[Terbukti] Begini Cara Mengatasi Unfortunately Instagram Has Stopped

Saya sempat dibuat jengkel dengan pemberitahuan "unfortunately instagram has stopped" yang sangat sering terjadi. Terlebih lagi error ini terjadi pada saat saya sedang menulis caption, sudah panjang kita tulis pas mau pencet posting malah muncul pemberitahuan instagram terhenti. Dan hilanglah tulisan caption saya, akhirnya harus menulis dari awal lagi karena jika sudah terjadi seperti itu mau tidak mau saya harus menutup aplikasi instagram.

Bahkan instagram saya juga sering error ketika akan melakukan edit caption. Entah kenapa sebabnya, ketika klik tombol edit selalu saja muncul "Unfortunately Instagram Has Stopped" ini.

Jika Anda juga mengalami hal yang sama, aplikasi instagram sering terhenti terus atau dengan kata lain instagram mengalami error, artikel di bawah ini mungkin akan menjadi solusi bagi Anda.

Sebelum mengetahui solusi mengatasi instagram tidak menanggapi seperti kasus saya diatas, sebaiknya kita mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. 

1. Terlalu banyak aplikasi


Sebetulnya tidak masalah kita menginstall banyak aplikasi, namun jika tidak didukung oleh kemampuan kapasitas smartphone kita, akhirnya akan sering mengalami masalah seperti yang saya alami. 

Coba periksa kembali aplikasi-aplikasi yang terinstall di smartphone Anda. Mulailah membuang aplikasi yang sekiranya tidak terlalu sering Anda gunakan.

2. Overheat


Smartphone yang panas, bisa juga menjadi salah satu kemungkinan penyebab instagram terus berhenti. Smartphone panas ini ada kaitannya karena terlalu banyak aplikasi seperti poin 1 diatas. Atau ada virus yang memaksa sistem berjalan secara invisible.

Akibatnya smartphone akan terus memproses aplikasi tersebut, dan kondisi ini yang membuat smartphone menjadi panas dan batre cepat terkuras.

3. RAM terlalu kecil


Smartphone yang memiliki RAM kecil akan berpengaruh terhadap kinerjanya. RAM itu sendiri adalah singkatan dari Random Access Memory. Yaitu memori yang bertugas membantu kinerja prosesor dalam menyimpan file-file yang sifatnya sementara.

Contohnya, saat kita melakukan multitasking seperti melakukan browsing , chatting atau streaming pada waktu bersamaan, maka history atau video yang pernah kita putar akan diproses dan tersimpan sementara di RAM. Jika RAM kecil maka semakin kecil juga daya tampung untuk memproses banyak aplikasi.

4. Terlalu banyak login akun Instagram


Anda mungkin sudah tahu bahwa instagram sekarang bisa login banyak akun meski hanya 1 aplikasi. Misalnya saja Anda memiliki akun khusus untuk pribadi dan juga akun jualan. Keduanya bisa login dalam satu aplikasi yang sama. Kita hanya perlu switch saja untuk mengganti akun mana yang ingin digunakan tanpa harus login logout.

Tapi, jika jumlah akun yang login terlalu banyak ini akan membuat data cache instagram membengkak, dan membuat boros pemakaian RAM smartphone.

Mengapa edit caption instagram sering error?

Dari sekian banyak percobaan saya untuk mencari solusi mengatasi instagram yang sering error, saya menemukan lagi masalah baru, mengapa saat saya hendak edit caption instagram selalu berhenti dan tertutup sendiri.

Penyebabnya kemungkinan ada 2, yaitu:

1. Caption terlalu panjang


Caption dengan banyak tulisan, lebih sering error ketika akan diedit daripada caption pendek. Kondisi ini sepertinya karena kinerja smartphone saya yang terlalu berat. Sehingga ketika saya melakukan edit post dengan caption panjang, membutuhkan lebih banyak RAM yang kosong.

2. Error setiap akan edit hastag


Saat kita mengetik hastag, instagram biasanya akan memunculkan pilihan rekomendasi hastag dari yang sering kita gunakan dan juga hastag yang populer sebagai saran untuk kita pilih. 

Pada kita mengetik hastag, kemudian smartphone loading untuk memunculkan rekomendasi hastag disinilah proses kerja RAM jadi berat. Tak jarang seringkali terjadi error tiba-tiba instagram menutup sendiri

Baca juga: Cara Menambah Follower Instagram untuk Jualan Online

Cara Mengatasi Instagram Terhenti atau Unfortunately Instagram Has Stopped


Cara mengatasi instagram seperti ini berlaku untuk semua merk, bisa samsung, oppo, vivo dan merk lainnya. Masalah instagram berhenti dengan sendirinya, mungkin dialami oleh banyak orang termasuk Anda.

Jika sekali saja Anda sudah mengalami instagram macet saat sedang digunakan, biasanya akan terus terjadi berulang-ulang. Jangan biarkan kondisi menjengkelkan ini.

Sekarang Anda bisa mengatasinya dengan beberapa tips mengatasi instagram error/terhenti yang saya lakukan berikut ini:

1. Kurangi jumlah akun yang login


Jika Anda termasuk orang yang memiliki banyak akun instagram, cobalah untuk logout beberapa akun dan gunakan hanya 1 atau dua akun saja yang standby dalam kondisi login. Ini untuk membantu mengurangi penggunaan RAM

2. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan


Masih dalam upaya mengurangi penggunaan RAM, dengan melakukan uninstall akan memberikan ruang kosong tambahan. Semakin besar ruang kosong RAM maka kinerja Smartphone akan semakin ringan.

3. Update aplikasi Instagram Anda ke versi terbaru


Lanjutkan dengan mengupdate aplikasi Instagram Anda dari playstore. Melakukan update berarti menerima pembaharuan perubahan fitur dan sistem dari pengembang aplikasi. Bisa saja, Instagram Anda sering terhenti sendiri karena ketidak sesuaian fitur lama yang sudah tidak sesuai.

3. Clear cache dan clear data


- Masuk ke pengaturan, dan pilih opsi Application Manager.

Pada application Manager ini Anda akan melihat semua aplikasi yang telah terinstall di smarthone

- Pilih aplikasi Instagram

- Ketuk tombol Clear data untuk menghapus data aplikasi yang tersimpan di perangkat anda

- Ketuk tombol Clear cache untuk menghapus cache yang tersimpan di ponsel anda

Clear data ini bertujuan untuk menghapus data yang tersimpan di smartphone. Jadi pada saat Anda membuka instagram setelah "clear data" diharuskan login kembali.

Jika langkah 1, 2 dan 3 sudah Anda lakukan tapi masih sering terjadi instagram terhenti dengan sendirinya, cara terakhir lanjutkan ke langkah ke 4.

4. Install ulang aplikasi


Ini adalah jurus terakhir, kemungkinan ada yang salah dengan sistem Instagram yang terinstall pada smartphone Anda. Tidak ada salahnya untuk mencoba uninstall terlebih dahulu, kemudian install ulang. Anda bisa melakukan ini dari playstore atau dari aplikasi manajer di pengaturan.

Jika semua cara yang saya tuliskan diatas sudah dicoba seharusnya Instagram Anda sudah kembali normal dan tidak lagi muncul pemberitahuan "Unfortunately Instagram Has Stopped"

Kesimpulan


Mungkin saja ada beberapa smartphone yang tidak sejalan dengan tips yang saya berikan diatas. Namun pada dasarnya secara prinsip sama saja. Dari beberapa point yang saya tulis tadi sebaiknya Anda lakukan analisa dan pelajari bagaimana penerapannya di smartphone Anda.

Selamat mencoba, jika berhasil jangan lupa untuk memberitahu kepada saya melalui kolom komentar. Atau jika Anda memiliki solusi lain yang perlu diketahui oleh semua pembaca artikel ini, silahkan juga untuk berkomentar.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger