Sebelum Membuat Website Bisnis, Sebaiknya Perhatikan 3 Hal PENTING Ini

cara membuat website sendiri

Tidak sedikit orang yang masih belum benar-benar memahami hal apa saja yang harus difikirkan sebelum membuat website. Kebanyakan mereka berfikir dengan membuat web akan meningkatkan penjualan dan melejitkan omset bisnisnya. Memang betul, tapi kita harus mengetahui lebih spesifik lagi bagaimana peran website dalam peningkatan bisnis.

Karena website adalah salah satu tools marketing, maka namanya tools (alat) manfaatnya sangat bergantung kepada cara kita menggunakannya. Dan cara pengunaan website sangat dipengaruhi oleh pemahaman kita terhadap fungsi website itu sendiri.

Untuk itu, sebaiknya tidak terburu-buru membuat website jika belum mengetahui 3 hal yang akan dibahas dalam artikel ini. Terlebih lagi jika kita membuat website menggunakan jasa pihak ke-3. Sebaiknya kita memberikan arahan yang jelas kepada developer web tentang point-point penting yang harus tercantum dalam konten website, dan juga indikator apa saja yang harus dicapai dari adanya website terhadap kemajuan bisnis kita. Agar lebih jelas, mari kita mulai membahasnya satu persatu.

1. Tentukan Tujuan (goal)


Bagus atau tidaknya website bukan saja ditentukan dari desain tampilannya. Kita harus benar-benar mengetahui secara pasti indikator apa saja yang harus dicapai agar website kita optimal. Apakah website tersebut akan kita gunakan untuk penjualan langsung? Atau sekedar alat untuk mempermudah branding meningkatkan awareness orang banyak tentang perusahaan atau brand kita saja.

Tidak semua produk atau jasa bisa dijual secara online. Namun bukan berarti produk offline tidak memerlukan sebuah website. Contohnya Anda jualan makanan cepat saji, tentu saja sangat kecil kemungkinannya bisa melayani pembeli yang berada di luar pulau. Karena produk Anda tidak tahan lama jika harus melalui proses pengiriman berhari-hari kepada konsumen.

Meskipun tidak semua jasa atau produk bisa dijual online, namun proses marketing pasti bisa dilakukan secara online, apapun produk dan jasa yang kita tawarkan. Selagi calon pembeli kita memegang smartphone, bisa terhubung dengan internet kapanpun melalui media sosial maka proses brand awareness bisa dilakukan melalui website.

Kita bisa memperkenalkan kepada orang-orang yang berada disekitar kota tempat kita tinggal dengan website. Kini peran flyer/spanduk bisa digantikan oleh banner digital yang terpajang di website kita.

Jadi, point pertama tentukan terlebih dahulu apakah website yang akan kita buat untuk branding atau untuk selling. Jika untuk selling pastikan website kita bisa melayani transaksi secara real time. Pastinya website kita harus dilengkapi fitur add to cart untuk proses pemesanan, kalkulasi ongkos kirim dan juga mengirim invoice melalui email.

2. Faktor Teknis


Domain dan Hosting


Domain ibarat alamat toko Anda. Memilih nama domain yang sesuai dengan bisnis kita adalah tindakan penting yang harus diperhatikan sebelum membuat website. Kita bisa memilih nama domain dengan nama brand produk/perusahaan atau dengan kalimat lain yang mudah diingat. Nama domain haruslah unik, kita tidak bisa membeli domain dengan nama yang sudah digunakan oleh orang lain.

Sedangkan hosting adalah tempat kita menyimpan data-data sebagai isi dalam website kita nanti. Memilih web hosting yang tangguh dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan adalah kunci utama sebuah website bisa berjalan dengan baik. Ada banyak jasa sewa hosting dalam negeri, namun kita harus memilih mana yang paling baik agar kedepannya website kita tidak banyak mengalami kendala teknis.

Salah satu penyedia layanan hosting dan domain adalah niagahoster.co.id. Layanan web hosting murah Indonesia IIX yang cepat, Mudah disertai bantuan teknis terbaik di Indonesia yang dipercaya oleh ribuan developer. Dengan Harga Termurah di kelasnya.

Template desain


Domain ibarat alamat, hosting ibarat tanah, dan desain template ibarat bangunan tokonya. Memilih template tidak bisa dikatakan mudah, karena ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Kita bisa menemukan banyak penjual desain berdasarkan platform website kita.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih template adalah kecepatan loading. Karena semakin cepat website terbuka itu artinya semakin mempermudah orang yang berkunjung ke website kita. Tapi jika proses loadingnya lama, akan membuat pengunjung tidak betah dan kemungkinan besar segera meninggalkan website kita.

Saya sudah membuktikannya sendiri, pernah membuat website namun menggunakan template yang sangat berat, ketika diakses membutuhkan waktu lama. Walhasil sangat berdampak buruk terhadap performa website. Dan sudah bisa ditebak, tentunya dampak terhadap bisnis pun sangat tidak memuaskan.

Hal lainnya yang harus diperhatikan dalam memilih template adalah mobile friendly. Saat ini pengguna internet mobile (Hp/smartphone) lebih banyak daripada desktop. Layar Hp dan monitor laptop jelas berbeda. Untuk itu, pilihlah desain template yang mobile responsive. Bisa diakses menggunakan laptop maupun Hp (smartphone).

Baca juga: Cara Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik dan Terpercaya

Konten


Konten adalah isi yang termuat di dalam website. Menentukan konten harus sesuai dengan KPI yang sudah kita bahas di point pertama pembahasan aritkel ini. Satu hal yang harus diingat, bahwa orang lain mengunjungi website karena membutuhkan informasi yang sedang mereka cari. Semakin banyak informasi yang terkandung di website kita semakin kuat potensi website kita ramai dengan pengunjung.

Baca juga: Tips Memilih Theme Toko Online Wordpress Terbaik

Ketahuilah, orang lain sama sekali tidak peduli dengan konten apa yang kita tawarkan, karena mereka hanya peduli dengan apa yang bisa mereka dapatkan dari konten website Anda. Itulah sebabnya dalam membuat konten website, posisikan diri kita sebagai pembaca. Dan pastikan konten kita memenuhi apa yang mereka inginkan.

3. Strategi marketing


Trafik


Trafik adalah lalu lintas pengunjung di website kita. Jika tujuan utama kita membangun website untuk branding maka semakin banyak pengunjung itu semakin baik. Karena itu berarti semakin luas produk kita diketahui oleh orang-orang. Kita bisa memasang banner yang bertuliskan nama brand kita, atau dengan mencantumkan alamat toko kita untuk menarik orang untuk datang berkunjung.

Namun jika tujuan website kita untuk menunjang penjualan, maka banyak pengunjung saja tidaklah cukup. Kita perlu mengkonversi pengunjung menjadi pembeli. Karena tidak semua orang yang mengunjungi website melakukan transaksi pembelian produk atau jasa kita.

Sumber traffik bisa berasal dari mesin pencari atau dari media sosial. Kita bisa memperlajari Teknik SEO untuk menempatkan website kita pada hasil pencarian teratas di mesin pencari seperti google atau bing. Proses SEO bisa dilakukan sendiri, namun dengan proses yang Panjang, tidak bisa instant. Karena kita harus memperhatikan algoritma setiap mesin pencari.

Selain SEO, kita bisa mendapatkan sumber traffik dari beriklan. Iklan bisa dilakukan di media sosial seperti facebook ads atau langsung di mesin pencari (google adwords). Dalam beriklan, bukan saja sekedar uang yang harus kita miliki, tapi juga kemampuan kita merunning iklan yang sesuai dengan target market produk kita.

Sales funnel


Disinilah pentingnya memperhatikan sales funnel. Saya sudah pernah menuliskan secara khusus mengenai pembahasan sales funnel ini pada artikel yang berjudul "Orderan Toko Online Sepi? Cek Kembali Strategi Sales Funnel Anda"

Sales funnel akan mengarahkan orang lain dari sekedar berkunjung menjadi pembeli. Proses atau jalan menuju closing inilah yang dimaksud dengan tahapan sales funnel. Semakin pendek tahapannya maka semakin baik strategi sales funnelnya. Kemampuan copywriting yang mumpuni juga menjadi ujung tombak dalam proses konversi pengunjung menjadi pembeli.

Dari 3 point utama diatas, apakah Anda sudah mempersiapkannya?

Pastikan website yang kita buat benar-benar memberikan dampak positif terhadap bisnis kita. Jangan sampai kita hanya fokus memperhatikan tampilan website atau karena tergiur jasa pembuatan website murah tapi tidak memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan bisnis kita.

Jika dari ketiga hal diatas sudah Anda persiapkan, silahkan bisa dimulai untuk membuat website. Boleh menggunakan jasa pihak ketiga atau membuatnya sendiri dengan bantuan video tutorial mudah membuat website yang bisa Anda dapatkan sebagai bonus jika membeli paket stasiundropship.com

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger