Sekarang Saatnya Bisnis Travel Umroh Menerapkan Strategi Inbound Marketing

Dengan semakin banyaknya travel-travel baru yang bermunculan melayani perjalanan wisata umroh tentu saja menuntut para pengusaha travel umroh untuk mengupgrade strategi marketingnya.

Definisi Inbound Marketing adalah suatu strategi yang fokus terhadap goal utama yaitu agar kita mudah ditemukan oleh customers dengan mudah. Inbound Marketing ini dikembangkan oleh pakar marketing kelas dunia, Seth Godin.

Lawannya inbound marketing adalah outbound marketing. Dengan menggunakan definisi yang mudah untuk dipahami, kedua teknik tersebut sangat berbeda jauh. Apabila di Inbound Marketing kita fokus menarik orang untuk datang, kalau di Outbound kita yang aktif memburu orang untuk menjadi pelanggan.

Jika orang datang ke tempat kita maka itu adalah kehendak mereka. Jika kita yang berburu, maka kita yang seolah-olah memaksa mereka menjadi jamaah umroh kita. 

Antara memancing dan berburu. kira-kira mana yang menurut Anda lebih efisien di era digital saat ini?

Analogi sederhana, ketika kita melempar kail dengan umpan terbaik ke sungai, maka umpan itulah yang akan menjadi daya tarik bagi ikan-ikan untuk datang.

Umpan yang kita gunakan disini adalah konten-konten yang relevan, informatif dan memberi solusi atas masalah mereka. Sedangkan ikan adalah calon jamaah yang tertarik dan sudah siap untuk berangkat umroh.

Sebuah umpan, ia hanya akan menarik ikan yang memang menyukai umpan itu. Begitu juga dengan Inbound Marketing, konten yang kita lempar ke audiens adalah konten-konten yang benar-benar mereka sukai.

Anda bisa menulis tentang rukun-rukun ibadah umroh, tips-tips merencanakan perjalanan umroh, atau membagikan konten tentang keutamaan menjalankan ibadah umroh.

Dengan Inbound Marketing, calon jamaah potensial akan mudah menemukan kita melalui saluran-saluran atau channel yang kita buat.

Mereka menemukan travel umroh Anda bisa melalui blog atau web, melalui pencarian di search engine atau bahkan lewat social media seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter dan lain-lain, tergantung dimana calon jamaah kita berada.

KENAPA KITA BUTUH INBOUND MARKETING STRATEGI


Alasannya adalah karena perilaku customer di era digital saat ini sudah jauh berubah. Termasuk dari cara mereka ketika mengambil keputusan untuk memilih travel umroh Anda. Jika Anda terlahir sebagai seorang sales yang handal di era 90an, jika tidak mau menyesuaikan diri dengan mempelajari digital marketing maka Anda tidak bisa berbuat banyak.

Kenapa? Karena semua orang sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia digital. Mereka menjalin pertemanan disana, menyelesaikan pekerjaan disana, mencari hiburan disana, bahkan berbelanja disana.

Adalah sebuah kegilaan jika kita mengabaikan dunia digital dan hanya fokus pada sales konvensional. Situasinya sudah berbeda, kondisinya sudah berbeda, pola perilaku konsumen juga sudah berbeda.

Maka sudah sepatutnya kita meninjau dan merubah teknik marketing travel umroh kita agar sejalan dengan kondisi digital saat ini. Terkecuali, Anda sudah siap ditinggalkan oleh pesaing Anda.

SEKARANG PELANGGAN MEMILIKI KUASA LEBIH KETIMBANG PENJUAL


Di tahun 90 an, ketika tidak semua orang mampu mengakses internet, penjual atau salesman seperti raja. Karena ia benar-benar memegang kendali informasi.

Jika pelanggan ingin mendapat informasi tentang suatu produk, bagaimana cara menggunakannya, apa kelebihan dan kekurangannya ia bertanya ke orang yang dianggap ahli tentang hal itu. Siapakah orang itu? 

Dia adalah salesman. Seseorang yang ditunjuk oleh perusahaan untuk memasarkan produk.

Iya dulu adalah eranya Salesman. Ia dengan mudah mempengaruhi pembeli karena dianggap gudangnya pengetahuan tentang sebuah produk.

Dan orang juga males mencari informasi pembanding, karena memerlukan usaha yang luar biasa untuk melakukan benchmark.

Dengan kondisi 4 milyar lebih orang yang sudah melek internet kini situasinya berbalik. Informasi tentang layanan travel umroh sekarang jauh lebih mudah didapatkan oleh setiap orang.

Mereka bebas mencari informasi tentang travel umroh yang akan mereka temukan melalui search engine di Google. Bebas mencari review tentang kualitas pelayanan umroh di YouTube dan bahkan pengalaman dan testimoni pelanggan yang sudah menggunakan jasa travel umroh.

Calon jamaah akan mengumpulkan berbagai informasi tentang travel umroh di kota mereka, kemudian membandingkan harga, pelayanan dan juga jaminan kepercayaan. Karena akhir-akhir ini banyak kasus penipuan travel umroh, membuat mereka lebih ekstra hati-hati dalam menentukan agen travel yang amanah.

Jika travel umroh Anda tidak bisa ditemukan oleh mereka, sulit kiranya bagi Anda menjangkau orang baru jika hanya mengandalkan strategi konvensional saja.

Menurut sebuah study 65% yang calon pelanggan yang menemui penjual, mereka sudah mengantongi informasi dasar tentang barang/layanan yang akan mereka beli/gunakan. Jadi saat ini, ketika mereka menghubungi kita sebagai agen travel umroh hanyalah sebatas ingin konfirmasi atas informasi yang sebelumnya sudah mereka ketahui dari internet.

Inbound Marketing adalah sebuah strategi untuk mengarahkan orang agar bisa menemukan penawaran travel umroh Anda dengan mudah, dan dijadikan pilihan sebagai solusi atas keinginan mereka berangkat ke tanah suci.

1. Attract


Ini adalah tahapan dimana kita akan merubah orang asing yang sama sekali belum kenal kita dan travel umroh kita untuk datang mengunjungi kita melalui media digital seperti web/blog, atau akun social media kita.

2. Convert


Convert adalah tahapan dimana kita akan merubah mereka yang tadinya hanya sekedar mengunjungi, kita konversikan menjadi prospek berkualitas (High Quality Prospect). Sehingga mereka tertarik untuk menghubuni kontak person atau datang ke kantor travel umroh kita langsung.

3. Close


Sampai disini adalah tahapan dimana kita merubah prospek yang berkualitas tadi untuk menjadi pelanggan dengan melakukan pendaftaran umroh. Pada proses ini cara Anda melayani calon jamaah sangat menentukan keberhasilan.

4. Delight


Delight adalah tahapan dimana kita akan merubah pengguna jasa umroh kita, bukan hanya sekedar pengguna saja. Namun lebih menjadi pelanggan yang bahagia. Dengan demikian mereka akan dengan senang hati menjadi tenaga promosi kita (PROMOTERS) yang dengan sukarela akan merekomendasikan travel umroh kita ke relasi-relasi mereka.

Menurut Survey Nielsen, yang paling dipercaya dan memiliki bobot tertinggi untuk keputusan seseorang melakukan pembelian adalah karena rekomendasi teman.

JASA PEMBUATAN WEB TRAVEL UMROH + OPTIMASI SEO + INBOUND MARKETING LOKAL


Dengan semakin banyaknya permintaan kepada saya untuk pembuatan media marketing dari travel umroh mereka. Maka, saya membuka kesempatan kepada agen travel umroh manapun yang ingin memperluas saluran pemasaran, mudah ditemukan calon jamaah dan menjangkau lebih banyak orang, untuk membuat website yang teroptimasi sesuai kaidah SEO saat ini. Dan tentu saja, dengan menerapkan strategi Inbound Marketing juga di dalamnya.

Dengan memohon izin Allah SWT, saya dan tim akan bekerja sebaik mungkin, meracik konten inbound marketing dan optimasi SEO. Dan juga, tentunya dengan terlebih dahulu meminta izin kepada Anda selaku pemilik/perwakilan travel umroh sebagai klien kami.

Tunggu dulu, mungkin Anda agak sedikit bingung dengan istilah Inbound Marketing Lokal. Ini adalah teknik optimasi konten untuk menarik orang-orang yang berada di sekitar kota Anda. Karena bisnis travel umroh ini bukan bisnis full online yang bisa melayani seluruh jamaah yang berbeda kota dengan jangkauan travel Anda.

Maka, kami akan optimasikan inbound marketing di sekitar kota Anda, agar ketika orang-orang tertarik tidak terlalu jauh untuk berkunjung ke kantor travel Anda, dan dengan menarget orang-orang terdekat di sekitar kota Anda tingkat konversi InsyaAllah akan lebih baik.

Informasi detail, silahkan hubungi saya melalui halaman Kontak

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger