26/01/18

4 Fitur Keren Whatsapp Business Layak Dicoba untuk Bisnis Online Anda

review whatsapp business

Popularitas Whatsapp semakin meningkat semenjak diakuisisi oleh Mark Zuckerberg pendiri Facebook. Dengan total pengguna di Indonesia sampai saat ini mencapai 63.221.843 orang, membuat Mark semakin serius mengembangkan paltform messenger ini.

Buktinya, beberapa hari yang lalu Whatsapp meluncurkan aplikasi yang diberi nama Whatsapp Business. Dari namanya saja sudah jelas ya bahwa aplikasi WA ini ditujukan untuk para pebisnis UMKM di Indonesia. Yess, sementara WA business ini tersedia hanya untuk pengguna di Indonesia. Berita diluncurkannya WA business saya dapatkan pada tanggal 23 Januari 2018. Lantas saya pun langsung mencobanya install di smartphone android.

Kalau LINE messenger punya LINE official (LINE@), kalau pada Whatsapp yaa punya Whatsapp Business ini..

Semua fitur yang ada pada Whatsapp messenger (personal) terdapat juga pada Whatsapp business ini. Tapi pada WA business ada beberapa tambahan yang membuatnya semakin menarik untuk dicoba.

Menurut saya, aplikasi ini sangat membantu Anda yang selama ini menggunakan Whatsapp sebagai platrform untuk berhubungan dengan konsumen. Ada beberapa fitur keren yang sudah saya coba sebagai berikut.

1. Fitur Balas Otomatis


Fitur ini memungkinkan Whatsapp merespon setiap chat yang masuk dengan balasan yang bisa kita buat sendiri. Jadi sekalipun Anda tidak 24 jam membuka whatsapp tetap bisa segera merespon chat yang masuk.

Pesan otomatis ini ada dua,

Pertama, pesan otomatis untuk siapapun yang baru pertama kali chat dengan anda
Kedua, pesan otomatis untuk setiap chat yang masuk diluar jam kerja.

2. Fitur Pesan Cepat 


Kalau di BBM dulu ada fitur auto teks yang bisa kita buat sendiri, nah di Whatsapp Business ini juga ada. Namanya jualan online biasanya pertanyaan-pertanyaan dari pembeli berputar di masalah yang sama. Anda bisa menjadikan fitur auto teks ini agar tidak selalu mengetik ulang jawaban setiap pertanyaan yang datang dari pelanggan yang berbeda.

3. Profil Bisnis


Setelah menginstall Whatsapp Business, orang lain bisa melihat profil bisnis kita yang memberikan informasi jam pelayanan, alamat website, email, alamat toko serta deskripsi singkat tentang bisnis kita. Jadi hanya dalam satu layanan whatsapp bisa memberikan informasi dasar kepada orang yang menghubungi kita.


4. Statistik Pesan


Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat data penting seperti seberapa banyak pesan Anda yang sukses terkirim, diterima, dan dibaca oleh pengguna. Dengan menganalisa statistik pesan membuat Anda lebih mudah melakukan optimasi chat dalam membangun interaksi dengan pelanggan.


Bagaimana, apakah Anda mulai tertarik mencoba menggunakan Whatsapp Business?


Anda bisa langsung pelajari dan download di sini >> Install WA Business

Oiyaa Anda dapat menggunakan kedua WhatsApp Business and WhatsApp Messenger pada telepon yang sama, tetapi setiap aplikasi harus menggunakan nomor telepon yang berbeda. Dan satu lagi, Whatsapp Business sementara ini baru tersedia hanya untuk smarpthone Android.

Dengan adanya dua whatsapp dalam satu Hp, tentu saja ini memberikan keuntungan bagi Anda memisahkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi.

Bagi Anda yang juga sudah mencoba, boleh dong share di kolom komentar manfaat apa yang bisa Anda dapatkan dari Whatsapp Business.
Baca juga: Omset MEROKET dengan Jurus WHATSAPP Marketing Ini.

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon