Mau Mulai Berjualan? Jangan Lupakan Riset Kompetitor. PENTING!

 

Seberapa penting riset kompetitor?

Ibarat kita mau perang, tapi kita tidak tahu musuh kita seperti apa, sekuat apa dan senjatanya apa.
Bayangkan saja, kita udah sangat percaya diri bawa pedang yang tajam dan panjang, yang sekali tebas 4 leher bisa putus. Setelah bertemu musuh di medan perang, eehh musuh yang kita hadapi udah pake roket, senjata pemusnah massal. Wkwkwk 😫
Nah… begitu juga dengan jualan.
Saat pertama kali memutuskan untuk berjualan, lalu segmen market yang kita bidik sudah ada banyak pemainnya, maka riset kompetitor harus lebih dulu dilakukan. Bahkan kita tidak perlu melakukan riset produk diawal, nanti saja.
Karena dari mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan kompetitor maka secara otomatis kita akan mendapatkan turunan strategi yang lebih rinci dan pada akhirnya menentukan produk kita. Produk seperti apa yang harus kita jual…

Riset produknya bagaimana…?

Kita bisa lakukan dengan cara yang paling sederhana saja. Kita membeli 4-5 produk kompetitor yang sudah populer dan sudah ada lebih dulu. Lalu kita analisa, apa kelebihan dan kekurangannya.
Tapi.. darimana kita tahu produk kompetitor yang populer?
Disini kita perlu pake data. Jangan cuma nebak, apalagi ngarang. Dan sekedar bocoran, data-data tersebut sudah ada banyak lhoo tersedia di internet. Mengenai data ini insyaAllah akan saya ulas lebih rinci lagi, tapi bukan sekarang yaaa.
Kita tinggal list datanya, lalu urutkan 5 produk dengan data rating dari tertinggi sampai ke yang lebih rendah. Kemudian kita order deh tuh produknya untuk dianalisa.
Dari 5 produk yang kita uji,cata apa saja kelemahan masing-masing. Kemudian urutkan, produk mana yang terbaik. Jadikan produk itu sebagai tolak ukur untuk kita membuat produk yang lebih baik
Voilaa..!! you’ve got it….
Ini artinya, kita hanya perlu membuat produk yang minimal bisa sama dengan yang sudah ada dan menutupi kelemahan-kelemahan mereka. Lebih bagus lagi punya satuuuuu saja keunggulan.😊
Sampai disini, kita sudah boleh ‘mati-matian’ riset produk.. kan arah nya sudah jelas, indikatornya sudah dapet, goalnya sudah bisa dihitung diatas kertas.

“Untuk memenangkan pertempuran, kita tidak perlu mengalahkan semua musuh. Bidik saja panglima perangnya…”

Dengan memahami produk kompetitor, kita dapat dengan jelas mendapatkan indikator cara menambahkan nilai tambah terhadap produk kita. Dengan begitu, kita pun akan penuh percaya diri ketika menjualnya.Sudah dulu yah…  Saya akan bahas lebih dalam lagi mengenai riset kompetitor di channel telegram http://t.me/ilmudropship
Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn

SanFair Daily

The latest on what’s moving world – delivered straight to your inbox

Picture of Onino Mansah

Onino Mansah

Digital marketing with SEO, SEM, SMM and Content Marketing for Digital Funnel

Comments

Leave a Reply