20 Fakta Mengagumkan Statistik Instagram Selama Tahun 2018

Instagram saat ini menjadi media sosial yang pertumbuhannya sangat pesat. Dalam kurun waktu satu tahun saja, selama 2018 kemarin kita dapat melihat pertumbuhan organik yang cukup mengejutkan. Saya membacanya dari artikel yang disuguhkan oleh adespresso.com, sebagai salah satu blog populer yang sering menjadi rujukan para marketer digital sedunia untuk mencari ide, atau inspirasi perihal online adertising.

Nah bagi Anda yang saat ini menggunakan instagram sebagai platform pemasaran brand atau produknya, saya kira data statistik ini akan memberikan masukan yang sangat baik untuk peningkatan kualitas marketing kita di Instagram selanjutnya.

Misalnya saja, salah satu rangkuman dari adespresso menuliskan bahwa foto dengan latar belakang putih/bersih memiliki tingkat interaksi lebih baik. Tentunya ini akan menjadi masukan untuk kita memperbaikin kualitas foto di instagram. Jika selama ini postingan Anda dirasa kurang mendapatkan interaksi coba benahi berdasarkan fakta tersebut.

Baiklah, untuk lebih jelasnya, berikut 20 data statistik instagram selama tahun 2018. Selamat membaca, semoga ada manfaatnya. Oiya, jika dari sumber aslinya ini ada 30 data, namun saya sederhanakan menjadi 20 saja. Apabila ingin melihat langsung halaman original silahkan menuju ke link di bawah ini >> Fakta Statistik Instagram 2018 (Adespresso.com)

Fakta Statistik Instagram 2018: Penggunaan

1. Tercatat Juni 2018, ada hampir 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya


WOW....1 Miliar adalah jumlah yang sangat besar, menempatkan instagram sebagai media sosial dengan pengguna paling aktif setelah facebook (1,4 miliar). Pastinya data ini menjadi salah satu alasan mengapa sebaiknya Anda mempelajari lebih banyak bagaimana optimasi marketing melalui instagram.

2. Pada bulan Juni 2018, ada sekurangnya 500 juta pengguna aktif setiap harinya.


Ini berarti hampir 50% dari total pengguna menggunakan Instagram setiap hari dan terlibat secara aktif di platform tersebut.

3. Dalam sehari, rata-rata tombol like postingan instagram ditekan sebanyak 4,2 juta kali


Dari statistik ini menunjukkan bahwa rata-rata pengguna membuka feed/beranda mereka dan menekan tombol like lebih dari sekali setiap harinya. Ini menunjukkan pengguna di Instagram memiliki tingkat interaksi lebih tinggi terhadap konten yang mereka lihat.

4. Pengguna di Instagram memiliki tingkat pendapatan yang tinggi.


Ini adalah informasi yang paling penting, terutama bagi Anda yang jualan online di Instagram. Sebagian besar pengguna instagram lebih siap mengeluarkan uang untuk berbelanja. Data di bawah ini didapatkan dari rata-rata seluruh pengguna di dunia.

31% orang dengan pendapatan $ 75K USD per tahun ada di Instagram
32% orang dengan pendapatan $ 50K-74K USD per tahun ada di Instagram
32% orang dengan pendapatan $ 30K-49K USD per tahun ada di Instagram

Satistik Instagram 2018: Sebaran Organik


Instagram memiliki tingkat keterlibatan/interaksi (engagement) yang lebih besar daripada platform lainnya, bahkan mengalahkan media sosial facebook. Seharusnya ini dapat dimanfaatkan para pemilik brand/merk untuk membuat kampanye jangka panjang dalam rangka memperkenalkan produknya.

5. Postingan foto di Instagram mendapatkan rata-rata 23% interaksi lebih banyak daripada facebook.


Tingkat interaksi yang begitu tinggi di Instagram sebagian disebabkan karena algoritma instagram itu sendiri yang bekerja lebih baik. Sebagian lagi karena adanya interaksi pengguna lainnya (viral) saat mereka mengakses menu explore.

6. Merk/brand di Instagram secara alami mendapatkan interaksi sekitar 4% dari total follower.


Misalnya follower Anda ada 1000, maka setidaknya 40 orang akan melihat secara rutin postingan terbaru dari satu brand di beranda mereka. Algoritma instagram memang lebih memanjakan Anda. Dengan demikian, apabila dalam setiap postingan ingin setidaknya dilihat oleh 400 orang maka sebaiknya Anda harus berusaha untuk meningkatkan follower sebanyak 10.000 orang.

Baca juga: Cara Menambah Follower Instant di Instagram

7. Brand di Instagram memiliki tingkat interaksi 10x lebih tinggi daripada Facebook.


Membangun brand di instagram bukan saja berpeluang mendapatkan lebih banyak follower, tapi juga memiliki peluang 10x lebih tinggi untuk mendapatkan interaksi dari pengguna baru.

Statistik Instagram 2018: Interaksi Merk & Pelanggan


8. 70% pengguna mencari informasi suatu merk yang mereka inginkan melalui Instagram


Inilah salah satu alasan mengapa produk atau diri Anda harus memiliki akun di Instagram. Karena ada potensi pelanggan loyal Anda mencari informasi tentang akun  Anda di Instagram. Dengan begitu, akan lebih mudah mendatangkan penjualan ketika ada varian produk baru yang launching.

9. 80% pemilik akun di Instagram mengikuti (follow) setidaknya 1 akun brand tertentu di Instagram.


Bagi Anda yang memiliki brand/merk baru, data statistik ini saya kira sudah cukup sebagai alasan mengapa Anda harus mempelajari lebih jauh bagaimana cara optimasi pemasaran merk Anda di Instagram. Lebih dari setengah penggguna ternyata mengikuti satu akun brand atau hastag yang berkaitan dengan brand Anda.

10. 60% pengguna mencari informasi tentang produk terbaru melalui instagram


Harus digaris bawahi, bahwa di Instagram bukan hanya dapat digunakan untuk media optimasi pemasaran brand Anda, tapi bisa juga untuk mendatangkan penjualan langsung (direct selling)

11. Lebih dari 200 juta orang mengunjungi profil bisnis setidaknya sekali dalam sehari


Jangan abaikan ini, terutama Anda yang masih menggunakan instagram personal belum beralih menggunakan instagram bisnis profile. Karena kenyataannya, lebih banyak orang mengunjungi instagram bisnis untuk mencari informasi mengenai produk yang Anda jual, lokasi, serta mencari tahu bagaimana cara pembeliannya.

Statistik Instagram 2018: Konten


Bagi yang masih bingung bagaimana membuat konten terbaik di instagram, informasi berikut ini akan memberikan setidaknya arahan bagaimana Anda menampilkan konten yang menarik banyak minat orang.

Baca juga: Manfaatkan Fitur IGTV untuk Meningkatkan Jangkauan Penjualan Online Anda

12. Sebuah brand memposting rata-rata 27,9x per bulan


Ini artinya, bagi Anda yang ingin memperkenalkan brand/produknya melalui instagram sebaiknya memposting minimal satu kali dalam sehari. Konsisten membuat postingan akan menjaga jangkauan orang-orang terhadap merk/produk Anda.

13. Postingan yang mengandung UGC, memiliki tingkat konversi 4,5% lebih tinggi daripada yang non-UGC


UGC adalah singkatan dari user generated content, artinya Anda membagikan postingan orang lain yang menggunakan produk Anda. Dengan begitu, tingkat konversi penjualan meningkat lebih tinggi 4,5%. Anda dapat melakukannya dengan re-gram, atau repost dan menyebut username orang yang menggunakan produk Anda.

14. Gambar dengan lebih banyak latar putih/bersih mendapatkan 29% lebih banyak like.


Gambar dengan latar dominan putih memberikan kesan bersih dan elegan. Orang-orang menyukai itu, karena mereka dapat melihat lebih fokus tanpa banyak warna yang dapat mengganggu keunggulan gambar yang ingin ditampilkan.

15. Posting dengan mencantumkan lokasi, mendapatkan interaksi 79% lebih banyak


Mulai sekarang, pastikan Anda menuliskan lokasi saat mengupload sebuah gambar di Instagram. Karena hal ini dapat memberikan kesan lebih realistis, dimana orang-orang akan lebih terkesan dengan foto/produk Anda.

16. 60% brand ternama, menggunakan filter yang sama di setiap postingan mereka


Belajar dari brand-brand besar, mereka menggunakan filter yang sama saat posting foto di instagram. Konsistensi ini akan menjadi identitas visual yang tertanam lebih dalam di benak orang yang melihatnya.

17. 7 dari 10 hastag di Instagram adalah hastag bermerk


Memiliki hastag yang unik untuk bisnis Anda akan meningkatkan kesadaran orang-orang terhadap brand yang sedang Anda promosikan. Pastikan untuk selalu mencantumkan hastag dengan nama merk Anda.

18. Hastag panjang memberikan peluang mendapatkan reach lebih banyak dan tidak cepat tenggelam


Dengan mencantumkan hastag panjang berarti Anda membidik hastag yang lebih spesifik. Misalnya #sepatupriasneakersoriginal akan memiliki persaingan yang lebih sedikit dibandingkan Anda menulis hastag pendek seperti #sepatusneakers.

19. Ada 400 juta pengguna menonton instastory setiap harinya


Manfaatkan instastory untuk meningkatkan jangkauan postingan Anda. Ada orang yang lebih suka menonton instastory yang muncul di beranda mereka daripada harus scroll menelusuri beranda dengan jari mereka.

20. 30% pengguna mengatakan bahwa mereka membeli produk dari iklan yang lewat di beranda


30% adalah konversi yang cukup tinggi. Jadi tidak ada salahnya Anda mulai saat ini mengoptimasi iklan di Instagram. Meskipun memang, iklan instagram menyedot biaya lebih mahal daripada di Facebook. Tapi dengan rasio 30% ini akan sepadan dengan hasil yang didapatkan.

Kesimpulan

Saya berharap, dari statistik yang sudah bersama-sama kita simak diatas, setidaknya akan menjadi referensi bagi Anda yang saat ini sedang mengoptimasi pemasaran melalui instagram. Coba benahi hal-hal yang masih kurang sesuai, dan mulailah konsisten untuk melakukannya. Percayalah, dampaknya akan Anda rasakan sendiri.

Jangan berharap hasil yang berbeda, jika kita masih saja melakukan hal yang sama. 

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger