Contek Ini! Kata Kata Menarik untuk Mengajak Umroh

Masih suka bingung membuat tulisan promosi mengajak umroh?

Tenang, Anda bukan satu-satunya. Dalam keseharian saya sebagai konsultan digital marketing, terutama untuk segmentasi travel umroh saya sering menerima pertanyaan dari calon klien mengenai cara promosi umroh melalui internet dan juga perihal copywriting yang efektif untuk menarik jamaah agar lebih banyak lagi yang mendaftar.

Untuk memahaminya, memang perlu dikaitkan dengan ilmu marketing secara umum kemudian menerapkannya dalam era digital saat ini.

Sebelum saya membahasnya disini, ada 2 hal yang harus disadari oleh pemasar bisnis travel umroh yaitu tentang hambatan dan juga motivasi yang timbul dari dalam diri seseorang ketika ingin berangkat umroh.

Kalimat promosi umroh yang baik adalah yang menggunakan sudut pandang calon jamaah sebagai konten utama. Kemudian harus menyentuh dua hal tadi yaitu hambatan dan motivasi. Sebisa mungkin minimalisir hambatan dan sebisa mungkin maksimalkan motivasi yang harus tumbuh dalam diri seseorang yang membaca kata-kata penawaran umroh Anda.

Banyak saya temukan, kalimat promosi yang tercetak dalam sebuah brosur atau copywriting di website atau media sosial travel umroh masih menggunakan sudut pandang penyedia jasa, belum menggunakan sudut pandang calon jamaah. Akibatnya, kalimat ajakannya tidak mengena di hati pembaca.

Contoh salah begini:

Kami adalah agen tour travel umroh di Bandung yang profesional.
Telah berpengalaman sejak tahun 1999 memberangkatkan ribuan jamaah ke tanah suci setiap tahunnya. Percayakan perjalanan ibadah Anda bersama kami. Insyaallah berkah, aman dan amanah.

Bagi Anda yang masih menggunakan sudut pandang kalimat seperti contoh diatas sebagai cara mencari jamaah umroh, sebaiknya setelah membaca artikel ini harus mulai membuat perubahan. Karena jika Anda perhatikan lebih seksama, konteks kalimat ajakan umroh tadi masih menggunakan konteks Anda sebagai pemilik/pemasar travel umroh.

Prinsip Copywriting


Saya yakin Anda sudah sering mendengar istilah copywriting. Tapi, mungkin saja diantara Anda ada yang belum mengetahui apa yang dimaksud copywriting.

Saya akan jelaskan menggunakan definisi saya sendiri. Copywriting adalah metode untuk menulis yang menggugah orang lain mengikuti apa yang kita harapkan. Tentunya, penerapan copywriting dalam marketing bertujuan agar mereka tertarik, percaya dan akhirnya membeli (closing).

Satu hal yang harus dipahami dalam membuat copywriting sebagai salah satu aktivitas marketing, bahwa orang lain sama sekali tidak perduli dengan Anda. Mereka hanya mempedulikan apa yang akan mereka dapatkan.

Iya, memang begitulah adanya. Saya ulangi sekali lagi...
orang lain tidak peduli dengan apa yang Anda sediakan. Mereka lebih peduli dengan apa yang akan mereka dapatkan.

Itu adalah prinsip copywriting yang berperan dalam membangun awareness dan engagement. Meskipun memang pada akhirnya mereka akan mencoba mencari tahu reputasi travel umroh Anda. tapi tetap saja, yang pertama bisa memancing respon mereka adalah "What can i get from you?"

Membuat iklan umroh yang menarik adalah tugas seorang copywriter. Jika Anda pemilik travel umroh, dan sudah memiliki divisi marketing sebaiknya ikutsertakan dalam program-program pelatihan mengenai copywriting.

Bisa dikatakan copywriting ini adalah skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang pemasar. Karena di era digital ini, semua orang sudah memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses internet. Maka, yang membedakan antara marketer satu dan lainnya adalah skill nya.

Membuat Kata-Kata Menarik untuk Mengajak Umroh


Dari sekian banyak cara mencari jamaah umroh yang bisa Anda temukan di internet, di artikel ini saya akan menyampaikannya dalam sudut pandang berbeda. Tentunya yang bisa diterapkan dalam digital marketing.

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, secara umum ada dua hal yang harus Anda perhatikan yaitu:

1. Menghilangkan Hambatan


Hambatan disini bisa jadi yang ada dalam internal seseorang maupun yang eksternal (diluar dirinya). Contoh hambatan internal adalah mengenai biaya. Kalau ditanya setiap muslim yang baik, pasti ingin berangkat ke tanah suci. Namun kebanyakan memiliki hambatan terbesar adalah faktor biaya.

Sedangkan contoh hambatan eksternal adalah mengenai maraknya kasus travel umroh abal-abal yang tidak memberangkatkan jamaahnya. Ini jelas-jelas menjadi hambatan bagi seseorang yang memiliki niat untuk ibadah umroh. Mereka lebih banyak khawatir ketika akan mendatangi travel umroh, apalagi travel umroh Anda masih relatif baru dan belum dikenal banyak orang.

Dalam membuat kata-kata promosi umroh Anda, pastikan harus memperkecil hambatan yang ada. Misalnya menawarkan program cicilan biaya umroh yang bisa diangsur dalam waktu tertentu. Atau bisa juga dengan menunjukkan bukti nomor daftar dari Kementrian Agama, untuk menghilangkan hambatan keraguan calon jamaah terhadap reputasi travel umroh Anda.

2. Membangkitkan Motivasi


Berikutnya, kalimat ajakan atau promosi umroh Anda harus dapat membangkitkan motivasi si pembacanya. Setelah hambatan diminimalisir, tiba saatnya Anda memasukkan kalimat yang tersublim dapat menggugah semangat mereka.

Misalnya bisa dengan mendeskripsikan betapa nikmatnya bisa berkunjung ke rumah Allah, menjelaskan bagaimana hati bergetar kuat ketika melihat ka'bah dalam jarak yang sangat dekat, yang selama ini hanya bisa mereka bayangkan sebagai arah kiblat saat solat.

Upayakan untuk menulis kalimat-kalimat yang emosional. Membangkitkan rasa rindu yang mengharu dan juga keinginan yang membuncah untuk menginjakkan kaki di mekkah dan madinah. Setelah itu, barulah tuliskan call to action.

Anda sudah tahu tentang call to action?

Begini...Apa yang Anda harapkan setelah orang lain membaca kata-kata promosi umroh Anda? Apakah Anda ingin mereka langsung menelfon? mengunjungi website atau apa?

Nah itulah yang dimaksud dengan bagian call to action. Setelah hambatan dihilangkan, kemudian motivasi dibangkitkan harus diarahkan kepada closing. Bagaimana caranya mereka dapat menghubungi travel umroh Anda.

Call to action harus singkat dan jelas, karena inilah inilah inti dari promosi Anda, yaitu untuk mendatangkan jamaah agar mendaftar ke travel umroh Anda.

Baca juga: Metode Promosi Travel Umroh di Internet Sesuai dengan Trik SEO

Contoh Kalimat Promosi Umroh


Tak lengkap rasanya jika saya tidak memberikan contohnya langsung kepada Anda. Baiklah, kali ini akan saya berikan sebagai gambaran Anda membuat kalimat promosi umroh yang menarik dan sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Tapi mohon maaf, saya tidak bisa memberikan banyak. Hanya satu saja, dan saya berharap dari satu contoh ini akan memberikan inspirasi untuk Anda mengembangkan lebih baik lagi.

Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah?

Melihat kabah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah.

Menjalani ibadah umroh adalah impian orang-orang yang beriman.

Untuk menjawab kerinduan Anda, pastikan kenyamanan perjalanan ibadah umroh Anda bersama Karunia Tour & Travel yang telah memiliki izin kementrian Agama sejak tahun 2015.
- Fasilitas hotel bintang 5, dekat dengan masjidil haram.
- Pesawat kelas eksekutif, direct flight.

Ikhlaskan Niat, Kuatkan Tekad... InsyaAllah, Karunia Tour & Travel amanah sebagai mitra perjalanan ibadah umroh Anda.

Promo : Nikmati cashback Rp 500.000 untuk 10 orang pendaftar pertama di bulan Juni.
Amankan cashback Anda sekarang, klik http://taskoper.co.id

Kesimpulan


Saya kira sudah cukup jelas apa yang Anda baca dalam artikel ini. Semoga semua pemaparan diatas dapat menjadi acuan bagi Anda dalam menyusun kalimat promosi untuk mengajak orang umroh bersama dengan travel Anda.

Ketika Anda membuat brosur, pastikan sebagian besar kontennya adalah menghilangkan hambatan, membangkitkan motivasi dan rasa rindu untuk berangkat ke baitullah. Jangan sampai brosur hanya berisi tabel harga saja.

Tujuan dari website, flyer, pamflet adalah untuk menarik perhatian orang-orang terhadap agen travel umroh Anda. Bukan untuk transaksi, jadi sebaiknya untuk harga tidak terlalu vulgar dikatakan diawal. Biarkan orang penasaran dan akhirnya mengunjungi kantor atau menghubungi CS Anda.

Memang tidak mudah, pastikan untuk terus berlatih menulis copywriting yang baik. Karena keahlian menulis tidak bisa datang begitu saja setelah Anda selelai membaca artikel ini.

Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan seputar cara menulis kalimat promosi travel umroh ini Anda boleh meninggalkan komentar di bagian bawah ini. Atau Anda ingin bekerjasama dengan saya dalam menyusun strategi campaign digital promosi travel di internet, meningkatkan popularitas website Anda dengan teknik SEO? Silahkan hubungi saya. >> Kontak

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger