Manfaatkan Fitur IGTV untuk Meningkatkan Jualan Online

Pengguna internet mobile semakin tinggi jumlahnya, bahkan sudah melebihi pengguna internet desktop. Fakta ini membuat salah satu media sosial populer yaitu Instagram meluncurkan fitur baru bernama IGTV singkatan dari Instagram TV.

Dengan adanya fitur baru ini, sebagai penjual online yang memanfaatkan instagram sebagai media pemasaran tentu saja kita harus dapat memanfaatkan IGTV ini untuk keperluan marketing bisnis.

Apa yang menarik dari IGTV Instagram?


- Durasi lebih lama

Melalui fitur ini, pengguna dapat berbagi video di Instagram dengan durasi bisa lebih lama, yakni sampai 10 menit. Tidak hanya akan hadir dalam sebuah fitur, IGTV juga hadir dalam aplikasi tersendiri bernama IGTV yang dapat diunduh di iOS maupun Android.

- Video vertikal

Selain durasi yang lebih panjang, di IGTV memungkinkan kita upload video tanpa edit dalam posisi vertikal. Karena memang IGTV mengharuskan pengguna upload video dalam format vertikal, sebagai video khas mobile.

- Dukungan channel

Sama seperti youtube, IGTV bisa membuat channel khusus. Anda bisa membuat berdasarkan kategori tertentu. Keberadaan channel IGTV ini memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak orang sebagai follower.

IGTV berbeda dengan instastory, karena saat diluncurkan pertama kali masih belum bisa live video langsung. Jika Anda ingin upload ke IGTV, pastikan file video sudah berada di memory smartphone Anda.

Dari IGTV yang memungkinkan upload dengan durasi panjang ini, membuat Anda lebih leluasa menciptakan konten menarik tanpa harus khawatir terbatasi oleh waktu. Tentunya, fitur ini harus Anda manfaatkan untuk meningkatkan jualan online.

Saat memasuki beranda IGTV Anda langsung disuguhkan video-video dengan berbagai menu, yaitu:

- For you

Pada kategori ini, terdapat kumpulan video IGTV yang sudah Instagram pilihkan yang mungkin sesuai dengan minat Anda.

- Following

Disini adalah tempat melihat video-video IGTV dari akun instagram yang Anda ikuti. Sehingga memudahkan Anda mencari konten IGTV yang dipost oleh teman-teman Anda.

- Popular

Dalam kategori popular, berisi konten IGTV yang sedang trending. Bisa dari orang yang Anda ikuti atau dari orang yang tidak Anda ikuti. Setidaknya, Anda bisa ikut memantau konten apa yang sedang trending saat ini sebagai bahan mencari ide Anda dalam membuat IGTV.

- Contiunue Watch

Berisi kumpulan video yang telah Anda tonton sebelumnya, namun masih belum terselesaikan. Anda tidak perlu khawatir ketika harus menunda menonton IGTV seseorang karena pada kategori ini bisa Anda temukan dan melanjutkan menontonnya kembali.

sumber gambar: https://blogs.systweak.com

Bagaimana memanfaatkan IGTV instagram untuk jualan online?


Satu hal yang harus kita sadari bahwa media sosial adalah platform untuk berbagi. Maka banyak sekali para penjual online yang sukses memanfaatkan media sosial untuk berjualan dengan cara menggabungkan ide berbagi dan berjualan.

Jadi tidak melulu Anda posting produk jualan, karena orang lain akan jenuh melihatnya. Sebaiknya selingi dengan aktivitas berbagi.

IGTV menjadi sarana untuk Anda berbagi konten yang bermanfaat dan menghibur. Anda bisa memanfaatkan IGTV instagram untuk meningkatkan penjualan online dengan membagikan video proses pembuatan produk. Atau bisa juga dengan tips cara merawat sepatu kulit agar tidak cepat kusam, jika Anda penjual sepatu online.

Baca juga: Cara Mengatasi Instagram Error "unfortunately instagram has stopped"

Di bawah ini perlu Anda ketahui, hal-hal apa saja yang mempengaruhi peningkatan penjualan di Instagram:

- Follower

Follower bisa menjadi faktor penentu peningkatan penjualan. Karena setiap kita posting di Instagram mereka memiliki kemungkinan besar mengetahuinya terlebih dahulu. Ini berarti mereka adalah sasaran market Anda.

Maka ada baiknya, dalam menjalankan instagram marketing Anda memperhatikan peningkatan jumlah follower ini.

Kali ini saya tidak akan menjelaskan secara rinci dalam hal meningkatkan follower instagram, saya sudah pernah membuat postingan yang membahasnya secara khusus. Silahkan Anda baca "Cara Menambah Jumlah Follower Instagram"

- Engagement

Engagement adalah interaksi yang terjadi antara Anda dengan follower. Interaksi ini bisa berupa like foto atau komentar. Semakin tinggi engagement dengan follower maka akan semakin baik edge rank akun instagram jualan Anda.

Edge rank ini sebetulnya adalah istilah untuk menyebut algoritma yang dimiliki oleh facebook. Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa semenjak instagram dibeli oleh Facebook banyak sekali kesamaan diantara keduanya termasuk penggunaan algoritma. 

Edge rank adalah sistem yang dibuat oleh Instagram untuk memunculkan postingan seseorang yang sesuai dengan minat kita di beranda. Dengan kata lain, Instagram juga akan menghilangkan postingan seseorang dari beranda kita yang tidak kita sukai.

Kehadiran edgerank ini dilatarbelakangi karena timbulnya komplain dari para pengguna yang merasa sesak dengan beranda mereka. Terlalu banyak postingan yang muncul, membuat pengguna tidak nyaman saat melihat beranda.

Bagaimana caranya Instagram mengetahui mana postingan yang kita sukai dan mana yang tidak?

Sistem algoritma instagram akan melihat Anda dalam berinteraksi. Misalnya, Anda pernah like postingan instagram saya @onino. Maka jika saya melakukan update status di kemudian hari, besar kemungkinannya akan muncul di dalam beranda Anda.

Postingan seseorang juga akan muncul di beranda jika akun tersebut memiliki banyak mutual friend dengan akun kita. Instagram akan menganggap Anda bagian dari teman-teman mereka. 

Maka dapat kita simpulkan, semakin tinggi score Edgerank instagram kita, maka makin besar pula kemungkinan apapun yang kita update, tampil diberanda follower kita.

- Penawaran

Penawaran ini berkaitan langsung dengan produk kita. Media sosial adalah platform tempat penjual dan pembeli bertemu. Namun belum untuk menumbuhkan ketertarikan mereka terhadap produk kita.

Disinilah penawaran memegang peranan penting. Anda bisa membuat program promo beli 1 dapat 2. Atau sekedar potongan harga untuk mereka yang membeli hari itu juga.

Jika diibaratkan dengan memancing, maka instagram adalah kail, dan penawaran ini bisa diibaratkan sebagai umpannya.

- Momentum

Momentum ini berkaitan dengan apa yang sedang terjadi. Misalnya saat menjelang musim lebaran, umumnya penjualan akan meningkat. Karena momentum yang mendukung. Menjelang lebaran orang-orang mendapatkan THR, dan kondisi ini mendorong mereka untuk berbelanja.

Momentum bukan saja hari raya keagamaan, tapi Anda bisa menciptakan momentum di bulan-bulan lainnya. Misalnya, saat tanggal gajian tiba setiap bulan, buatlah promo-promo untuk menarik calon pembeli.

Dari keempat faktor yang mempengaruhi penjualan di Instagram diatas, sekarang Anda sudah tahu bagaimana dan kapan harus membuat konten IGTV dalam upaya meningkatkan penjualan.

IGTV hanyalah sebagai fitur dari instagram yang seharusnya dapat kita optimalkan untuk meningkatkan follower, engagement dan berujung pada terjadinya peningkatan penjualan.

Ide Konten IGTV untuk Meningkatkan Penjualan Online


Berikut ini adalah ide-ide yang bisa Anda tuangkan dalam membuat konten IGTV untuk meningkatkan penjualan online

- Proses pembuatan produk-produk yang berkaitan dengan produk Anda


Misalnya, Anda menjual gunting zig-zag untuk keperluan dekorasi kertas. Bisa saja Anda membuat video IGTV cara membuat dekorasi kertas dengan menggunakan gunting yang Anda jual.


- Cara membersihkan boneka


Ini bisa dilakukan oleh Anda yang menjual boneka. Membuat video tutorial cara membersihkan boneka dari debu adalah ide yang sangat baik. Anda bisa mendemonstrasikan cara membersihkannya namun tidak merusak bulu-bulu lembut boneka tersebut.

- Suasana kerja tim


Jika Anda sudah memiliki tim penjualan, tidak ada salahnya membuat liputan seputar aktivitas masing-masing divisi dalam bentuk reportase layaknya berita-berita di televisi. Akan lebih baik lagi dikemas dalam format komedi yang mengajak orang tertawa.

Cara upload IGTV menggunakan PC atau Laptop


Terkadang kita ingin upload instagram TV tidak dari smartphone, karena video yang sudah Anda persiapkan ada di laptop. Anda bisa melakukannya, upload IGTV melalui laptop sangatlah mudah. Berikut ini panduan yang bisa Anda ikuti.

1. Kunjungi link web instagram https://www.instagram.com
2. Login menggunakan username dan password Anda
3. Klik halaman profile Anda, seperti yang saya tunjukkan pada bagian lingkaran warna merah di gambar bawah ini



4. Klik tab IGTV yang ada di halaman profile Anda, seperti yang saya tunjukkan pada bagian lingkaran warna merah di gambar bawah ini



5. Silahkan Anda klik tombol upload, lalu akan terbuka jendela baru untuk Anda membuka file video dari folder yang sudah tersimpan di PC atau laptop Anda.

Kesimpulan


Dengan adanya fitur baru IGTV ini membuat Anda dapat lebih leluasa membagikan konten berupa mobile video. Seharusnya berdampak juga terhadap peningkatan follower dan engagement, karena mereka menyukai konten-konten yang Anda bagikan. Dari situlah, peningkatan penjualan diharapkan dapat terjadi. 

Intinya, fitur IGTV membantu Anda dalam optimasi akun instagram jualan agar semakin optimal menjadi alat marketing online.

Instagram adalah platform media sosial gratis, dengan jumlah pengguna sangat banyak di Indonesia dan luar negeri. Tentunya, dalam kacamata seorang pebisnis seperti Anda, ini adalah peluang market yang menjanjikan.

Tingkatkan terus kreativitas dalam mengelola konten IGTV di akun jualan Anda. Semakin unik konten yang Anda bagikan, semakin besar kemungkinan orang-orang menyukai konten Anda.

Baca juga: Ikuti Cara Mudah Ini, Agar Sukses Bisnis Online di Instagram

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger