3 Hal Ini Akan Membuat Kamu Merdeka dan Berdaulat di Era Digital

Tak terelakkan lagi, dunia digital sudah merasuk hampir di setiap sisi kehidupan kita. Coba saja cek sekitar kita, apakah masih ada orang yang belum terhubung dengan internet saat ini? Kalaupun ada pasti jumlahnya tidak lebih banyak dengan mereka yang sudah dapat mengakses internet dari smartphone mereka.

Namun dengan semakin banyaknya orang-orang yang bisa terhubung dengan internet dan bebas menggeledah dunia digital, masih ada diantaranya yang belum merdeka di era digital ini. Mereka yang belum merdeka terlihat dari belum dapatnya mengaplikasikan internet untuk tujuan yang mashlahat bagi dirinya dan orang-orang sekitarnya.

Memperingati hari kemerdekaan dilakukan setiap tanggal 17 Agustus, tapi mengisi kemerdekaan tentunya harus dilakukan setiap hari. Menurut KBBI online, merdeka adalah bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri; tidak terkena atau lepas dari tuntutan; tidak terikat, tidak bergantung kepada orang lain.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa merdeka di era digital saat ini?

Saya punya 3 tips yang bisa kamu terapkan langsung setelah selesai membaca artikel ini. Pastikan untuk tetap fokus membaca, lupakan sejenak bayang-bayang mantan yang senyumnya acap kali menjadi teror tatkala kamu sendiri.

1. Jeli Menangkap Peluang


Coba perhatikan dua kata peluang dan uang. Kita bisa lihat ada kata "uang" didalam kata peluang. Korelasi kedua kata ini bukan kebetulan semata, tapi memang benar adanya. Barang siapa yang pandai menangkap peluang, dialah yang akan memiliki banyak uang. Masuk Akal!

- Peluang bisnis

Sayangi kuotamu, gunakan untuk hal-hal yang bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Jangan sampai kuota habis dipakai hanya untuk melayani panggung debat politik di media sosial. Gunakan juga untuk hal yang bermanfaat secara langsung. Misalnya, mendapatkan penghasilan dari internet. 

Di era digital saat ini menjangkau banyak orang untuk memasarkan produk yang kita jual tidak sesulit jaman orang tua kita dahulu. Dimana jarak dan waktu menjadi salah satu faktor besar yang seringkali menghambat.

Ada banyak peluang yang bisa kita manfaatkan. Menjual barang berupa kerajinan tangan atau makanan khas setempat adalah ide bagus yang bisa disinergikan dengan internet sebagai media pemasarannya.

Sayangi kuotamu, gunakan untuk hal-hal yang bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

- Peluang cari jodoh

Jangan takut kehabisan stok wanita cantik atau pria ganteng di RW tempat kamu tinggal. Karena kamu masih bisa melebarkan sayap ke kampung sebelah. Bahkan bisa menjangkau ke orang yang berbeda pulau dengan kamu. Coba bayangkan, ada berapa juta pengguna Facebook, Twitter, Path atau Instagram saat ini?

Mencari jodoh tidak sesulit apa yang dibayangkan ketika internet melalui media sosial menjelma sebagai mak comblang. Mempertemukan dua insan yang saling merindu tanpa pernah saling tahu sebelumnya. Kamu hanya perlu sedikit berlatih bagaimana memperkenalkan diri secara elegan dengan level ngarep yang tidak kentara.
"Berhasil menemukan pasangan idaman dengan memanfaatkan media digital, adalah kemerdekaan yang hakiki bagi para jomblo di dunia..."

2. Jangan Berkata "Tidak Tahu" Sebelum Browsing


Jika ada seseorang yang bertanya tentang suatu istilah yang kita sendiri belum tahu jangan langsung mengatakan tidak tahu begitu saja. Tidak ada orang bodoh di peradaban digital saat ini, yang ada adalah orang yang malas dan belum berdaulat secara digital. 

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses dan menyebarkan informasi di internet. Seharusnya kita bisa keluar dari zona "tidak tahu" menuju zona, "sebentar, saya cari tahu". Kita bisa browsing berbagai informasi, entah itu sekedar mencari makna suatu istilah tertentu atau mencoba mengingat pelajaran sewaktu sekolah dulu.

- Gombal lintas bahasa

Bagi kamu yang masih jomblo, manfatkan fitur translate online agar gombalanmu jadi lebih berkelas. Ini salah satu keuntungan di era digital saat ini, setiap orang dapat mengakses informasi. Mencari quotes-quotes bijak tentang kehidupan dan cinta, lalu menuliskannya dalam bahasa yang berbeda menggunakan penerjemah online yang bisa diakses gratis.

Kirimkan kata-kata terbaik kamu untuk seseorang yang sudah menawan hatimu. Sekedar untuk mengucapkan selamat pagi atau mengingatkan tambatan hati untuk mencuci kaki sebelum tidur. Jangan sampai kreatifitas terbelenggu karena bahasa, karena itu pertanda kita belum merdeka. Bebaskan saja ekspresi cintamu dengan tetap mengingat dan menggenggam pesan nenek.
"Tapi awas jangan pergi berduaan
Nenek bilang itu berbahaya, heeey....."

- Cuplikan lirik lagu "Marilah Kemari"

- Jangan takut nyasar, selagi ada kuota internet

Saya pribadi tidak pernah takut nyasar, saya lebih takut kehabisan kuota internet saat perjalanan. Tidak memiliki internet saat melakukan perjalanan ke daerah yang asing, ibarat kita berjalan di kegelapan malam tanpa secercah cahaya.

Merdeka-kan dirimu, jangan sampai ketidaktahuan tentang rute perjalanan menggagalkan rencana traveling akhir pekan nanti. Sekarang tidak perlu menyewa tour guide. Karena itu sudah ada dalam genggamanmu. Buka saja aplikasi maps, selagi masih ada kuota internet dan batre smartphone mencukupi.

Percayalah, nyasar bukan hal yang menakutkan lagi. Jangan bilang kamu sudah merdeka, jika di era digital saat ini mau jalan-jalan masih mengandalkan pemandu. Masih ingat dengan definisi merdeka menurut KBBI tadi kan?
"Merdeka itu tidak terikat, tidak bergantung kepada orang lain" - KBBI Online

3. Transaksi Serba Digital



- Gunakan E-Banking

Kurangi antrian bersama emak-emak di teller bank hanya untuk setor tunai atau sekedar print buku tabungan. Jika saat ini usia kamu masih belum menyentuh 50 tahun, sebaiknya aktifkan fitur internet banking. Jangan membuat nasabah yang sudah berumur mengantri terlalu panjang di bank gara-gara ada kamu yang masih muda ikutan mengantri juga. Kalau sekedar cek saldo, mutasi dan transfer kamu bisa melakukannya melalui internet banking.

- Beli Semua Kebutuhan via Online

Di era digital saat ini, berbelanja kebutuhan pribadi tidak mesti dilakukan pada hari libur sekolah, libur kuliah atau libur kerja untuk mengunjungi Mall terdekat. Kamu bisa tetap membeli berbagai koleksi sepatu dari marketplace atau toko online di media sosial. Benar-benar kemerdekaan nyata di era digital, bukan?

Kesimpulan

Jangan sampai smartphone canggih tapi pemanfaatannya masih belum canggih. Ada banyak fitur dan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan kita. Ingat dan sadarilah, bahwa dengan semakin mudahnya terhubung dengan internet, seharusnya dapat membuat kita menjadi pribadi yang memiliki wawasan luas, merdeka dan 'berdaulat' di era digital saat ini.

Pertanda diri kita merdeka di era digital adalah ketika kita dapat melakukan hal positif lebih banyak yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Bukankah sejatinya, teknologi ada dan berkembang itu untuk membantu urusan manusia di muka bumi?

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger