memiliki sertifikat merk kita sendiri. Bisa jadi merk kita dengan mudah direbut oleh orang lain, atau lebih apesnya, ternyata orang lain yang mendaftarkan merk bisnis kita menjadi hak paten miliknya.

3. Mendapatkan Perhatian dari Pemerintah

Selain modal yang sudha dibahas pada point nomor satu sebelumnya, pemerintah juga seringkali memiliki program-program dalam upaya peningkatan kualitas UMKM di setiap daerah. UMKM kita akan mendapatkan prioritas untuk mengikuti program tersebut jika sudah dilengkapi dengan legalitas yang lengkap. Bahkan bisa saja UMKM kita berkesempatan menerima dana hibah, atau mendapatkan program promosi melalui pemerintah pusat melalui pemerintah daerah setempat.

4. Mempermudah Pengembangan dan Pemasaran Lebih Luas

Jika kita ingin produk kita masuk ke minimarket yang memiliki banyak outlet di dalam negeri, umumnya salah satu syarat administratif yang harus dimiliki adalah sudah memiliki legalitas. Dengan memiliki legalitas seperti NIB, PIRT, Sertifikat Halal LPPOM, Izin Usaha Komersil dan sebagainya, tentu akan mendapatkan prioritas lebih utama untuk dapat masuk ke jaringan minimarket. Jadi dengan memiliki legalitas lengkap, akan memudahkan kita untuk melakukan ekspansi bisnis maupun mengikuti program kemitraan dengan bisnis lain.

Bagaimana Cara Mendapatkan Legalitas UMKM?

Naah mungkin sampai disini kita sudah mengetahui bahwa legalitas itu tidak bisa kita anggap sepele, mengingat kegunaannya yang begitu penting. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana cara mengurus perizinan untuk UMKM ?

Untuk mengetahuinya, bagi Anda yang berada di Kota Bandung dan sekitarnya, bisa menghubungi pemerintah setempat melalui dinas terkait seperti dinas koperasi dan usaha mikro dan kecil, atau menghubungi kelurahan setempat untuk mengetahui informasi mengenai prosedur mendapatkan legalitas UMKM.

Atau bisa juga dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan konsultan perijinan, Anda yang berada di Kota/Kab Bandung dapat menghubungi konsultan perijinan UMKM melalui link di bawah ini

Konsultan Perijinan PIRT, Sertifikat Halal, Hak Paten, NIB, OSS di Bandung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *