Cara Sukses Bisnis Online di Instagram Ini Bisa Anda Ikuti dengan Mudah

Sekilas Sejarah Instagram


Mungkin tidak banyak yang mengetahui secara pasti sejarah Instagram. Instagram adalah salah satu platform media sosial yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Instagram saat ini telah diakuisisi oleh Facebook, Inc. Pada awalnya dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, dan diluncurkan pada bulan Oktober 2010 secara eksklusif di iOS.

Versi untuk perangkat Android dirilis dua tahun kemudian, pada bulan April 2012, diikuti oleh antarmuka situs web fitur-terbatas pada bulan November 2012, dan aplikasi untuk Windows 10 Mobile dan Windows 10 pada bulan April 2016 dan Oktober 2016.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto dan video ke dunia maya, yang dapat diedit dengan berbagai filter, dan diatur dengan tag dan informasi lokasi. Pos akun dapat dibagikan secara publik atau dengan pengikut yang disetujui sebelumnya

Pengguna dapat menjelajahi konten pengguna lain berdasarkan tag dan lokasi, dan melihat konten yang sedang tren. Pengguna dapat "menyukai" foto, dan mengikuti pengguna lain untuk menambahkan konten mereka ke umpan.

Mengapa Bisnis Online di Instagram?


Setelah diluncurkan pada tahun 2010, Instagram mendapatkan respon sangat cepat dari netizen di seluruh dunia. Dengan pertumbuhan kurang lebih satu juta pengguna telah terdaftar hanya dalam dua bulan sejak aplikasi launching, 10 juta dalam setahun, dan akhirnya 800 juta tercatat pada September 2017 yang lalu. Berarti tahun 2018 mungkin sudah mencapai 1 miliar pengguna di seluruh dunia.


sumber gambar: statista.com

Dari banyaknya pengguna di instagram, ini memberikan peluang untuk Anda menjalankan bisnis online di Instagram. Di Indonesia saja jumlah pengguna di Instagram total perbulan mencapai 53 juta dengan pembagian presentase 49 persen wanita dan 51 persen adalah pria. Jumlah yang sangat potensial dijadikan media marketing.

Sangat wajar jika banyak orang yang mendulang sukses bisnis yang dimulai dari instagram. Anda bisa menjual produk dan menawarkan jasa sesuai dengan apa yang Anda kuasai. Mempublikasikan produk dan jasa Anda di instagram akan menjadi salah satu penyebab ngocornya keran penjualan.

Setiap bulan, sekitar 75% Pakar Belanja dan 70% Penggemar Fashion beralih ke Instagram. Sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa mereka menggunakan platform ini untuk menemukan produk atau layanan baru, untuk berinteraksi dengan pakar industri, dan menjelajahi konten atau foto produk/merek yang menginspirasi.

Langkah Jitu Memulai Bisnis Online di Instagram


Sebelum memulai menggunakan instagram sebagai media pemasaran di dunia maya, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah apa yang akan Anda jual kepada orang-orang pengguna instagram.

Anda bisa memilih jasa atau produk yang dibutuhkan oleh banyak orang. Kemudian pastikan produk/jasa yang akan Anda jual itu ada peminatnya di instagram. Pahami terlebih dahulu behavior (kebiasan) pengguna instagram, berapa rata-rata usia mereka yang menggunakan instagram.

Ini konsep dasar yang harus sudah Anda tentukan. Jangan sampai menjual produk atau jasa dengan pangsa pasar orang tua namun Anda memasarkannya di Instagram. Karena mungkin tidak banyak orang-orang berusia diatas 45 tahun yang memiliki akun profile instagram.

Pemikiran saya ini bukan sekedar tebak-tebakan belaka. Sudah ada lembaga survey yang melakukan penelitian untuk mengetahui demografi pengguna instagram. Termasuk behavior penggunanya, yang bisa Anda lihat dan pelajari dari gambar di bawah ini


sumber: siteadwiki
Mungkin pada tahapan pertama ini tidak banyak orang yang benar-benar meluangkan waktunya untuk membuat riset sederhana. Sehingga sangat rentan mendapatkan kendala di tahap selanjutnya. Dan seringkali kebanyakan akhirnya menyalahkan produknya, atau membuat kesimpulan salah bahwasanya instagram bukan market potensial untuk jualan online. Padahal bisa jadi, kesalahan ada pada langkah awal Anda.

Prinsip Kerja Bisnis Online di Instagram


Bagi pebisnis online, instagram adalah media marketing. Pahami ini sebagai acuan Anda bekerja untuk optimasi akun jualan Anda di instagram. Anda tidak akan bertemu dengan calon pembeli jika tidak melakukan proses marketing di Instagram.

Jangan berfikir hanya dengan upload foto produk lantas kemudian banyak orang berdatangan untuk membeli produk/ jasa yang Anda tawarkan. Instagram akan menjadi jembatan pertemuan Anda dan calon pembeli jika proses marketing yang dilakukan efektif dan akurat.

Lalu bagaimana cara menggunakan instagram sebagai media marketing yang benar?

Saya akan jelaskan itu pada paragraf berikutnya. Pastinya, sekarang Anda sudah mengerti bahwa ada kiat-kiat yang harus dilakukan agar proses marketing di instagram berjalan sesuai dengan keinginan. Ingat, sebagai pebisnis haruslah fokus terhadap penjualan. Jangan sampai Anda menjadi gagal fokus dan terjebak, hanya mengumpulkan follower dan like yang tidak terkonversi menjadi penjualan.

Sebaiknya Anda mengetahui wawasan yang diberikan oleh instagram. Terutama Anda yang sudah siap untuk melakukan iklan berbayar. Ada banyak insight yang bisa dipelajari untuk mendukung kesuksesan Anda melakukan optimasi marketing di Instagram, silahkan pelajari "Studi Kasus Iklan Instagram"

52% Penggemar Fashion menganggap dirinya sebagai pelanggan setia, sedangkan 42% memiliki kartu anggota setia untuk toko tersebut.
Iklan berbayar di instagram sangat mudah dilakukan. Asalkan Anda mau sedikit berusaha mencari sumber-sumber di internet yang memberitahukan caranya kepada Anda. 

Iklan berbayar akan muncul di beranda seseorang dengan tanda "sponsored" seperti pada gambar berikut ini.




Simak 5 Strategi Promosi Bisnis Online di Instagram Berikut Ini


Isi Profile dengan Jelas

Tentu Anda sudah tahu, pada bagian profile terdiri dari username, name, bio, web dan alamat.

Username haruslah nama yang unik dan merepresentasikan bisnis Anda, tidak bisa Anda memilih nama username instagram @onino99, karena itu sudah digunakan oleh saya. Hehe

Pastikan Anda menuliskan keterangan di bio seputar produk dan layanan yang Anda tawarkan. Dalam bio instagram Anda bisa mencanmtukan alamat lengkap toko atau gudang Anda.

Lalu menuliskan juga URL website atau link URL Anda di marketplace pada kolom web yang disediakan instagram.

Cantumkan juga nomor kontak admin atau customer service. Agar memudahkan orang-orang yang ingin menghubungi Anda.

Ini adalah informasi dasar mengenai produk dan juga data toko online Anda sebagai penjual. Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk membeli atau tidak setelah melihat data profile instagram.

Semakin jelas data yang Anda berikan, semakin tinggi tingkat kepercayaan orang-orang yang akan bertransaksi dengan Anda. Perlu Anda maklumi, bahwa masih banyak orang yang belum percaya begitu saja dengan belanja online. Apalagi belanja online nya secara langsung melalui instagram tidak melalui pihak ketiga yang menjamin keamanan transaksi.

Tingkatkan Awareness


Meningkatkan awareness bisnis di Instagram dapat Anda lakukan salah satunya dengan memulai endorse beberapa selebgram yang mewakili brand atau produk Anda.

Selebgram, mereka adalah buzzer yang memiliki follower loyal. Anda bisa menghubungi salah satunya untuk meminta bantuan mereka mempromosikan produk yang Anda jual. Tentu saja bantuan ini tidak gratis.

Anda harus mengeluarkan nominal sekian rupiah, dan tak jarang harus memberikan produk juga kepada mereka.

Mengenai cara endorse yang baik seperti apa, akan saya ulas pada tulisan selanjutnya. Pastikan Anda mengunjungi blog ini di kemudian hari.


Follow dahulu di-FollowBack Kemudian


Jika brand produk atau diri Anda belum populer, sangat kecil kemungkinan seseorang tiba-tiba mencari nama brand atau toko online Anda di instagram. Kecuali Anda memiliki budget yang besar untuk beriklan di televisi. Bisa jadi, orang-orang mengenal nama brand produk/toko Anda dari TV kemudian mencarinya di instagram.

Jika brand Anda belum terkenal, sudah sepatutnya Anda harus mau memulai lebih dulu menyapa orang-orang di Instagram. Caranya adalah dengan melakukan follow terlebih dahulu, dari situ Anda bisa berharap mereka melakukan follow back.

Dari 10 orang yang Anda follow memang sangat jarang semuanya melakukan followback. Namun setidaknya ada 2 atau 4orang yang follow back, itu sudah bisa dibilang lumayan.

Orang-orang akan followback jika tertarik dengan akun isntagram Anda. Tidak perlu kecewa jika mereka tidak follow back. Karena meskipun mereka tidak followback, hampir bisa dikatakan 85% dari mereka mengunjungi profile Anda, hanya sekedar melihat saja. Aktivitas marketing Anda setidaknya mendatangkan trafik.

Cara ini sudah pernah saya tuliskan pada ebook Instagram yang sempat saya bagikan gratis di postingan Download Ebook Cara Tercepat Meledakkan Omset Jualan di Instagram

Bangun interaksi


Instagram bisa diibaratkan sebagai kolam pemancingan. Ada banyak ikan didalamnya, dengan jenis yang berbeda-beda. Tentu saja Anda harus melakukan satu upaya untuk mendapatkannya, bisa dengan kail atau dengan jala.

Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan interaksi dengan mereka. Setelah Anda follow, Anda bisa mengomentari salah satu foto terbarunya. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan notifikasi dari akun instagram Anda.

Mereka akan mengunjungi profile instagram Anda, untuk menjawab pertanyaan yang muncul di benaknya "Ini siapa sih yang follow, coba lihat profile nya ah..."

Apalahi jika komentar yang Anda berikan bernada pujian yang berkaitan dengan postingan instagram mereka.

Perbanyak Leads


Dari sekian banyak orang yang Anda follow dan beri komentar, beberapa dari mereka jika tertarik dengan produk Anda akan melihat-lihat koleksi yang Anda miliki. Lalu kemudian mereka akan menghubungi Anda entah melalui DM atau melalui chat Whatsapp yang sudah Anda berikan informasinya di profile atau pada bagian caption setiap foto produk.

Orang yang sudah menghubungi Anda, kemudian dari situ Anda bisa melakukan follow up kepada mereka maka sampai sini proses leads sudah terjadi.

Anda memiliki kontak mereka, entah berupa nomor Hp atau mereka menjadi follower akun jualan Anda di instagram.

Semakin banyak leads maka akan semakin mudah melakukan promosi jika ada item produk yang baru Anda release. Dengan begitu semakin besar juga terjadinya repeat order.

Ingat ini....

Banyaknya follower instagram tidak menjamin akan banyak juga penjualan. Ada faktor-faktor lain diluar optimasi marketing di Instagram yang menjadi penentu seseorang memutuskan untuk membeli. Bisa karena promosi diskon yang Anda tawarkan, atau karena kondisi keuangan mereka yang tidak siap untuk membeli.

Bagaimana Mengembangkan Bisnis Online di Instagram


Memantau perkembangan grafik penjualan harus Anda lakukan setiap hari. Lalu membuat kesimpulan setiap akhir pekan, hingga membuat evaluasi perubahan strategi dari kumpulan kesimpulan tersebut dalam satu bulan kinerja.

Bisnis yang baik adalah yang terus mengalami perkembangan, meskipun hanya sedikit. Tak mengapa itu artinya bisnis Anda sehat. Dan harus waspada ketika terjadi stagnan atau bahkan penurunan penjualan.

Pahami follower instagram Anda dengan fitur insight (wawasan). Fitur ini memungkinkan Anda mengetahui secara pasti siapa orang-orang yang mengikuti akun jualan Anda di instagram. Silahkan baca tulisan ini untuk lebih jelasnya "Menggunakan Instagram Insight untuk Analisa Marketing Anda"

Kesimpulan


Baca juga: Jualan di Instagram Makin Joss dengan Tools Marketing Ini
Sekali lagi saya ingatkan..bahwa instagram adalah media marketing, Anda jangan terlalu sibuk mengurusi instagram sementara lupa mengurusi bisnisnya.

Memastikan produk Anda tetap terjaga dengan baik dengan kuantiti yang dapat memenuhi permintaan yang datang sama pentingnya dengan proses marketing untuk mendatangkan penjualan dari instagram.

Pada artikel selanjutnya saya telah menuliskan "Cara Promosi untuk Menambah Follower Instagram"

Pantau terus blog ini, dan jangan berhenti untuk terus belajar. Karena media sosial pun akan terus berkembang. Dan pastikan Anda dapat mengikuti perkembangan tersebut dengan baik demi kelangsungan bisnis online Anda.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger