07/05/18

13 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Teknik SEO 2018

SEO 2018 cara terbaru perbanyak pengunjung blog

Hal terpenting yang harus Anda fikirkan setelah membuat blog adalah mengenai peningkatan pengunjung dari hari ke hari. Memonitor blog-blog besar seringkali membuat kita berdecak kagum dengan jumlah visitor yang datang setiap harinya.

Ini bukan perkara semudah membalik telapak tangan. Jangankan bagi pemula, seorang blogger lawas pun tetap saja harus melewati tantangan yang tidak mudah, dengan effort yang cukup melelahkan.

Alasan mengapa blog Anda harus memiliki banyak visitor per harinya adalah untuk meningkatkan reputasi blog Anda yang akhirnya berujung pada peningkatan penghasilan blog Anda setiap bulannya.

Tergantung bagaimana Anda memonetize blog Anda. Apakah dengan cara mendaftar sebagai publisher adsense, sewa space banner, atau menjual artikel review produk dan jasa. Itulah mengapa semakin banyak pengunjung semakin besar potensi penghasilannya.

Berapa pengunjung blog Anda saat ini? Apakah pencapaian tersebut sudah cukup membuat Anda puas sebagai seorang blogger?

Mungkin dalam benak Anda terbesit tanya mengapa blog harus memiliki pengunjung. Silahkan lanjutkan membaca untuk mulai pembahasan ringkas mulai dari paragraf di bawah ini.

Pengunjung Adalah Refleksi Nilai dan Kualitas Blog Anda


Semakin banyak pengunjung itu berarti blog Anda semakin bernilai tinggi. Dengan kata lain tulisan-tulisan di blog Anda memiliki informasi yang bermanfaat untuk banyak orang.

Sehingga mereka dengan senang hati membaca tulisan postingan Anda, dan tak jarang menjadi sering mengunjungi blog Anda menjadi pembaca setia.

Jika Anda sudah rajin update artikel namun masih sepi pengunjung itu menjadi pertanda bahwa blog Anda belum menyuguhkan konten yang dibutuhkan oleh banyak orang. Atau bisa saja, struktur blog Anda masih belum sesuai dengan kaidah SEO terbaru 2018.

Bagi Anda yang masih sangat awam dengan SEO, boleh baca terlebih dahulu penjelasan singkat saya mengenai SEO secara umum >> Pengenalan SEO Dasar

Mesin Pencari Adalah Sumber Traffic (pengunjung) Blog


Saya hampir tidak bisa membayangkan jika di internet saat ini tidak ada search engine. Ini berarti kita harus mengecek satu per satu sebuah web demi mencari informasi yang sedang kita butuhkan. Dan itupun hanya bisa dilakukan jika nama webnya sudah kita kenali.

Fakta mencatat, bahwa hampir setiap harinya Google menerima lebih dari 3 miliar pencarian yang dilakukan oleh pengguna seluruh dunia. Itulah alasan logis mengapa pemilik blog selalu berupaya mendapatkan peringkat baik di SERP mesin pencari untuk meningkatkan pengunjung blog secara organik.

Dan tercatat pada bulan Februari tahun 2016 google termasuk kepada search engine yang paling banyak digunakan dengan persentase 64% mendominasi search engine lainnya. (sumber: Wikipedia)

Oleh karenanya banyak para blogger yang berusaha sebisa mungkin tulisan-tulisannya dapat terindex di mesin pencari, melalui strategi SEO. Dan lebih baik lagi jika muncul dalam hasil pencarian di halaman satu.

Karena semakin blog Anda sering muncul di hasil pencarian google maka semakin besar potensi blog Anda mendapatkan banyak pengunjung.

sumber gambar: www.situsatom.com
Dari statistik diatas, lebih banyak orang memilih google sebagai mesin pencari untuk menemukan informasi di internet. Sekitar 81% lebih google merajai pengunaan mesin pencari, kemudian diikuti oleh bing dengan persentase pengguna 6,97%.

Mengapa Blog Anda Harus SEO Friendly 2018


Untuk menguasai hasil pencarian di google, maka Anda harus mengerti kaidah SEO terbaru 2018. Google memiliki algoritma yang akan melacak halaman website Anda kemudian mengindeks dan merangking nya.

Lalu menampilkan di halaman pencarian berdasarkan kata kunci yang diketik oleh pengguna google ketika mencari informasi yang berkaitan dengan artikel Anda.

Setiap tahun google melakukan update algoritma demi memperbaiki kualitas pencarian yang semakin relevan. Oleh karenanya, trik SEO pun terus mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan algoritma google yang terbaru. SEO dahulu sudah pasti berbeda dengan SEO saat ini.

Menurut internetlivestats, dalam 1 detik ada 66.863 kata kunci pencarian yang diterima oleh google. Itulah sebabnya mengapa seorang blogger sebaiknya memperhatikan strategi SEO blog miliknya, dan mengoptimasi google sebagai sumber traffic organik.

"...dalam 1 detik ada 66.863 kata kunci pencarian yang diterima oleh google."

13 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Melalui Search Engine Optimization (SEO 2018)


SEO 2018 cara terbaru perbanyak pengunjung blog

Search engine memiliki robot crawler, robot ini bertugas untuk mengumpulkan halaman web yang berupa dokumen/artikel (gambar, film,dll) untuk dikirimkan kepada arsip indeks mereka. Indexer ini akan mengindex hasil crawling kemudian meletakkan dokumen tersebut di halaman SERP (search engine results positions)

Berkisar pada tahun 2011 yang lalu, halaman blog akan dengan mudah merajai halaman 1 jika memiliki backlink dengan kuantiti yang banyak. Umumnya saat itu para blogger sangat rajin submit halaman blog ke situs-situs social bookmark, guestbook, press release, PBN, dan komentar blog (blog walking). Tapi memasuki tahun 2014 cara itu tidak lagi berguna. Google sudah melakukan seleksi yang ketat terhadap kualitas backlink yang didapatkan.

Lalu bagaimana cara mendapatkan banyak pengunjung sesuai dengan kaidah SEO 2018?


1. Konten unik berkualitas tinggi


Konten ibarat jantung dari suatu blog. Konten yang menarik, unik dan berkualitas tinggi sangat disukai oleh pengunjung blog Anda. Percayalah, mereka bersedia mengunjungi blog Anda karena membutuhkan informasi yang sedang mereka cari.

Cara membuat konten berkualitas bisa dengan 2 teknik umum berikut ini.

Riset artikel

Riset artikel dilakukan dengan membaca berbagai artikel yang membahas topik yang sama. Kemudian Anda membuat catatan-catatan untuk point-point pentingnya. Lalu menyajikannya kembali sevagai artikel yang unik. Tentunya tidak diperkenankan sekedar copy paste. Anda harus menulis sendiri menggunakan gaya tulisan Anda.

Base on self experience

Ini sudah jelas, Anda dapat menulis konten berkualitas dengan cara memaparkan pengalaman Anda dalam suatu artikel yang enak dibaca, tentunya yang sesuai dengan topik blog Anda. Penulisan artikel yang sesuai dengan pengalaman nyata Anda sendiri memiliki power lebih kuat dibanding Anda menulis artikel berdasarkan hasil riset.

Baca ini: Tools Canggih Pembuat Artikel Berkualitas


2. Riset kata kunci


Riset kata kunci ini menjadi satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap blogger. Dengan kemampuan ini, maka Anda bisa menemukan kata kunci apa saja yang banyak dicari oleh orang di mesin pencari. Dengan menguasai cara riset kata kunci, akan membantu Anda memilih sub topik membuat konten artikel. Jangan sampai Anda membuat artikel yang tidak dibutuhkan oleh orang-orang.

Lebih jauh pembahasan mengenai riset kata kunci, Anda bisa membacanya pada artikel yang pernah saya posting sebelumnya yang berjudul >> Mengapa harus riset kata kunci?

3. Kecepatan loading, faktor penting menurut SEO 2018


Apa yang Anda lakukan pada saat akan membuka halaman blog melalui smartphone namun ternyata proses loading halaman tersebut membutuhkan waktu lama? Mungkin Anda akan segera menutupnya, kemudian mencari halaman lain.

Berdasarkan data dari Alexa, halaman yang memiliki waktu loading singkat secara signifikan memiliki ranking yang tinggi di google daripada halaman yang memiliki kecepatan loading yang lambat.
Inilah mengapa faktor kecepatan loading halaman blog menjadi salah satu indikator SEO yang fatal jika tidak diperhatikan dengan baik. Contohnya blog www.onino.web.id ini memiliki kecepatan seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini


Skrinsut diatas menunjukkan bahwa skor loading halaman blog ini adalah 85 dari nilai tertinggi yaitu 100 dalam versi mobile.

Upayakan jangan sampai skor loading Anda dibawah 65. Jika masih belum baik, silahkan baca pada bagian bawah halaman test page, ada saran dari google bagaimana cara meningkatkan kecepatan loading.

Silahkan Anda cek juga berapa kecepatan loading blog Anda disini 

4. Rasio Pentalan (Bouncing rate)


Ketika seseorang mengklik hasil pada SERP (hasil pencarian), Google akan memperhatikan berapa lama mereka berada di halaman tersebut.

Jika pengguna dengan cepat menekan tombol "back" di browser mereka untuk kembali ke SERP,  ini memberikan tanda kepada google bahwa konten hasil pencarian tidak relevan dengan konten halaman Anda.

Maka google akan mencatat ini sebagai bounce rate, dan termasuk catatan merah yang memungkinkan halaman blog Anda tidak akan lagi ditampilkan di SERP.  Itu juga artinya dampak bouncing rate memberi efek negatif menurut optimasi SEO 2018 ini.

Tugas Anda adalah memperkecil bounce rate tersebut. Anda bisa melihat bounce rate di halaman google analytics. Seperti pada skrinsut di bawah ini

trik SEO 2018 bouncing rate


Sampai sini paham tentang bounce rate dan pengaruhnya terhadap Algoritma Google 2018?

Memang, tidak diketahui secara pasti berapa lama pengunjung harus "berdiam" di satu halaman blog Anda agar tidak terhitung sebagai bouncing rate. Namun sebaiknya pastikan pengunjung betah berada di halaman blog Anda dengan suguhan konten berkualitas dan relevan.


5. Konsistensi update artikel (posting)


Orang-orang suka dengan blog yang memiliki konten terupdate dengan baik. Ini adalah pekerjaan panjang yang melelahkan.

Bukan bermaksud untuk mengecilkan semangat Anda sebagai blogger yang menginginkan blog banyak dikunjungi orang.

Namun memang seperti itulah faktanya. Terlebih lagi jika Anda termasuk kedalam orang yang tidak terlalu suka menulis.

Memang ada cara lain update konten blog tanpa harus menulis sendiri. Bisa dengan membeli artikel yang ditulis oleh seorang penulis profesional atau dengan menyediakan guest post sebagai ruang untuk orang lain menulis artikel di blog Anda.

6. Membangun reputasi di forum


Keberadaan forum-forum sesama blogger dapat menjadi salah satu sumber pengunjung. Anda bisa mencantumkan di halaman profile URL blog Anda. Selain itu, bisa dengan menjali hubungan nyata dengan blogger lain untuk memperluas wawasan dan relasi dengan sesama blogger.

Perhatikan rules forum tersebut, dan patuhi. Terkadang ada beberapa forum yang melarang membernya untuk mencantumkan link artikel secara langsung saat menulis thread tertentu.

Bangun reputasi bukan pencitraan. Jangan salah kaprah, reputasi tidak didapatkan dengan pencitraan. Pencitraan hanyalah gerbang pertama dalam membangun reputasi di dunia maya.


7. Mencari backling berkualitas


Backlink adalah tautan yang berasal dari blog orang lain dan mengarah kepada halaman blog Anda.
Mendapatkan backlink dapat menjadi cara paling efektif untuk meningkatkan peringkat Anda di SERP.

Namun perlu dicatat!! Tidak semua backlink memiliki kualitas yang sama. Beberapa backlink yang Anda tancapkan bisa jadi tidak akan meningkatkan peringkat Anda sama sekali, bahkan mungkin memiliki efek negatif terhadap SERP.

Oleh karena itu, fokus Anda harus lebih spesifik, kepada backlink berkualitas tinggi. Apa yang membuat backlink berkualitas tinggi adalah subyektif, dan setiap konsultan SEO akan memiliki setidaknya sedikit pendapat yang berbeda tentang topik tersebut.

Namun, sebagian besar pakar SEO setuju bahwa backlink berkualitas baik itu dapat dikenali dari beberapa faktor sebagai berikut:

  • Berasal dari blog yang relevan
Jika blog Anda membicarakan tentang topik kuliner, sebaiknya cari backlink dari blog orang lain yang juga membahas tentang kuliner. Tidak mesti harus benar-benar sama, namun setidaknya memiliki relevansi yang lebih kuat.
  • Sumber populer atau terpercaya
Mendapatkan backlink dari blog yang sudah populer dan terpercaya menjadi satu point yang mempengaruhi kualitas bakclink.
  • Letakkan backlink di halaman yang banyak pengunjung
Aspek yang satu ini terlalu sering dilupakan oleh para pemilik blog. Tujuan awal backlink selain untuk menambah reputasi dimata mesin pencari adalah sebagai penambah nilai suatu halaman dengan mengarahkan pengunjung ke sumber lain yang relevan dengan topik tersebut. 

Letakkan backlink ditengah artikel, dan itu akan membuat blog Anda terus-menerus mendapatkan  pengunjung baru.
  • Variasi anchor teks yang sesuai
Kualitas backlink semakin baik jika kata-kata yang membentuk berisi tautan yang dapat diklik itu sama dengan atau mirip dengan kata-kata kunci yang Anda optimasi. Karena akan nampak tidak natural jika memiliki banyak backlink yang terdiri dari teks tautan tautan yang sama. Jadi gunakan banyak variasi

8. Promosi di Grup Facebook


Facebook adalah media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak saat ini. Bisa menjadi media untuk generate traffic (menjaring pengunjung) dengan memanfaatkan fasilitas grup facebook.

Tentunya, pilih grup yang memiliki jumlah anggota banyak. Nantinya Anda bisa posting link setiap ada artikel terbaru dari blog Anda dalam grup ini.

Pastikan Anda tidak melakukan spamming. Salah satu contoh aktivitas spam yang harus Anda hindari yaitu memposting konten artikel yang tidak sesuai dengan topik grup.

Cari grup facebook yang sesuai dengan topik artikel blog Anda. Gunakan kolom pencarian grup untuk memudahkan Anda.

Lihat contohnya di bawah ini, misalkan topik blog Anda tentang kuliner.



9. Sebarkan link di Google Plus


sumber: https://www.socialmediaexaminer.com/use-google-increase-search-rankings/

Saya mendapatkan sumber informasi mengenai google plus dan kaitannya dengan SEO ini dari halaman web yang saya skrinsut di atas.

Saat memposting konten ke profil atau halaman Google+ Anda, ikuti beberapa panduan di bawah ini:

  • Bagikan ringkasan konten yang Anda tautkan. Jangan berlebihan; singkat dan sederhana baik-baik saja.
  • Jangan sertakan tautan di kotak status. Sebaiknya letakkan tautan di area khusus link, sehingga Anda akan mendapat satu manfaat SEO sebagai tautan DoFollow.
  • Bagikan konten kepada salah satu lingkaran yang ada.

10. Tingkatkan potensi viral


Menulis konten yang bisa viral di media sosial memberikan keuntungan yang sangat berharga untuk meningkatkan pengunjung blog Anda.

Meskipun memang, membuat konten viral tidak mudah. Perlu keterampilan menulis yang dapat menggugah emosi pembaca, sehingga dia tertarik untuk membagian link halaman blog Anda di media sosial mereka.

Konten viral umumnya bisa terjadi karena isi tulisannya mewakili keresahan banyak orang. Dan setelah orang lain membaca timbul reaksi emosional seperti sedih, terharu, bahagia, bahkan marah.

Jika Anda bisa membuat konten seperti itu, peluang menjadi viral di media sosial sangatlah besar.

Baca ini: Cara Mudah Mencari Konten Viral di Facebook

11. Buat resume di kompasiana


Kompasiana adalah blog milik jurnalis Kompas dan telah bertransformasi menjadi sebuah media warga (citizen media). Di kompasiana setiap orang dapat menuliskan suatu peristiwa, menyampaikan pendapat dan menuangkan gagasan. Bisa juga sebagai media untuk menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar ataupun rekaman audio dan video.

Kompasiana sudah menjadi platform alternatif ngeblog gratis bagi para blogger, dengan reputasi statistik seperti yang tampil di bawah ini. Saya menggunakan plugin SEOQuake untuk mendapatkan data statistik.


Dari statistik diatas dapat Anda lihat, kompasiana mendapatkan kunjungan visitor 5 jutaan per harinya dengan unik visitor sekitar 3 jutaan.

Membuat resume blog Anda sendiri di Kompasiana bukan bertujuan mendapatkan backlink melainkan mendapatkan pengunjung langsung. Perlu Anda ketahui link yang berasal dari blog kompasiana tidak memiliki efek terhadap SEO karena memiliki tag link sebagai "noreferrer dan noopener"

Jadi buatlah tulisan yang sesuai topik artikel blog Anda dengan penyajian semenarik mungkin dan sisipkan link artikel Anda didalamnya, untuk mendapatkan traffik langsung.

12. Bangun database pembaca (subscriber)


Membuat database subscriber akan menampung pembaca loyal blog Anda. Mereka akan mendapatkan notifikasi otomatis melalui halaman email setiap kali ada artikel baru. Ini akan memudahkan Anda dalam mendistribusikan artikel.

Ada beberapa tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk membangun database pembaca blog Anda. Salah satunya adalah feedburner milik google. 

Mereka yang sudah subscribe alamat email adalah orang yang sudah loyal terhadap Anda. Dia akan senang mendapatkan notifikasi artikel terbaru. 

Dan apa dampaknya untuk blog Anda?

Tentu saja harapan positifnya adalah dapat meningkatkan pengunjung blog. Setiap tulisan terbaru blog Anda akan mendapatkan visitor lebih cepat tanpa proses distribusi secara manual.

13. Balas komentar masuk


Tak jarang Anda mendapatkan komentar di bawah postingan blog. Bangun interaksi yang positif kepada mereka yang sudah memberikan komentar.

Tentu saja Anda harus mengaktifkan moderasi komentar untuk melakukan filter setiap komentar masuk. Pastikan halaman blog Anda tidak menjadi sasaran spammer.

Interaksi dengan pembaca melalui komentar di blog ini akan memberikan notifikasi kepada crawler google tentang aktivitas baru yang terjadi pada salah satu halaman blog Anda. Dan robot crawling akan melakukan kunjungan balik ke halaman Anda.

Entah Anda setuju atau tidak, saya memiliki satu kesimpulan bahwa:

Semakin sering bot crawling berkunjung, semakin baik reputasi halaman blog Anda di mata google.

Kesimpulan Cara Meroketkan Pengunjung Blog dengan Teknik SEO 2018


Tidak ada hasil memuaskan tanpa usaha yang optimal. Meningkatkan jumlah pengunjung blog tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Setidaknya Anda sudah mengetahui dari 13 cara diatas sangat tidak mungkin semuanya dilakukan dalam hitungan hari, apalagi hanya hitungan jam.

Perlu konsistensi tinggi, dan untuk itulah passion blogger pada akhirnya memegang peranan penting dalam urusan pengembangan blog Anda. Cintai apa yang sedang Anda lakukan, maka hasilnya takkan pernah mengecewakan.

Jumlah backlink bukanlah penentu peringkat google bagus di algoritma 2018 ini. Karena kualitas backlink dan relevansi terhadap konten lebih diutamakan dalam algoritma saat ini. Lupakan software penambah backlink, karena tools semacam itu sudah tergolong usang dan sudah tidak relevan.

Pelajari ini (bukan utk pemula): Rahasia para blogger mendapatkan uang dari internet?


Setelah membaca tulisan ini, silahkan untuk membuktikan 13 cara menambah pengunjung blog sesuai dengan SEO 2018 diatas. Setelah itu boleh beri tahu saya dampaknya terhadap penambahan jumlah pengunjung blog Anda.

Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada tulisan saya diatas yang belum Anda pahami, atau sekedar memberikan apresiasi. Saya sangat menghargai setiap respon Anda.

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon