Jualan di Instagram, Haruskah Menuliskan Harga Produk?

Daftar Isi Artikel


Mengenal Cara Kerja Algortima Instagram

Mungkin Anda pernah melihat beberapa akun online shop yang menjual produk tertentu baik di instagram maupun di facebook. Dan beberapa diantaranya mencantumkan harga jual di caption, namun ada juga yang memilih tidak mencantumkannya.

Sebelum saya mengajak Anda mengetahui apa kekurangan dan kelebihan mencantumkan harga jual, ada baiknya kita simak sekilas mengenai cara kerja algoritma instagram. Apabila Anda ingin membaca lebih lengkap bisa mengunjungi artikel saya sebelumnya "20 Fakta Mengagumkan Statistik Instagram 2018"

Didalam artikel itu kita mengetahui bahwa secara organik algoritma instagram akan menayangkan postingan baru yang diupload kepada 4% jumlah follower. Dari jumlah tersebut jika konten kita mendapatkan banyak interaksi, maka instagram akan menganggap konten kita berkualitas maka akan menayangkannya kepada lebih banyak akun lagi.

Jadi intinya, "interaksi adalah indikator penting jika Anda menjalankan marketing di instagram maupun media sosial lainnya"

Haruskah Mencantumkan Harga Jual di Caption Instagram?


Hal ini kembali lagi kepada Anda, apakah Anda sudah merasa cukup mendapatkan interaksi dari follower atau belum. Jika sudah merasa cukup, boleh-boleh saja Anda menuliskannya. Namun jika interaksi masih kurang dan impresi postingan Anda masih belum cukup, Anda bisa saja tidak menuliskannya. Agar banyak komentar orang-orang yang bertanya harga.

Keuntungan dan Kekurangan Menuliskan Harga Jual


Keuntungan:
1. Anda hanya akan menerima respon DM/chat WA dari orang yang benar-benar sudah memiliki niat untuk membeli. Karena orang tersebut sudah mengetahui harganya.
2. Dengan begitu, proses interaksi menuju closing calon pembeli menjadi pembeli menjadi lebih singkat.
3. Dan, pastinya.. Anda tidak akan repot menjawab banyak pertanyaan sama yang masuk berkali-kali hanya bertanya tentang harga.

Kelemahan:
1. Mendapatkan sedikit interaksi di postingan instagram, karena calon pembeli langsung chat ke no WA/ website. Dan ini membuat impresi postingan Anda lebih sedikit.
2. Jika impresi sedikit maka engagement pun akan jauh lebih sedikit. Dan ini memperkecil kemungkinan viralnya produk Anda karena tidak muncul di explore.
3. Kompetitor yang menjual produk yang sama dengan Anda bisa menikung harga jual produk Anda dengan harga yang lebih murah. Dan ini membuat winning produk Anda menjadi lebih cepat drop, karena dihajar habis-habisan.

Keuntungan dan Kekurangan TIDAK Menuliskan Harga Jual


Keuntungan:
1. Postingan Anda akan menerima respon lebih banyak baik berupa komentar maupun DM dari orang-orang yang tertarik dengan produk Anda.
2. Oleh karenanya, postingan Anda akan mendapatkan impresi lebih banyak, dan berpeluang muncul di explore instagram. Sehingga orang yang bukan follower akun IG Anda bisa melihatnya juga.
3. Jika Anda menjual produk yang juga banyak dijual oleh penjual lainnya, maka Anda lebih terhindar dari kemungkinan perang harga dengan kompetitor.

Kelemahan:
1. Tentu saja Anda akan direpotkan dengan membalasnya satu persatu sedangkan belum tentu orang tersebut sudah siap untuk membeli.
2. Harus memiliki kesabaran ekstra untuk mengkonversi setiap pertanyaan menjadi transaksi karena proses interaksi memerlukan waktu lebih banyak.

Lalu Manakah yang Lebih Baik?


Anda tidak perlu bingung, kedua hal teknis diatas adalah sebagai salah satu cara optimasi saja. Sedangkan untuk memilih mana yang lebih baik silahkan sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Saran saya, jika Anda menjual produk yang unik (tidak banyak kompetitor), memiliki budget lebih untuk iklan berbayar dan sudah memiliki follower loyal sehingga setiap postingan Anda mendapatkan engagement yang optimal maka silahkan untuk menuliskan harga jual.

Namun, jika Anda masih belum memiliki follower loyal, dan menjual produk yang tidak unik (memiliki banyak kompetitor), ditambah lagi masih mengandalkan traffic organik untuk mendatangkan calon pembeli maka boleh saja untuk TIDAK menuliskan harga jual.

Sekian tulisan dan pendapat saya mengenai "Haruskah Menuliskan Harga Produk di Instagram" ini semoga memberikan pencerahan sedikit atau banyaknya kepada Anda sebagai pembaca. 

Satu hal yang harus disadari, tidak ada metode yang benar-benar menjamin Anda sukses jualan di Instagram. Semuanya perlu trial error dan dari trial error itu pastinya setiap orang memiliki caranya tersendiri untuk memasarkan produk di Instagram dan media sosial lainnya.

Sahabatmu, 

Onino Mansah

Follow IG: @onino99

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger