23/04/18

Mau Bisnis Tapi Dilarang Orang Tua Sendiri? Ini Solusinya!

Saya pernah membaca, entah meme atau quotes yang menuliskan bahwa kegagalan justru lebih banyak disebabkan oleh orang terdekat kita. Siapakah mereka?

Mereka adalah orang tua kita,dan bisa juga pasangan Anda sendiri. Sebetulnya mereka bukan tidak menginginkan Anda hidup meraih kesuksesan. Mereka hanya tidak ingin Anda gagal dan bersusah payah membangun bisnis sendiri. Itu karena mereka sangat menyayangi Anda.

cara meyakinkan orang tua ketika ingin bisnis atau usaha


Situasi ini seringkali dialami orang-orang yang baru akan memulai bisnis. Terlebih lagi jika Anda belum pernah punya pengalaman berbisnis. Dan biasanya, orang tua yang melarang anaknya bisnis karena latar belakang mereka juga bukan pebisnis.

Kekhawatiran ini sebetulnya bisa menjadi hal yang positif jika Anda bisa memahami dan juga memposisikan diri secara bijak. Tidak semata mengedepankan ego, karena percayalah orang tua atau pasangan Anda menyayangi Anda secara tulus.

Saya mengalami sendiri, orang tua melarang saya ketika memutuskan untuk berhenti menjadi seorang guru matematika di sekolah swasta, dan memilih menjadi internet marketer secara fulltime. Meskipun demikian, saya akhirnya diijinkan oleh orang tua saya dan mendapatkan dukungan penuh.

Ini Penyebab Orang Tua Melarang Anda Bisnis Sendiri

Ada faktor eksternal dan juga internal yang membuat orang tua tidak mengijinkan Anda untuk membuka bisnis.

Faktor eksternal datangnya dari luar diri Anda. Bisa jadi orang tua Anda pernah sebelumnya menjalankan bisnis namun mengalami kegagalan. Atau dia pernah mendengar temannya atau anggota keluarga lainnya yang mengalami kebangkrutan akibat bisnisnya bubar ditengah jalan.

Baca juga: Ketahui 3 Hal PENTING Ini, Sebelum Membuat Website Bisnis

Sedangkan faktor internal, datangnya dari diri Anda sendiri. Orang tua mungkin belum percaya dengan sifat kemandirian dalam diri Anda. Mungkin dia melihat pribadi Anda masih belum dewasa atau masih terlihat labil. Sedangkan menjalani bisnis sendiri perlu kepribadian yang matang dan kestabilan emosi.

Jika Anda memulai bisnis sendiri, itu berarti Anda adalah pimpinan tertinggi. Tidak ada orang yang akan menegur Anda jika melakukan kesalahan, dan tidak akan ada orang yang menyuruh Anda untuk mengerjakan tugas-tugas dalam bisnis Anda sendiri.

Cara Mengatasi Jika Orang Tua Tidak Mengizinkan Anda Berbisnis

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa penyebab utama adalah kekhawatiran dari orang tua Anda. Dan itu adalah bentuk rasa cinta mereka kepada Anda sebagai seorang anak. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tetap bersikap bijak dan tidak merespon larangan tersebut sebagai suatu penghambat kesuksesan Anda.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan ketika orang tua melarang Anda berbisnis sendiri.

- Bicara

Jangan dipendam sendiri, sebaiknya bicara saja perihal rencana Anda membuka bisnis sendiri. Bila perlu tunjukkan business plan Anda, dan jelaskan kepada mereka bagaimana potensi bisnis Anda kedepannya.

Mereka melarang mungkin karena belum tahu sebagaimana bagusnya bisnis yang akan Anda jalankan. Apalagi kalau orang tua Anda tidak memiliki latar belakang seorang pebisnis.

Dengan berbicara semua akan terungkap dan saling mengerti. Jangan memendam rasa dongkol kepada kedua orang tua. Karena itu bisa menjadi bom waktu untuk Anda kedepannya. Bukan saja perihal bisnis tapi tentang kehidupan Anda.

- Pembuktian

Buktikan kepada orang tua Anda bahwa saat ini Anda adalah orang yang siap belajar secara giat. Belajar untuk menegakkan kedisiplinan dan belajar memimpin diri sendiri. Karena sejatinya, seorang pebisnis dituntut memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus. Dan itu bisa dimulai dari diri Anda sendiri.

Memasuki dunia bisnis bukan hal yang mudah. Perlu kerja keras dan inisiatif tinggi dari Anda. Maka, sangat wajar jika orang tua belum menijinkan Anda membuka bisnis jika bangun setiap hari saja Anda masih sering kesiangan.

Memilih waktu yang tepat untuk bicara

Anda harus pandai memilih waktu yang tepat untuk mengutarakan niat bisnis Anda. Pilihlah waktu saat orang tua Anda santai, tidak terlihat sedang sibuk atau tengah mengerjakan sesuatu yang menyita perhatiannya.

Waktu yang tepat untuk berbicara adalah saat selesai makan malam bersama. Ini yang saya lakukan kepada Ayah saya ketika meminta ijin untuk berhenti bekerja dan memulai karir baru sebagai seorang pebisnis.

Selain malam hari, waktu pagi hari saat cuaca masih sejuk sambil menikmati teh hangat adalah waktu yang juga baik digunakan untuk berdiskusi perihal rencana bisnis Anda.


Baca juga: Mau bisnis pasti PROFIT? Belajar langsung sama orang ini

Lakukan secara perlahan

Anda bisa membicarakan semuanya secara perlahan. Jangan langsung tiba-tiba mengucapkan ingin berhenti bekerja dan memulai berbisnis. Anda bisa membuka wacana awal dengan membicarakan fakta-fakta yang ada. Misalnya membahas peluang kerja saat yang terasa semakin sulit. Bisa diselingin dengan obrolan lainnya, agar tidak terlalu kaku dan terlihat canggung.

Lalu dikemudian hari bisa juga Anda lanjutkan dengan topik yang lain. Misalnya menceritakan keberhasilan seseorang bisa teman atau saudara yang sudah sukses menjalani bisnis sendiri.

Begitupun di hari selanjutnya, pastikan Anda terus mengerucutkan arah pembicaraan kepada niat Anda membuka bisnis.

Jangan memaksakan kehendak sendiri

Ada kalanya mungkin orang tua belum terlalu memahami dengna rencana Anda. Sehingga mereka belum menijinkan Anda berbisnis. Tidak perlu galau dan bingung, Anda hanya perlu mencoba membicarakannya lagi di lain waktu.

Jangan memaksakan kehendak Anda sendiri. Ketika orang tua menyampaikan alasannya tidak menijinkan Anda berbisnis, tak perlu membantahnya dengan argumentasi lain. Dengarkan saja, dan terima masukannya.

Jika tujuan Anda berbisnis adalah untuk hal yang mulia, maka proses perjalanannya pun harus ditempuh dengan cara mulia. Jangan sampai berdebat sengit dengan kedua orang tua yang mengakibatkan hubungan Anda dengan mereka menjadi renggang.

Karena sepanjang kisah-kisah sukses yang saya baca dari seorang pebisnis sukses. Mereka yang berhasil adalah mereka yang mendapatkan restu dari orang tua, dan juga memuliakan orang tua mereka.

Setelah Anda mendapatkan ridho dari orang tua, itupun masih belum menjadi jaminan sukses. Apalagi jika Anda tidak mendapatkan ridho orang tua, bahkan sampai bertengkar dengan mereka.

Minta doanya

Orang tua adalah investor bisnis Anda tanpa deviden. Mereka dengan tulus membesarkan dan membiayai semua kebutuhan Anda semenjak bayi sampai saat ini. Mintalah doa dari mereka perihal rencana bisnis Anda.

Modal uang? Masih bisa pinjam /kredit ke bank. Kantor/ruko? Masih bisa sistem bagi hasil dengan orang yang memiliki tempat. Satu-satunya modal yang tidak bisa Anda dapatkan dari orang lain adalah doa. Doa ini hanya bisa Anda dapatkan dari kedua orang tua.

Mintalah doanya kepada mereka. Karena doa mereka bukan sebatas ucapan biasa. Doa mereka lebih cepat mendapatkan respon langit.

Baca juga: Tantangan Inilah yang akan Anda Hadapi Saat Pertama Memulai Bisnis

Kesimpulan

Saya berharap Anda sudah mendapatkan point-point penting dari apa yang sudah Anda baca melalui tulisan saya diatas.

Jangan meremehkan kekuatan doa untuk kesuksesan Anda. Anda tidak perlu membuat mereka pusing  dengan meminta modal bisnis. Anda hanya perlu meminta doa kepada mereka (kedua orang tua).

Saya pun saat menulis artikel ini ikut mendoakan kesuksesan Anda. Amiiin....

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon