4 Kebutuhan Konsumen Toko Online

Ada banyak tips mengenai pelayanan terhadap konsumen toko online. Setelah sebelumnya dibahas mengenai 5 kata penting untuk mencuri hati konsumen, kali ini kita akan bahas kebutuhan konsumen yang harus dipenuhi oleh Anda selaku penjual online.

Anda menginginkan konsumen setia?

Anda juga menginginkan penjualan semakin meningkat?

Perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya kebutuhan konsumen bukan semata mendapatkan barang murah berkualitas dari toko online Anda. Kebanyakan penjual online hanya memikirkan bagaimana caranya menjual dengan harga murah, atau bagaimana mendapatkan produk yang berkualitas.

Saya pernah melakukan eksperimen bagaimana cara saya bisa menjual satu sepatu dengan harga 700rb, padahal harga normal sepatu tersebut berkisar 250rb. Keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 300%. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa lihat postingan Facebook saya berikut ini (jangan lupa like)





Padahal ada hal-hal lain yang dibutuhkan oleh konsumen. Apa saja? Yuk simak pemaparan selengkapnya. Inilah 4 kebutuhan konsumen toko online yang harus Anda penuhi sebagai penjual.


1. Pengakuan


Pengakuan atas eksistensi diri sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus diperoleh oleh tiap manusia. Hal ini juga berlaku dalam hal jual beli online. Antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung, oleh sebab itu perlu adanya sedikit upaya bagi seorang penjual untuk menyapa, menyambut dan mengakui calon customer yang akan membeli produk dari Anda sebagai bentuk penghargaan atas keberadaan mereka.

Sekedar ucapan biasa seperti "Ada yang bisa kami bantu?" atau menanyakan terlebih dahulu nama si calon customer sebelum chat panjang lebar mengenai transaksi jual beli. Kemudian setelah Anda mengetahui namanya, sebutlah sesekai namanya dalam obrolan melalui email, chat atau sms. Bayangkan saja Anda sedang berbicara bertatap muka dengan calon customer tersebut.

2. Pelayanan


Pelayanan menjadi faktor kedua yang harus diperhatikan oleh penjual online. Jika Anda dan calon customer bertemu langsung, senyum bisa menjadi pelayanan pertama yang bisa dilakukan kepada calon customer. Namun berbeda halnya dengan transaksi jual beli online. Bahasa tubuh, ekspresi dan mimik muka Anda selaku penjual tidak bisa dilihat langsung oleh pembeli.

Pelayanan terhadap informasi yang mereka butuhkan bisa menjadi sebagai penggantinya. Cobalah memberikan informasi atas apa yang mereka tanyakan. Misalnya deskripsi produk, cara pemesanan dan pembayaran, atau memberitahu estimasi waktu barang diterima oleh calon customer.

3. Kualitas Produk


Dalam jual beli online, penilaian final seorang pembeli atas produk toko online Anda akan terlihat setelah mereka menerima produk. Mereka akan menilai kualitas produk yang dibelinya secara langsung. Jika ternyata sesuai dengan ekspektasi mereka, maka seorang pembeli akan merasa puas berbelanja di toko online Anda.

Cobalah untuk konfirmasi kepada pembeli setelah mereka menerima produk. Tanyakan apakah mereka puas dengan produknya? jika tidak, tanyakan apa yang membuatnya merasa tidak puas. Catatlah point-pointnya untuk perbaikan selanjutnya.

4. Harga Murah


Siapa yang tidak tergiur dengan penawaran harga murah? Memberikan bandrol dibawah harga rata-rata akan mendapatkan banyak respon dari calon customer. Upayakan untuk mendapatkan harga pokok produk yang rendah agar Anda bisa bersaing dalam menentukan harga jual.

Usahakan juga untuk menekan harga namun tidak sampai mengurangi kualitas produk. Karena untuk apa menjual produk harga murah namun ternyata kualitas mengecewakan. Ini akan memberikan dampak jangka panjang terhadap penurunan penjualan dikemudian hari.

Baca juga: Panduan Jago Toko Online 2018

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger