Cara Promosi Online Shop di Instagram untuk Meledakkan Omset 2x Lipat

PERHATIAN!!

Jika Anda mencari cara instant dan tidak suka dengan proses, lupakan membaca artikel ini. Karena saya akan membedah secara mendalam mengenai marketing Instagram.

Namun jika Anda menginginkan penjualan meningkat 2x lipat dengan memahami Instagram secara menyeluruh, silahkan lanjutkan untuk membaca.

Dengan terlebih dahulu memohon ijin kepada Anda, melalui artikel ini saya akan beritahu bagaimana seharusnya proses marketing jualan online dilakukan di Instagram

Sobatpreneur.....

Proses marketing di Instagram sedikit berbeda dengan marketing online di media sosial lainnya. Salah satu penyebabnya adalah fitur utama instagram itu sendiri dan juga behavior dari penggunanya.

Saya akan jelaskan bukan sekedar trik, tapi ini lebih kepada mindset.
Jika Anda sudah menguasai mindsetnya, maka Anda bisa menerapkan berbagai macam trik.

Trik itu lebih cepat berubah, sedangkan mindset cenderung tetap. Kalaupun berubah, tidak akan jauh perbedaannya.

Semua orang sudah tahu bahwa instagram adalah platform media sosial untuk berbagi informasi dalam bentuk foto/gambar. Ini yang membedakan instagram dengan media sosial lainnya.

Oleh karenanya, behavior atau perilaku penggunanya pun berbeda. Orang-orang yang aktif di instagram adalah mereka yang senang melihat konten dalam bentuk foto-foto. Kalaupun ada akun publik yang berbagi artikel, pasti akan dibuat dalam bentuk foto atau poster.

Kaitannya dengan online shop, banyak penjual online yang tidak memperhatikan behavior dasar ini. Akibatnya tidak jarang mereka salah dalam melakukan optimasi akun instagram untuk marketing toko online mereka.

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah tidak memperhatikan foto yang diunggahnya. Bukan hanya ketajaman tapi juga kenyamanan foto tersebut saat dipandang, akibat objek terlalu zoom sehingga memenuhi frame post.

Lalu bagaimana cara promosi online shop di instagram yang benar?

Baik, saya kira sudah cukup pembahasan pembukanya, sekarang saatnya kita memasuki pembahasan utama sesuai dengan judul artikel ini. Dan saya tidak ingin bertele-tele menyampaikan hal ini. Saya akan langsung pada intinya saja.

Memahami perilaku pengguna Instagram lebih jauh


Sebelum membahas metode marketing instagram, Anda harus memahami terlebih dahulu perilaku penggunanya seperti apa.

Pengguna media sosial terus meningkat dari hari ke hari. Tak heran jika perusahaan dan pemilik merek suatu produk sampai rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk meningkatkan jangkauan calon pembeli yang datang dari media sosial yang sebagian besar menggunakan perangkat mobile.

Tujuan melakukan pemasaran di Instagram adalah untuk meningkatkan jangkauan pelanggan, memberikan pengalaman berbeda dalam memperkenalkan merek produk Anda agar membuatnya menjadi lebih menarik, mudah dan menyenangkan.

Sebelum media sosial, satu-satunya cara pemilik produk dan merk memperkenalkannya melalui counter customer service, website dan tentu saja cara konvensional pemasaran dan iklan seperti brosur, iklan TV, iklan radio dan sebagainya.

Dengan adanya media sosial, generasi muda yang lahir dengan smartphone di tangan mereka memiliki kecenderungan memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang berbeda daripada generasi sebelumnya. Perbedaan yang paling terasa di generasi milenial ini adalah mereka menginginkan sesuatu yang serba mudah dan cepat.

Untuk urusan membeli pulsa saja, saat ini dan 8 tahun yang lalu sudah jauh berbeda. Generasi milenial sudah tentu lebih memilih membeli melalui aplikasi, daripada harus keluar kamar dan rumah untuk mengantri di counter pulsa meski lokasinya berada di samping rumah mereka sekalipun.

Harapan berbeda, membentuk kebutuhan yang berbeda dan begitu juga perilakunya.

Pengguna media sosial saat ini sudah semakin jenuh dengan iklan yang muncul di beranda mereka. Mereka tidak menyukai iklan dan pemasaran produk yang bertebaran di media sosial.

Lalu bagaimana konsep terbaik dalam melakukan proses marketing di Instagram berdasarkan perilaku penggunanya?

Hal sekarang yang mungkin bisa dilakukan adalah mendorong pelanggan untuk datang sendiri kepada Anda, lalu menghubungi Anda, dan berkomunikasi dengan Anda atas dasar keinginan mereka sendiri.

Sepertinya, mulai sekarang Anda harus belajar melupakan hard selling, Anda harus menonjolkan postingan dalam rangka berbagi atau informatif dimata follower daripada jualannya.

Mulailah memikirkan strategi promosi pemasaran di Instagram dengan cara yang halus untuk membuatnya tampak bahwa Anda bukan sedang memasarkan merek Anda. Tapi pastikan konten yang Anda unggah cukup efektif untuk mendorong pelanggan agar menghubungi Anda dengan sendirinya.

Cara membuat toko online di Instagram


Membuat akun Instagram adalah langkah awal yang harus Anda optimasi dengan baik. Saya ingin mengingatkan kepada Anda, bahwa ada 3 hal yang mesti diperhatikan sebelum membuat akun instagram. Harap diingat tujuan dari pembuatan akun ini adalah untuk jualan, bukan untuk pribadi.

1. Pilih akun bisnis


Saya tidak mengerti, apa alasan beberapa orang yang memilih membuat toko online menggunakan instagram personal daripada instagram business.

Padahal jika Anda menggunakan akun bisnis, Anda akan mendapatkan data insight untuk masing-masing postingan dan juga insight secara umum.

Insight ini adalah data statistik yang diberikan oleh pihak instagram secara gratis kepada pengguna akun bisnis. Agar mereka bisa mengukur keberhasilan jangkauan setiap postingan. Dengan adanya alat ukur, bisa menjadi acuan bagi Anda untuk melakukan optimasi (perbaikan selanjutnya).

Jadi, apa saja keuntungan menggunakan akun bisnis? Saya kutip langsung dari blog Instagram sebagai berikut:

1- Anda akan memperoleh metrik realtime tentang kinerja cerita dan kiriman Anda yang diposting sepanjang hari.

2- Anda akan memperoleh wawasan tentang para pengikut Anda dan bagaimana mereka berinteraksi dengan postingan dan juga Instastory Anda.

3- Anda dapat menambahkan informasi tentang perusahaan Anda, seperti jam kerja, lokasi, dan nomor telepon. Dan ketiganya akan memudahkan follower atau pengguna instagram lainnya yang bermaksud menghubungi Anda.

Instagram membuat perbedaan antara akun bisnis dan personal, bertujuan untuk memberikan pelayanan yang berbeda terhadap pengguna. Seharusnya, Anda dapat memanfaatkan ini dengan baik.

2. Gunakan Username yang Berkaitan dengan Produk Anda


Username adalah identitas yang digunakan untuk login. Ini ibarat alamat rumah, orang-orang bisa menemukan Anda dengan username. Maka sebaiknya, jangan berganti-ganti.

Pilih username menarik yang mewakili jualan Anda. Misalnya Anda akan menjual kerudung instant, maka Anda bisa memilih username @hijabmuslimahtrendi, atau @kerudunginstantonline.

Usahakan dua kata pertama adalah kata kunci produk Anda. Tujuannya agar profil akun jualan Anda mudah ditemukan oleh orang lain ketika mengetikkan di kolom pencarian.

Akan tetapi jika Anda sudah memiliki brand sendiri, entah itu merk produk maupun nama toko Anda. Boleh-boleh saja menulis username dengan nama brand sendiri.

Meskipun, mungkin Anda perlu waktu lebih lama dan strategi lebih teliti agar akun Instagram Anda mudah ditemukan orang lain.

Untuk Anda yang memilih menggunakan nama merk, saran saya sering-sering lakukan teknik promosi endorse selebgram atau artis.

Baca juga: Begini Cara Terbaik Memanfaatkan Fitur IGTV untuk Jualan Online

3. Name/Nama


Pilih nama instagram yang menjelaskan siapa dan apa yang Anda jual. Gunakan kata-kata yang menarik, jelas dan mudah dipahami. Misalnya Sepatu Pria Handmade, atau Jual Hijab Cantik. Nama ini berbeda dengan username yang point pertama tadi. Nama bisa berganti-ganti, tanpa harus merubah username.

Khusus pada bagian Nama ini, meskipun mungkin Anda sudah memiliki merk produk sendiri, jika merk Anda belum populer untuk penggunaan di media sosial sebaiknya jangan dulu digunakan sebagai identitas utama. Karena belum tentu orang tahu. Maka gunakan kata-kata umum saja agar mudah ditemukan ketika dicari oleh pengguna instagram lainnya.

Selain mudah ditemukan di Instagram, menggunakan nama yang mengandung kata kunci jualan Anda juga berpotensi mendapatkan trafik tambahan dari google. Karena nama di instagram ini akan menjadi judul di hasil pencarian google.

Contohnya seperti ini:



Contoh bio instagram online shop




Pada bagian Bio, silahkan diisi keterangan umum mengenai kelebihan toko online Anda dibanding yang lain. Sertakan juga kontak BBM, Whatsapp atau SMS agar calon buyer bisa menghubungi Anda.

Berikan informasi juga domisili toko online Anda, ini sebagai acuan bagi calon pembeli dalam memperkirakan ongkos kirim. Karena bagi mereka selaku pembeli, ongkos kirim menjadi salah satu pertimbangan untuk memutuskan jadi membeli atau tidak.

Bio instagram bisa dikatakan sebagai sinopsis pada sebuah Novel. Maka upayakan apa yang Anda tulis mewakili seperti apa toko online Anda ingin dikenal oleh orang lain.

Contoh caption jualan laris manis


Jangkauan organik masih menjadi metode marketing terbaik di instagram. Banyak pelaku bisnis online di Instagram yang mengatakan bahwa algoritma baru Instagram saat ini telah membuat jangkauan mereka terhambat. Padahal, dengan algoritma baru saat ini jauh lebih memungkinkan bagi Anda untuk membuat interaksi dengan follower dan meningkatkan jangkauan yang lebih besar.

Caption adalah teks yang memberikan keterangan dari foto yang Anda unggah di Instagram. Caption memperkuat makna dari foto, dan memungkinkan Anda menyisipkan pesan yang dapat membangun interaksi lebih banyak.

Salah satu cara menulis caption, jika Anda memposting foto produk adalah dengan tidak perlu menyebutkan harganya. Namun ini bukanlah faktor utama, karena fungsi caption itu sendiri adalah memperkuat foto. Jadi, bisa saja Anda tetap menuliskan harga dan mendapatkan banyak interaksi jika produk yang di unggah memiliki kualitas foto baik.

Anda bisa juga meninggalkan pertanyaan yang memancing orang-orang untuk berkomentar pada akhir caption.

Semakin banyak komentar, semakin bagus nilai edge rank Anda, semakin mungkin untuk tampil pada postingan teratas beranda follower Anda atau bahkan tampil pada halaman eksplore.

Meningkatkan Penjualan = Meningkatkan Jangkauan (Pemasaran)


Sekarang saatnya kita membahas, bagaimana cara memasarkan produk di instagram untuk meningkatkan penjualan online 2x lipat lebih besar dari biasanya.

Peningkatan penjualan ini harus juga diiringi dengan peningkatan konversi. Karena, instagram marketing pada dasarnya bukan untuk meningkatkan penjualan tapi lebih kepada meningkatkan jangkauan.

Dan dari jangkauan itulah, akan terjadi konversi penjualan. Maka, ketika ingin penjualan meningkat pemasaran pun harus meningkat.

Tentunya Anda sudah tahu bahwa antara sales (penjualan) dan marketing (pemasaran) adalah dua pekerjaan yang berbeda. Dan keduanya saling memerlukan satu sama lain.

Jangkauan yang dimaksud adalah sebanyak apa Anda mendapatkan follower baru, kemudian seberapa besar peningkatan jumlah orang-orang yang mengunjungi profile Instagram Anda. Kedua indikator ini harus terus dipantau, minimal dalam kurun waktu per 7 hari.

Biasanya, Anda juga akan melihat statistik kunjungan profile ini dari akun instagram bisnis Anda.



Semakin banyak jumlah follower baru yang bertambah setiap harinya, semakin besar pula kunjungan profile Instagram akun jualan online Anda. Sebagai referensi untuk Anda mengetahui bagaimana cara tercepat menambah follower Instagram silahkan baca juga postingan saya sebelumnya "Cara Promosi Menambah Follower di Instagram"


Penjualan tergantung dari bagaimana Anda melayani chat calon pembeli. Berbagai hal yang mempengaruhi penjualan diantaranya adalah:


Kecepatan membalas chat


Ketika seseorang mengunjungi profile Instagram Anda kemudian dia mulai scroll-scroll produk melihat koleksi yang Anda jual, dan ketika dia tertarik akan menghubungi Anda.

Upayakan untuk memberikan response yang cepat. Meski mungkin tidak selalu cepat, setidaknya Anda jangan membiarkan chat tidak dibalas lebih dari 20 menit. Karena jika Anda lambat membalas chat, calon pembeli bisa beralih ke penjual lainnya.

Ketersediaan produk


Pastikan produk-produk yang terposting di Instagram memiliki stok yang update. Jangan sampai ketika ada calon pembeli bertanya satu produk, dan dia sudah bersedia untuk melakukan transaksi tiba-tiba dibatalkan karena stok produk yang sudah tidak tersedia.

Namun ini tidak terlalu bermasalah jika Anda bukan penjual produk fisik. Misalnya saja Anda penjual jasa, atau penjual produk digital yang tidak memerlukan ketersediaan produk fisik secara berkelanjutan.

Keterampilan membalas chat hingga terjadi transaksi


Ini adalah skill konversi yang wajib dimiliki oleh penjual online di Instagram seperti Anda. Membalas chat itu bukan sekedar menjawab pertanyaan calon pembeli. Namun, Anda harus bisa mengarahkan percakapan menuju kepada proses transaksi.

Saya pernah menulis artikel yang membahas tentang hal itu. Silahkan Anda membacanya, karena ini adalah skill penentu yang akan mewujudkan keinginan Anda untuk meningkatkan penjualan 2x lipat lebih besar dari biasanya.

Baca Ini : Cara Melayani Chat Customer Baru Sampai CLOSING


Tips posting produk di Instagram


Anda tidak perlu menjual ke semua orang yang berada di instagram. Karena pastilah hal itu sangat melelahkan dan juga akan membuat bauran pemasaran menjadi terlalu generik, membuat Anda sulit melakukan evaluasi pemasaran.

Seperti yang sudah saya singgung diatas, ketika upload foto di Instagram sebaiknya Anda memang menciptakannya sesuai dengan platform instagram. Instagram yang memiliki kekuatan visual, postingan yang fokus menonjolkan pada foto dan video daripada teks.

Sebuah posting yang bagus di Twitter atau di Facebook mungkin jadi tidak bagus untuk di posting di Instagram dan sebaliknya. Karena masing-masing memiliki kekuatannya dan perbedaan perilaku penggunanya.

Ketika posting di Instagram, salah satu indikator yang harus Anda pantau adalah seberapa banyak postingan tersebut mendapatkan interaksi dari pengikut. Semakin banyak interaksi semakin baik, dan berpeluang postingan Anda mendapatkan peringkat teratas daripada posting lainnya dengan hastag yang serupa. Ada tiga cara posting produk saat berjualan di Instagram yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Pilih Waktu Terbaik


Meskipun penggunaan Instagram kini menggunakan algoritma baru, dimana orang-orang sudah tidak lagi melihat konten realtime, tetap saja Anda harus memperhatikan waktu posting terbaik. Dan ini masih menjadi faktor penting, karena waktu masih merupakan salah satu indikator dalam algoritma.

Posting pada waktu yang tepat dapat membantu menghasilkan interaksi yang dapat meningkatkan peringkat dan membuat algoritma Instagram untuk terus mendorong posting Anda lebih tinggi pada beranda follower Anda.

Inilah yang mungkin sebagian besar pebisnis online di Instragram sering melupakan.
Jangan lupa bahwa diri Anda adalah refleksi dari follower Anda. Jadi jika Anda sedang online, kemungkinan audiens Anda pun sedang online.

Menurut Neil Patel, hari terbaik untuk posting foto di Instagram adalah hari Senin dan Kamis. Hari Rabu juga baik namun tidak sebaik hari senin dan kamis. Sedangkan hari minggu dianggap sebagai posting terburuk, karena jika kita posting pada waktu tersebut sangat minim mendapatkan interaksi.

Selain menjadikan hari sebagai acuan untuk posting, cara lain yang baik untuk memeriksa waktu yang tepat bagi audiens Anda adalah dengan memanfaatkan profil instagram Bisnis yang menyediakan Wawasan (insight) untuk mengetahui jam berapa pengikut Anda paling aktif.

Anda dapat mengakses instagram insight dengan menekan tab profil di aplikasi Instagram dan kemudian menekan pada ikon bar chart di sudut kanan atas. Anda dapat melihat informasi aktivitas pengikut Anda dengan menekan pada “Lihat lebih banyak” untuk melihat wawasan yang lebih rinci.


2. Gunakan Video


Karena Instagram platform media sosial berbasiskan foto, maka tidak mengherankan jika foto mendapatkan interaksi lebih baik dari video. Namun, penelitian yang dilakukan oleh NewsWhip mengungkap fakta sementara, bahwa postingan foto akan mendapatkan lebih banyak like pada rata-rata interaksi secara keseluruhan, sedangkan video akan menghasilkan lebih banyak komentar. Komentar pada video ini mendapatkan dua kali lebih banyak dari foto.

Hasil survey berikut ini mungkin dapat menjadi masukan bagi Anda

Di antara Instagrammer yang disurvei, 60% yakin konsumsi video seluler mereka di Instagram meningkat dalam dua tahun terakhir (dibandingkan dengan peningkatan konsumsi TV sebanyak 33% di antara penonton TV yang disurvei).

Sumber Facebook IQ: “Media Attitudes” oleh Lieberman Research Worldwide (Studi yang dilakukan Facebook terhadap 1.500 orang di AS dan Kanada berusia 18-64 tahun, termasuk 409 orang yang menggunakan Instagram setidaknya sekali dalam seminggu), pada bulan Maret 2017.

Meninggalkan komentar membutuhkan usaha lebih dari seorang pengguna Instagram daripada like yang hanya mengetuk tombol. Sehingga ada kemungkinan bahwa algoritma Instagram akan memprioritaskan postingan yang memiliki jumlah komentar lebih banyak daripada like untuk mendapatkan peringkat teratas dari posting sejenisnya dalam hastag yang sama.

Dari sini kita dapat mengetahui bahwa bereksperimen dan menggunakan video untuk meningkatkan interaksi dengan follower dan menambah jangkauan organik sangatlah penting. Jadi tidak ada salahnya Anda mulai memikirkan sesekali posting konten berupa video.

Algoritma Instagram akan memprioritaskan postingan yang memiliki jumlah komentar lebih banyak daripada like

3. Follow Pengguna Instagram yang Menyukai Produk Sejenis dengan Anda


Ini adalah cara langsung untuk meningkatkan jangkauan akun profile Instagram Anda. Cara ini juga bisa dikatakan sebagai trik terbaik bagi Anda mencari target market di Instagram.

Tidak semua orang suka dan tertarik membeli produk Anda. Oleh karena itu, memasarkan produk kepada orang yang memiliki kecenderungan lebih besar untuk tertarik membeli produk Anda adalah suatu upaya yang harus benar-benar diperhatikan.

Semua ini bisa dilakukan dengan cara melihat akun instagram kompetitor Anda. Utamakan memilih kompetitor yang memiliki follower lebih banyak dari Anda. Lalu, lakukan 5 hal ini:

1. Lihat postingan terbaru
2. Lihat siapa saja orang-orang yang menyukai postingan tersebut
3. Follow semua orang yang menyukai postingan tersebut
4. Jika ada seseorang yang mengomentari postingan itu, silahkan Anda follow juga
5. Berikan "like" pada postingan komentar orang tersebut.

5 cara ini bisa Anda lakukan secara rutin setiap harinya. Karena dengan mengikuti kelima tahapan tadi akan mempercepat Anda mencari orang-orang yang tertarik dengan produk Anda. Karena Anda mencarinya dari kompetitor.

Namun, harap perhatikan!!

Jangan sampai Anda mengirim pesan kepada orang yang nampak sudah tertarik untuk membeli di kompetitor Anda, lalu menawarkan produk yang sama dengan harga yang dibuat lebih murah dengan tujuan merebut penjualan.

Ingat, itu bukan cara terpuji untuk mencari rejeki. Anda hanya perlu follow dan like komentar mereka saja, bukan untuk memotong interaksi.

Ketika Anda follow orang-orang yang menyukai produk serupa dengan yang Anda jual, harapannya mereka akan mendapatkan notifikasi di akun instagramnya bahwa Anda baru saja mengikuti akun mereka.

Sangat besar kemungkinannya, dia akan mengunjungi akun profile toko online Anda dan memeriksa postingan-postingan produk yang Anda jual. Jika dia tertarik, saat itulah Anda harus bersiap-siap menerima respon dari orang baru.

Penutup


Saya akan lanjutkan menulis pada artikel berikutnya untuk lebih jauh membahas hal teknis. Dalam pelaksanaannya, membahas teknis akan berkaitan dengan membahas tools (alat) yang akan membantu pekerjaan Anda melakukan marketing di Instagram.

Jadi....Saya akan membahas tentang aplikasi untuk jualan di Instagram

- Cara upload Foto Instagram dari PC/Komputer
- Aplikasi pengelola follower
- Pencari hastag populer

Baik, sekian dulu untuk artikel kali ini. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman, dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar Anda.

Sekarang Anda sudah mendapatkan grais besarnya, bagaimana cara berjualan di Instagram yang bisa diterapkan oleh pemula ataupun yang sudah lama berjualan namun ingin meningkatkan penjualan online melalui instagram. Saya harap ini bisa menjadi bahan untuk Anda melakukan pengembangan metode marketing instagram lebih jauh lagi.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger