8 Ide BISNIS KEREN Menjelang Bulan Puasa dan Hari Raya. Ke-6 Paling UNIK

Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah. Dan keberkahan ini sangat dirasakan juga bagi para pedagang baik online maupun offline. Ada beberapa ide bisnis untuk menambah penghasilan di bulan puasa dan menjelang hari raya. Ide ini sederhana dan bisa dijalankan oleh siapa saja bahkan dengan modal kecil.

Selagi ada kemauan, disitulah pasti ada jalan. Saya berharap artikel ini menjadi bagian dari jalan Anda jualan laris manis saat bulan puasa. Dan tentunya, faktor kemauan menjadi kunci utama keberhasilan Anda. Apalah artinya ide keren, trik atau tips rahasia jika kemauan dari Anda sebagai pelakunya tidak ada sama sekali.

8 Ide bisnis ini bisa Anda pilih mana yang lebih sesuai dengan Anda, dan juga lebih mudah persiapannya. Karena semakin mudah dimulai semakin lebih cepat menguntungkan.

1. Parsel Kue Kemasan


Parcel adalah ide pertama dari saya untuk Anda. Karena saat menjelang momen lebaran biasanya banyak orang membutuhkan parsel sebagai buah tangan ketika berkunjung kerumah sanak saudara. Menariknya, parsel yang Anda tawarkan bukanlah parsel yang mahal. Tapi parsel yang bisa dijangkau oleh semua kalangan. Dengan harga jual berkisar 60-100 ribuan, Anda bisa menawarkan parsel makanan-makanan ringan yang bisa didapatkan dari belanja ke grosir-grosir terdekat.


Cara memulainya bagaimana?


Anda belanja dulu beberapa varian makanan ringan, minuman kemasan, atau varian permen dalam toples dari grosir terdekat. Bikin minimal 3 pilihan paket dengan varian isi dan harga tentunya. Misalnya paket A isinya ada 8 macam dengan harga 60ribu. Paket B isi ada 10 macam dengan harga 75ribu. Begitu pula dengna paket C, bedakan isi dan harganya.

Foto deh ketiga pilihan paket tersebut. Dengan angle foto yang berbeda-beda. Sebagai inspirasi coba liat-liat aja di instagram foto-foto parsel yang bagus, untuk ditiru.

Untuk cara promosinya Anda bikin dulu akun instagram untuk media promosi. Mulai dari sekarang yaaa bikinnya, biar saat bulan puasa udah siap panen. Dan mulai dari sekarang juga udah boleh tuh sebarin username akun instagramnya di status facebook, status WhatsApp atau twitter.

2. Paket Oleh-oleh Mudik


Ini hampir sama dengan parsel, hanya saja isinya berbeda. Paket oleh-oleh mudik ini lebih cenderung kepada oleh-oleh khas daerah setempat. Misalnya, Anda tinggal di Cilegon yang terkenal dengan sate bandengnya. Bukan tidak mungkin teman-teman Anda yang tinggal di Cilegon (tapi bukan asli Cilegon) ketika akan mudik ingin membeli oleh-oleh khas makanan tempat dia tinggal untuk di bawa ke kampung halaman.

Cara memulainya bagaimana?

Cari dulu khas daerah setempat. Bisa makanan, pakaian atau bisa juga hasil kerajinan tangan. Lalu buat deh paket-paket seperti yang saya jelaskan pada pembahasan parsel diatas. Tak lupa untuk mengambil foto dari masing-masing paket sebagai bahan untuk promosi nanti.

Dan cara promosinya sama kaya yang tadi, Anda bikin dulu tuh akun instagram untuk media promosi. Dan mulai dari sekarang udah boleh sebarin username akun instagramnya di status facebook, status WhatsApp atau twitter.

Misalnya, di facebook Anda bisa update status : "Hmmmm buat mudik nanti, kayanya enak nih bawain sate bandeng buat mertua. Gimana menurut kamu? hehe"

3. Reseller Kue Kering


Menjadi reseller kue kering ini paling mudah menurut saya. Anda bisa mencari toko kue terdekat, atau mungkin bisa saja dari teman Anda sendiri yang selalu rutin jualan kue kering saat bulan puasa. Jika ada teman Anda, maka tidak perlu stok produk. Anda bisa menjadi reseller dropship online saja. Cari produknya dan cobalah ambil foto-fotonya, kalau bisa pinjem dulu toples yang berisi kuenya beberapa. Buat difotoin dengan berbagai variasi biar keliatan manis dan bikin ngiler.



Cara memulainya bagaimana?


Buat foto produk, bisa menggunakan jasa tukang foto biar ngemodal dikit. Atau cukup dengan memanfaatkan kamera Hp juga bisa. Foto akan tetap terlihat bagus jika komposisinya tepat dan juga pencahayaan memadai.

Untuk cara promosinya Anda bikin dulu akun instagram yang akan dijadikan media promosi. Mulai dari sekarang bikinnya. Dan setelah akun jadi udah boleh tuh sebarin username akun instagramnya di status facebook, status WhatsApp atau twitter.

Baca juga: Wajib Kuasai 4 Skill Ini Jika Ingin Sukses Berjualan di Media Sosial

4. Rental Mobil untuk Mudik


Kalau Anda punya mobil dan sekiranya saat Idul Fitri modil tersebut tidak akan digunakan mudik, ada baiknya juga direntalin aja. Baiknya ada 2 point, pertama Anda mendapatkan uang dari hasil rental. Kedua, Anda membantu orang lain yang membutuhkan kendaraan untuk mudik ke kampung halaman.

PERHATIAN!! Khusus untuk ide rental mobil ini sebaiknya hanya Anda berikan kepada orang-orang yang sudah Anda percaya. Misalkan sahabat di kantor atau tetangga terdekat yang memerlukan mobil untuk mudik.

Cara memulainya bagaimana?


Sebaiknya persiapkan kendaraan Anda. Cek kapan harus service atau minimalnya jadwla ganti oli. Jangan sampai ketika sedang direntalkan ada kendala di perjalanan. Pastikan kondisi mobil laik jalan dan aman untuk dipakai. Anda bisa juga memasang roof rack (rak penyimpanan diatas), untuk memudahkan pengguna mobil ngangkut-ngangkut perlengkapan pribadi saat mudik.

5. Perlengkapan Mudik


Mudik itu bagi sebagian orang adalah sesuatu yang spesial. Saya sendiri merasakannya begitu, padahal pulang kampung bukan hanya saat lebaran saja. Bulan-bulan biasa pun sering mudik, tapi kalau mudik lebaran rasanya beda.



- Baby car seat
Kadang ada saja persiapan khusus, seperti perlu menyediakan baby car seat. Bagi yang masih memiliki bayi, agar meringankan tugas ibunya diperjalanan. Nah, Anda bisa menjalankan bisnis rental baby car seat.

- Kasur portabel
Kalau ini kasur portabel, biasanya terbuat dari bahan plastik gitu yang diisi angin. Kalau Anda punya kasur portabel ini, bisa juga tuh disewain. Karena kalau yang biasa terjebak macet pasti butuh kasur kaya begini.

- Perlengkapan berkendara sepeda motor
Selain itu, bisa juga jualan perlengkapan mudik bagi yang menggunakan sepeda motor. Misalnya, menjual pelindung siku dan kaki untuk rider. Plus maskernya juga, Anda bisa mencari masker-masker yang unik dan bisa Anda temukan di marketplace. Atau, bisa juga Anda menjual/menyewakan box (bagasi) tambahan yang biasa dipasang di jok bagian belakang motor.

6. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan


Wah yang ini paling unik, dan juga paling sedikit memerlukan biaya. Kadang setiap orang yang mau mudik tidak bisa membawa hewan peliharaan karena perjalanan yang cukup jauh atau karena keterbatasan ruang penyimpanan di kendaraan atau pesawat.


Anda bisa membuka jasa penitipan hewan peliharaan. Berupa kucing, burung, anjing, atau hewan reptil. Pastikan sebelum menerima hewan dari pemiliknya, Anda bertanya cara merawatnya harus bagaimana. Dan bilang kepada calon pelanggan Anda untuk menyediakan pakannya sendiri. Jadi tugas Anda hanya memberinya makan saja. Hal ini untuk menghindari Anda salah membeli makanan untuk hewan peliharaan itu.

Oiyaa.. pastikan juga si penitip hewan tersebut menyediakan kandangnya juga. Jangan sampai si hewan harus tidur sekasur dengan Anda. Karena belum tentu hewan tersebut bersedia ditiduri Anda.

7. Event Organizer Buka Puasa Bersama


Kehebohan saat bulan puasa adalah momen buka bersama. Entah itu dengan teman kuliah, teman semasa SMA dulu atau teman kantor. Buka puasa bersama seolah sudah menjadi tradisi. Dan menariknya, kadang ketika satu kelompok ingin mengadakan buka puasa bersama jadi saling lempar tanggung jawab untuk mengadakan persiapannya.

Disinilah peluang Anda, menjadi Event Organizer buka puasa bersama. Jadi, Anda yang mencari rekomendasi tempat, mengatur kelengkapan menu berbuka, sampai dengan membuat susunan acara. Menjadi pelaksana buka puasa bersama ini bisa Anda lakukan sendiri atau dengan membentu tim kecil.


Cara memulainya bagaimana?

Mulai data cafe atau restoran-restoran yang ada di sekitar tempat Anda tinggal. Kemudian promosikan EO Anda melalui media sosial. Anda bisa menawarkan berbagai paket dengan berdasarkan jumlah peserta buka bersama.

Misalnya ada paket mini, untuk 2-6 orang. Lalu ada paket medium, untuk 10-20 orang dan juga ada paket large untuk 50 orang lebih.

8. Jahit Baju Sarimbit (seragam keluarga)


Baju sarimbit seolah menjadi hal wajib bagi kalangan keluarga muslim yang akan merayakan idul fitri. Kebanyakan mereka menginginkan baju seragam untuk sekeluarga. Dan masalahnya, tidak semua orang tahu dimana menjahit baju untuk membuat seragam keluarga. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan baju sarimbit.


Cara memulainya bagaimana?

Mulai cari tukang jahit terdekat. Anda negosiasi, tanyakan berapa ongkos jahit. Sampaikan kepadanya perihal maksud bisnis Anda. Lalu coba pelajari bagaimana cara dia bekerja, apakah harus ada dana DP, atau bisa bayar sekaligus saat pengambilan baju seragam. Pastikan Anda bicarakan ini sejak awal dengan penjahit. Agar ketika menerima pertanyaan dari calon pelanggan, Anda sudah tahu jawabannya.

Naah itulah 8 Ide Bisnis Keren yang Bisa Anda Jalankan di Bulan Puasa dan Menjelang Hari Raya. Kira-kira ide yang mana yang sesuai dengan Anda. Coba pelajari setiap point diatas, dan pastikan Anda memilih yang termudah untuk dijalankan.

Mungkin sempat terlintas pertanyaan di benak Anda, mengapa saya lebih banyak merekomendasikan promosi terlebih dahulu sebelum persiapan produk/jasa jualan.

Saya akan jawab begini...

Jika Anda baru memulai bisnis, belum memiliki pengalaman jualan dan juga belum punya databse customer. Sebaiknya lakukan terlebih dahulu promosi, ini bertujuan untuk mengetahui respon pasar terlebih dahulu sebelum Anda melakukan stok produk. Dengan begitu, akan meminimalisir produk yang tidak terjual. Anda memiliki gambaran yang lebih akurat harus menyediakan stok berapa banyak.

Lagi pula, saya sudah membuktikan, betapa media sosial bukan saja berfungsi sebagai media silaturahmi dan curcol semata. Tapi juga bisa menjadi ladang mata pencaharian kita. Karena saya pribadi sudah full berjualan online sejak tahun 2012. Dan semua hal penting, teknis dan non teknis yang saya dapatkan dalam proses perjalannya saya tuliskan dalam >> EBOOK STASIUN DROPSHIP. Agar bisa dipalajari oleh siapapun yang ingin berjualan online.

Oiyaaa... Jika Anda memiliki ide bisnis yang berbeda selain 8 hal yang saya tuliskan diatas, boleh dong share di kolom komentar yaaa. Saya tunggu....

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger