Pepatah mengatakan “Pembeli adalah raja”, hal ini berkaitan erat sekali bagi para pelaku bisnis online shop yang saat ini sedang menjamur dimana-mana. Mulai dari jual beli fashion, barang elektronik bahkan hingga makanan ringan pun dijual melalui online.
Salah satu tantangan dalam menjalani bisnis online shop adalah jarak pembeli dan penjual yang berjauhan. Sehingga pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang akan dibelinya. Calon pembeli menerima informasi dan karakteristik barang yang akan dibelinya hanya dari si penjual.
Namun sering kali ditemukan beberapa masalah yang disebabkan kondisi barang yang tidak sesuai dengan keinginan si pembeli atau terhambatnya pengiriman yang terjadi diluar dugaan.
Banyak pelaku online shop atau reseller online yang kebingungan ketika harus menghadapi komplain dari pelanggannya. Nah, berikut ini adalah 5 cara efektif menangani komplain pelanggan online shop.
1. Dengarkan dan beri empati.
Untuk pelanggan yang berbicara dengan nada emosional, sebaiknya jangan memberikan penjelasan apapun sebelum dia selesai berbicara. Karena orang yang sedang emosi, otaknya sedang tidak bisa menerima input apapun dengan logis.
2. Jangan kaku dan tetap jaga wibawa
Jaga wibawa Anda sebagai penjual, ini penting. Agar Anda tidak kehilangan reputasi dan kepercayaan darinya. Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri atau karyawan Anda saat memberi respon terhadap komplain pelanggan ini. Karena komplain adalah suatu hal yang biasa dan menjadi bagian dari pekerjaan Anda.
3. Berikan pilihan solusi.
Berikan penjelasan yang jelas dan detil mengenai pilihan-pilihan solusi yang Anda tawarkan. Jika memang kekecewaan pelanggan ini disebabkan kelalaian dari toko online Anda, maka tidak ada salahnya Anda berkorban sedikit demi menjaga reputasi dan untuk memperbaiki pelayanan selanjutnya. Misalnya, barang bisa ditukar namun ongkos kirim ditanggung oleh Anda selaku penjual. Ataupun sebaliknya.
4. Follow up dan berikan kabar.
5. Catat dan evaluasi
Nah, sekian dulu share tentang 5 tips efektif menangani komplain pelanggan. Semoga bisa memberikan inspirasi kepada Anda selaku pembaca setia blog ini. Jangan lupa untuk selalu meninggalkan komentar demi perbaikan dan peningkatan tulisan blog ini dikemudian hari.
image source :http://4.bp.blogspot.com/-Sa0AMNgdFCU/TsapD3JpkXI/AAAAAAAAGFM/HdLhtrYci5g/s1600/customer+complaint.jpg |