Cara Jitu Sukses Berjualan di Marketplace Lokal Beserta Keuntungan dan Kelemahannya

Di jaman internet saat ini, siapa yang tidak kenal dengan istilah marketplace. Saat ini ada beberapa marketplace lokal yang popularitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi seperti tokopedia bukalapak dan shopee. Marketplace adalah suatu platform yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam satu tempat yang dikelola oleh pengurus. Dalam hal ini pengurus adalah pihak penyedia layanan yang berperan sebagai perantara transaksi. Sehingga pembeli merasa aman dan nyaman tidak perlu khawatir dengan penipuan.

Berjualan di marketplace memang tidak memerlukan biaya. Kecuali anda ingin mendapatkan fitur premium yang disediakan oleh pengelola. Karena begitu mudahnya membuka toko online di marketplace maka banyak sekali penjual online yang memanfaatkan marketplace untuk berjualan.

Ada beberapa keuntungan yang layak menjadi pertimbangan anda jika saat ini belum menggunakan marketplace untuk berjualan.

strategi sukses jualan di marketplace


Berikut ini adalah keuntungan jualan di marketplace


Traffik

Traffic adalah jumlah pengunjung yang setiap hari mengunjungi marketplace. Artinya ketika anda membuka toko di marketplace besar kemungkinannya toko anda akan dilihat oleh banyak orang yang mengunjungi marketplace tersebut setiap harinya. Anda tidak perlu membuat website sendiri kemudian mengoptimasi website anda untuk mendapatkan banyak traffic karena di marketplace pengelola sudah melakukannya.

Rata rata traffic Marketplace besar di Indonesia dalam sebulan menerima traffik di atas 100 juta orang. (sumber data : similliar web)

Mendapatkan kunjungan traffic yang banyak tentu tidaklah mudah untuk dilakukan. Inilah mengapa berjualan di marketplace memberi keuntungan kepada anda salah satunya untuk menghemat biaya optimasi website mendatangkan banyak traffic. Karena jika anda membuat website sendiri membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan banyak traffic dalam satu hari.

Dan bukan hanya jumlah traffic yang banyak, orang yang mengunjungi marketplace adalah tipe pengunjung yang tertarget, artinya mereka orang-orang yang memang sudah punya keinginan untuk membeli produk anda. Dengan kata lain pengunjung di marketplace memiliki tingkat konversi yang tinggi. Berarti juga, tingkat terjadinya transaksi penjualan di toko online Anda meningkat juga.

Sistem

Keuntungan yang kedua, jika kita berjualan di marketplace adalah adanya sistem penjualan yang sudah terintegrasi dengan ongkos kirim sehingga anda bisa melayani seluruh pembeli di indonesia berdasarkan tarif ongkos kirim yang sesuai.

Bayangkan, jika anda membuat website sendiri anda harus melakukan setting ongkos kirim dari kota anda ke seluruh kota di indonesia. Belum lagi dengan banyaknya pilihan jasa ekspedisi yang harus anda cantumkan agar calon pembeli pembeli memiliki banyak pilihan untuk menggunakan jasa ekspedisi yang terbaik menurut mereka.

Di dalam sistem marketplace semuanya sudah tersedia, anda betul-betul diberikan kemudahan untuk berjualan di sana. Sehingga selaku penjual bisa tetap fokus terhadap peningkatan kualitas produk dan juga peningkatan pelayanan anda.

Hal yang harus dipersiapkan sebelum jualan di marketplace


Sebelum anda memulai membuka toko di marketplace ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan juga dipersiapkan dengan baik.


Foto produk

Pastikan Anda sudah memiliki foto produk untuk setiap item yang akan anda jual. Foto produk yang baik adalah yang menampilkan foto dari berbagai sisi untuk setiap produknya. Tidak lupa juga untuk menampilkan foto yang berkualitas tinggi, dan pastikan fotonya tidak ada blur.

Menurut pengalaman saya, saat melakukan transaksi jual beli online foto produk memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap konversi penjualan. Hal ini disebabkan karena antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung maka keberadaan foto menjadi media yang bisa mempresentasikan produk secara lebih nyata

Deskripsi produk detail

Setelah foto hal penting lainnya yang juga tidak bisa kita abaikan adalah penulisan deskripsi produk. Semakin lengkap anda menjelaskan mengenai produk yang anda jual akan semakin memperkuat terjadinya penjualan. Hal-hal utama yang harus ada pada deskripsi produk yang anda jual di marketplace adalah :

  1. Bahan
  2. Ukuran
  3. Berat 
  4. Varian/pilihan warna
Fungsi adanya deskripsi adalah memberikan penjelasan terhadap foto produk. Jadi tidak cukup hanya dengan foto saja, kita harus mempertajam lagi dengan beberapa kalimat untuk mempresentasikan apa yang kita jual.

Cara upload

Di marketplace setiap penjual diperbolehkan untuk mengupload produknya sendiri tentu saja ini akan berkaitan dengan hal-hal teknis yang sudah harus anda kuasai. Jika anda sudah memiliki pengalaman jualan di salah satu markas les maka pada prinsipnya untuk upload produk tidak akan jauh berbeda di markas lainnya

Tapi jika anda adalah orang yang pertama kali membuka toko online di marketplace tidak perlu khawatir, karena ada tutorial yang disediakan oleh pihak pengelola. Biasanya tutorial ini ada di bagian menu help atau bantuan.

Rekening bank

Anda harus memiliki setidaknya 1 rekening bank fungsi dari rekening ini adalah untuk menerima uang hasil transaksi penjualan anda. Uang akan ditransfer ke rekening si penjual setelah proses transaksi jual beli selesai. Jadi, anda harus mengirim barangnya terlebih dahulu barulah setelah barang diterima maka anda bisa menunggu pencairan uangnya. Jadi disinilah bedanya berjualan di marketplace, anda tidak bisa langsung menerima uang ketika terjadi transaksi.

Baca juga: Peluang Membesarkan Bisnis Online di Bukalapak

Kelemahan jualan di marketplace


Ketika kita berjualan di marketplace, selain keuntungan-keuntungan yang tadi sudah dibahas ternyata ada juga kelemahannya. Kelemahan-kelemahan ini memang bagi sebagian orang sangat terasa membatasi. Tapi apabila kita sudah terbiasa menyesuaikan cara berjualan online kita dengan peraturan yang ada di marketplcae maka hal hal tersebut bisa diminimalisir

Terikat aturan

Kelemahan pertama adalah kita sebagai penjual harus tunduk terhadap aturan aturan yang diberlakukan oleh pihak marketing seperti tidak boleh menjual produk kw harus menginput nomor resi dengan batas waktu tertentu

Aturan-aturan yang dibuat oleh pengelola marketplace sebetulnya tidak bertujuan untuk membatasi tapi bertujuan untuk memberikan kenyamanan berbelanja kepada pembeli.

Apabila kita melanggar aturan yang telah ditentukan maka akan mendapatkan hukuman. Jenis hukuman yang diberlakukan tergantung dari ringan atau beratnya pelanggaran yang Anda lakukan. Untuk hukuman yang paling berat adalah akun jualan anda akan dinonaktifkan.

Maka sangatlah penting bagi anda yang saat ini memiliki keinginan membuka toko online di marketplace untuk mengetahui peraturan peraturan yang berlaku jangan sampai di kemudian hari anda akan mengalami kerugian sendiri akibat melanggar peraturan yang sebetulnya bisa anda hindari

Banyak pesaing

Kelemahan yang kedua jika anda berjualan di marketplace adalah tingginya tingkat persaingan yang terjadi. Marketplace sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli rupanya bukan hanya calon pembeli saja yang berada di sana tapi juga para penjual. Dan mungkin saja beberapa diantara penjual ada yang menjual produk yang sama dengan anda.

Ketika hal ini terjadi maka potensi terjadinya perang harga sangat besar kemungkinannya. Pada akhirnya calon pembeli pun akan lari ke orang yang menjual produk serupa dengan anda namun dengan harga yang jauh lebih murah.

Persaingan dalam bisnis bukanlah suatu hal yang aneh itu sudah menjadi hukum alam yang pasti akan terjadi. Siapa saja penjual yang bisa beradaptasi dan menyesuaikan dengan kondisi pasar maka dialah penjual yang akan bertahan lebih lama. Sebaliknya, jika anda tidak memiliki daya inovasi yang tinggi dan minim akan kreativitas bisa jadi anda yang akan tersingkir dari medan perang.

Cara Jitu Sukses Jualan di Marketplace


Dari pemaparan keuntungan dan kekurangan jualan di marketplace yang sudah anda baca diatas, bagaimana.. apakah anda tertarik untuk mencobanya atau anda memiliki alternatif lain? yang pasti saya hanya bisa menyimpulkan jika berjualan di marketplace masih memberikan peluang yang sangat besar dan tentu saja peluang ini berlaku jika anda mengetahui teknik dan strateginya.

Untuk kelemahannya, sebetulnya bisa diminimalisir dengan menerapkan beberapa strategi jitu yang tentunya tidak diketahui oleh banyak orang.

Kalau boleh saya memberikan rekomendasi kepada anda yang ingin menikmati sukses berjualan di marketplace laris manis dengan cara mudah dan sudah teruji, silakan anda mengikuti akademi marketplace melalui link di bawah ini.

Akademi marketplace adalah program edukasi yang didesain untuk Anda mahir berjualan di marketplace. Mungkin selama ini Anda sudah pernah mencoba jualan sendiri di marketplace tapi hasilnya masih belum memuaskan? Bisa jadi ada yang salah dari metode Anda.

Satu hal yang harus disadari. Untuk Anda bisa sukses jualan itu memang ada banyak cara, tapi untuk sukses jualan lebih cepat hanya ada satu cara saja. Caranya yaitu belajar langsung kepada ahlinya.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger