Sekarang Saatnya #BukaInspirasi, Bukan Menyerah Tanpa Aksi

#BukaInspirasi Dari Kisah Founder Bukalapak

Salah satu cara saya ketika semangat jualan sedang lesu adalah membaca atau menonton kisah-kisah sukses para pebisnis. Dengan mengetahui bagaimana lika-liku seseorang yang sudah berhasil dalam bisnisnya, biasanya membuat mood dan gairah wirausaha saya kembali berkobar.

Dari sekian nama tokoh dalam dan luar negeri yang saya baca di internet, dibalik semua keberhasilan mereka tidak terlepas dari besarnya niat untuk memberikan manfaat bagi orang banya. Inilah pelajaran penting dan juga PR bagi saya dan mungkin juga Anda pembaca blog ini. Jika semangat juang kita dalam mencapai kesuksesan masih terbilang mudah naik turun, bisa jadi mungkin kita belum memiliki tujuan yang kuat untuk membantu sesama.

Tak perlu bicara orang luar negeri, dari dalam negeri kita juga ada seorang anak muda usia 30 tahunan yang sudah sukses membagikan manfaat untuk jutaan orang di Indonesia. Siapakah dia? 

Anda pernah berbelanja melalui marketplace?

Di Hp Anda sudah terinstall aplikasi Bukalapak?

Ya! Dialah Zacky, pemuda lulusan ITB tahun 2009 ini adalah pendiri situs belanja online Bukalapak. Dengan jumlah pengguna saat ini berjumlah 10 juta orang. Wow...!! Ini pencapaian yang fantastis. Bayangkan, ada 10 juta orang disana yang terdiri dari pembeli dan penjual, mereka semua sudah merasakan manfaat dari Bukalapak.

Saya membaca sekilas bagaimana perjuangan Zacky membangun marketplace Bukalapak dari situs berita online, Anda bisa juga membacanya langsung disini >> Kisah Zacky Membangun Bukalapak. Ketika Bukalapak terus berkembang, penggunanya semakin bertambah, akhirnya investor pun berdatangan dengan sendirinya.

Keberadaan Bukalapak saat ini sudah memberi peluang untuk siapapun memulai #BukaInspirasi. Lebih rinci lagi, apa yang bisa kita ambil pelajaran kisah sukses Zacky?

1. Spirit bisnis terbaik adalah bisnis yang bertujuan memberikan manfaat untuk banyak orang
2. Semakin banyak manfaatnya, semakin besar potensinya, semakin mudah investor datang
3. Bagi seorang penjual, Bukalapak adalah potensi market besar untuk meningkatkan penjualan.
4. Bagi seorang pengguna, Bukalapak membantu untuk belanja online aman dan nyaman.

Bagaimana Bukalapak Memberi Peluang untuk Mengembangkan Bisnis Online Anda?


Dari sekian banyak artikel yang saya tulis, diantaranya membahas bagaimana cara memasarkan produk secara online. Baik itu melalui website sendiri, atau dengan cara iklan berbayar di media sosial. Sudah saya jelaskan secara detail pun terkadang masih ada saja yang belum bingung untuk mempraktekkannya. Belum lagi perihal teknis mengurus hosting dan domain untuk toko online kita. Memang, mngelola media pemasaran sendiri perlu upaya yang tidak mudah dan ketekunan yang lebih besar.

Ini bagian yang paling menariknya, apabila masih belum sanggup mengurusi sendiri platform toko online, kita bisa menggunakan Bukalapak sebagai solusi untuk meningkatkan pemasaran produk kita. Tentunya peluang ini sangat baik untuk Anda yang saat ini ingin meningkatkan penjualan melalui pemasaran online. Tanpa harus membuat website sendiri, dan tanpa harus ribet mengurus tools marketing.

Sebesar Apa Peluangnya?


Jika kita membuat website toko online sendiri, perlu upaya labih keras lagi untuk mendatangkan banyak pengunjung. Karena percuma juga punya toko online sendiri tapi tidak ada pengunjungnya.

Kabar baik untuk Anda, jumlah pengguna yang sudah download aplikasi Bukalapak ada 10 juta orang lebih, sedangkan setiap harinya Bukalapak dikunjungi oleh kurang lebih 1,6 juta orang. Nah, terbayang kan....?? Jika kita listing (mendaftarkan) produk kita di Bukalapak, ada peluang pasar sebanyak 1,6 juta orang disana yang sedang mencari berbagai macam kebutuhan mereka.

Angka 1,6 juta orang ini bukan sebatas perkiraan asal saya. Karena saya mendapatkan dari estimasi melalui http://www.statshow.com/www/bukalapak.com.

Jualan di Bukalapak ibaratnya Anda memiliki toko di Mall besar yang didalamnya terdapat 1,6 juta orang lalu lalang setiap harinya. Apalagi jika kita mengaktifkan fitur-fitur yang akan membantu meningkatkan penjualan.

Bahkan terakhir kali saya ketahui, Bukalapak kini mendukung support iklan di Facebook dan Google. Waduh makin mantap aja ya. Saya harus mencobanya nih, karena jujur saja saya belum mengaktifkan fitur iklan yang satu ini. Dan saya kira ini fitur keren, khususnya yang tidak mau repot belajar mengenai cara beriklan, Fitur #BukaIklan akan menyiapkan iklan toko kita dan memaksimalkan kinerja iklan secara otomatis.

Keuntungan Iklan di Bukalapak

Dengan beriklan di Bukalapak memberikan peluang yang lebih besar terjadinya penjualan. Berbeda jika kita beriklan di media sosial, atau di mesin pencari. Karena di pengunjung yang mengakses bukalapak memiliki rating konversi yang lebih besar. Untuk memperjelasnya, Anda bisa simak analogi berikut ini.

Analogi 1


Katakanlah Anda hendak pergi ke bioskop untuk menonton film kesayangan di suatu Mall, lalu saat berjalan menuju lantai dimana bioskop berada, Anda melihat ada penjual aksesoris di samping eskalator. Kemudian Anda melihat ada satu barang yang menarik, akhirnya melihat sebentar dan bertanya harga. Karena Anda menyukainya, dan harganya murah akhirnya Anda membeli.

Analogi 2


Di lain hari, Anda sedang diperjalanan menuju suatu tempat. Karena Anda merasa haus, akhirnya ingin membeli minuman dingin. Mencari minimarket yang terdekat, setelah ketemu lalu Anda menuju lemari pendingin dan mengambil minuman kemudian membayarnya ke kasir.

Dari analogi pertama itu perumpamaan jika Anda beriklan di Media Sosial. Orang-orang yang mengakses media sosial pada awalnya tidak bertujuan untuk membeli produk Anda. Namun karena melihat iklan Anda akhirnya dia tertarik. Disinilah perlu ada skill lain yang bisa membuat orang tertarik, entah itu dari kalimat penawaran atau dari foto produk.

Berbeda dengan analogi ke-2, orang yang mengunjungi minimarket sudah pasti akan membeli sesuatu. Ini adalah perumpamaan jika Anda beriklan di Bukalapak. Karena orang yang mengakses bukalapak kemungkinan orang tersebut untuk membeli jauh lebih besar. Itulah mengapa tingkat konversi bisa lebih mudah dicapai daripada di media sosial, meski Anda tidak pandai membuat penawaran ataupun foto produk Anda biasa-biasa saja.

Saya harap Anda sudah paham dengan kedua analogi diatas.

Mari #BukaInspirasi, Saatnya Mengejar Peluang


Zacky sudah membuka peluang untuk Indonesia, kita sebagai warga Indonesia saatnya membuka mata untuk jeli melihat peluang. Ambil apapun kesempatan yang ada di depan, selagi masih memiliki kemungkinan positif untuk pertumbuhan bisnis kita. Salah satu peluang nyata saat ini adalah dengan mendaftarkan toko online kita di Bukalapak.

Sebagai platform jual beli online yang masuk Top 3 besar di Playstore, Bukalapak menawarkan berbagai fitur menarik. Sebaiknya, rencanakan untuk mempelajari dan mencoba fitur mana yang lebih cocok digunakan untuk membantu peningkatan penjualan Anda.

Selama ini saya sudah tahu ada Bukalapak, namun baru benar-benar mempelajari fiturnya setahun ke belakang. Itupun bermula dari kejadian lucu, sewaktu saya dan istri saya melakukan perjalanan menuju Bandung.

Boleh ya saya cerita sedikit, sekaligus sebagai penutup artikel ini...

Sewaktu melintasi jalan tol Bekasi-Cikampek yang padat merayap, karena ada pembangunan rel kereta cepat. Waktu itu jam 9 pagi, dengan laju mobil berkisar 20km/Jam. Saya nyetir sambil ngelamun, mikirin bagaimana caranya meningkatkan omset penjualan online.

Dan tiba-tiba saya terperanjat melihat marka jalan bertuliskan "Bukalapak". Dalam hati saya bergumam, kok bisa ada petunjuk jalan bertuliskan "Bukalapak". Rupanya istri saya melihat perubahan ekspresi wajah saya, dan bertanya

"Ayah kenapa?"

Saya tidak menjawab, karena masih bingung dengan yang barusan dilihat. Dan sekali lagi saya lihat marka jalan itu, eeeh ternyata bukan Bukalapak, tapi Bulak Kapal (nama daerah di kawasan Bekasi).

"Oh gak apa-apa, kita masuk rest area dulu yaa. Mungkin Ayah lelah"

Kata saya sambil senyum dalam hati, lucu sendiri jadinya. Dan sesampainya di rest area, sambil beristirahat saya ceritakan kepada istri saya apa yang sebenarnya tadi terjadi.

"Apa cuma Ayah yang mengalami seperti ini ya?"  Hahaha kami berdua tertawa.

"ya siapa tahu itu inspirasi sekaligus solusi untuk bisnis Ayah saat ini", kata istriku...

Hmmm bener juga, saya segera buka aplikasi bukalapak dan sambil istirahat saya tambah lagi postingan produk di akun saya.

Coba, tatap foto di bawah ini selama 6 detik tanpa berkedip. Apa yang terjadi? Jika ada tulisan yang berubah, mungkin Anda pun lelah.... Saatnya #BukaInspirasi, buka aja Bukalapak!

Baca juga: Jualan di Media Sosial atau Marketplace? Kenali Peran Algoritma

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger