14/04/18

Optimasi = Keuntungan


Pernah ngantri mau bayar di supermarket?

Ketika kita membawa barang belanjaan, lalu menuju jajaran kasir tentu akan memilih antrian yang paling sedikit betul? Dengan asumsi sedikit yang antri maka akan lebih cepat giliran kita. Tapi ada faktor lain yang ternyata bisa kita optimalkan, yaitu lihat gender.

Faktanya, wanita (selalu) lebih banyak belanjaannya daripada pria. Maka saat memilih kasir dengan antrian sama-sama panjang, pilihlah yang paling sedikit wanitanya.

Keliatannya hal yang beginian itu sepele bagi sebagian orang yang mungkin tidak memperhatikan. Tapi ini akan sangat penting jika kita seorang pengusaha. Otak kita terlatih untuk memilih mana yang terbaik dari sekian pilihan yang ada.

Semakin optimum maka semakin menguntungkan

Contohnya dalam produksi, semakin cepat produk selesai maka akan semakin cepat bisa dijual dan memberikan keuntungan kepada kita. Begitu pula dengan harga ikut terpengaruh, semakin cepat proses produksi, semakin banyak kuantiti produk yang dihasilkan dalam satu waktu. Maka harga jual akan semakin lebih rendah. Karena bisa irit biaya transportasi dan operasional. Jika harga jual lebih rendah, maka logikanya produk tersebut bisa dengan cepat terserap oleh pasar.

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon