Tolonglah Orang yang PERLU dan SIAP Untuk Ditolong

cara menolong orang lain

Apakah Anda pernah menolong orang kemudian malah orang tersebut bersikap negatif terhadap Anda?

Entah itu dia jadi tidak suka dengan pertolongan yang Anda berikan atau dia malah berbalik jadi merugikan diri Anda sendiri. Padahal maksud Anda baik, tapi apa daya yang Anda terima ternyata bukan hal yang baik.

Menghadapi situasi seperti ini sangat tidak menyenangkan, betul?

Tapi itulah realita kehidupan yang penuh warna yang harus kita terima dengan bijak tanpa harus merasa kapok untuk menolong atau membantu orang.

Menurut saya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kita menolong orang lain. Sebaiknya hal ini dipahami oleh Anda agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


1. Luruskan Niat


Pastikan niat Anda hanyalah untuk membantu. Sama sekali tidak terlintas ingin mendapatkan balasan atau sekedar ucapan terima kasih. Yakini bahwa setiap perbuatan baik pasti akan kembali kepada orang yang berbuat. Tak peduli ada balasan atau tidak, ada ucapan terima kasih atau tidak. Karena niat Anda menolong adalah untuk melatih diri sendiri agar berhati dermawan.

2. Tolonglah Orang yang Perlu Ditolong


Siapa orang yang perlu ditolong? Mereka bisa jadi bukan orang yang meminta pertolongan kepada Anda secara langsung. Tapi ketika Anda melihat kondisi atau keadaan seseorang yang memungkinkan untuk Anda tolong, bergegaslah jangan menunda.

Tapi jangan sampai Anda menolong orang yang salah. Mereka adalah orang yang hanya mengeluh namun tidak ada keinginan untuk bangkit. Maunya diberi solusi instant, ketika kita berikan solusi untuk berproses biasanya banyak sekali alasan.

Mereka ini orang yang tidak perlu Anda tolong. Karena masalah sebetulnya bukan pada problem yang sedang dihadapi, tapi ada pada karakter dirinya sendiri.

Kesimpulan


Menolong adalah perbuatan mulia, namun di jaman saat ini sebelum menolong memang harus memperhatikan berbagai hal.

Itulah sebabanya kenapa sekarang ini ketika saya berbagi trik dan tips seputar bisnis online tidak serta merta memberikannya kepada semua orang. Saya memilih hanya ingin berbagi dengan orang-orang yang siap praktek.

Contohnya saya membagikan Ebook The Secret of Customer Service secara gratis namun tidak cuma-cuma. Ada dua syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut setidakya menjadi penyaring bagi saya untuk melihat sebesar apa usaha belajar orang yang menginginkannya.

Karena sehebat apapun ilmu, jika hanya sebatas teori maka manfaatnya tidak akan terasa. Dan ilmunya pun akan terasa tak berharga. Padahal yang namanya menghargai ilmu itu sangat diperlukan sebagai seorang pembelajar.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments
© Copyright 2017 Cara Bisnis Dropship Online - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger