Daftar Isi
5 Langkah Promosi Efektif
Hampir semua bisnis kecil maupun besar membutuhkan promosi untuk meningkatkan omset penjualan. Promosi yang efektif tentu akan memberikan hasil yang signifikan terhadap kemajuan perusahaan. Untuk melakukannya, simak 5 langkah peromosi efektif berikut ini.
1. Tentukan Sasaran
Menentukan sasaran dalam bahasa lain bisa juga dikatakan dengan segmentasi pasar. Dengan ketatnya persaingan, maka menentukan pangsa pasar lebih spesifik akan mengurangi persaingan dengan perusahaan lainnya. Karena jangan sampai budget promosi yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil yang dicapai. Penentuan target ini juga dimaksudkan untuk memudahkan tim promosi memilih media yang tepat menuju kepada sasaran.
2. Tujuan Promosi
Tentukan tujuan yang ingin dicapai dari promosi yang dilakukan. Misalnya sosialisasi merk produk (awareness), membangun kepercayaan publik, atau meningkatkan hubungan emosional dengan pelanggan. Karena ketika tujuan itu sudah ditentukan, ini akan mempermudah kita mendesain promosi yang sesuai. Jika bertujuan untuk meningkatkan hubungan emosional dengan pelanggan, perbanyaklah berinteraksi dengan mereka bisa melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter.
3. Membuat Pesan Menarik
Buatlah pesan yang memancing komunikasi menjadi interaktif. Bahasa promosi tak melulu berisi ajakan untuk membeli produk Anda. Bisa jadi membaur dengan topik terhangat yang sedang dibahas pada saat itu. Agar pesan Anda nampak relevan dan menarik perhatian calon pelanggan untuk berinteraksi. Buatlah dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami oleh pangsa pasar yang Anda bidik.
4. Pilih Media Yang Sesuai
Bagi Anda yang belum memiliki website, dan ingin melihat lebih lengkap perihal apa saja keuntungannya, mungkin referensi di bawah ini akan sangat membantu Anda dalam membuat website >> Jasa Website Profesional
Jika Anda memilih media offline maka bisa memasang iklan di koran atau menyebarkan brosur dan pamflet dilokasi yang dianggap strategis dan dekat dengan pangsa pasar yang Anda bidik.
5. Tentukan Anggaran Biaya Promosi
Setelah Anda menentukan media yang akan diambil untuk media promosi, sekarang saatnya Anda menentukan berapa biaya yang dibutuhkan untuk promosi? dan berapa persentase biaya promosi yang ideal dari keuntungan bersih? Biaya promosi harus dihitung diawal agar pencapaian bisa terukur, apakah sebanding atau tidak dengan hasilnya.
Jika ternyata langkah promosi yang dihasilkan tidak diiringi peningkatan penjualan, maka Anda harus mengevaluasi strateginya. Bisa dari memperkecil lagi segmentasi market atau dengan mengganti media promosi yang ditempuh.
Harap diperhatikan, bahwa untuk mendapatkan strategi yang efektif perlu dilakukan beberapa kali trial error. Jangan pernah menyerah untuk mencoba, karena tidak ada satu strategi umum yang bisa diterapkan di semua bisnis. Masing-masing bisnis memiliki strategi yang berbeda.