02/12/17

15 Jurus Sukses Bisnis Online Shop 2018

cara memulai bisnis online shop dari nol tanpa modal

Saat ini, untuk memulai jualan online perlu membuat persiapan lebih detail jika Anda ingin berhasil menjalankannya. Karena setiap orang sudah bisa melakukannya, jika strategi Anda sama seperti mereka maka persaingan akan semakin ketat.

Ada banyak cara berjualan online shop untuk pemula yang bisa ditemukan dengan berselancar di internet. Akan tetapi kebanyakan sudah tidak relevan lagi dengan kondisi saat ini.

Anda perlu meninjau lebih dalam tentang persiapan membuat toko online sebelum benar-benar terjun menekuninya.

Saya mencatat setidaknya ada 15 hal yang harus Anda perhatikan.

1. Tempa mental baja


Tak ada gunanya menguasai banyak strategi dan metode pemasaran jika mental Anda lemah. Berbicara mengenai mental bukan hanya berani rugi saat menjalankan promosi, tapi juga perihal fondasi dasar Anda dalam menjalankan bisnis.

Karena Anda adalah seorang owner, artinya tidak ada lagi atasan saat ini yang bisa mengontrol kinerja Anda. Harus benar-benar bisa mendeteksi performa kerja diri sendiri.

Menjadi pengusaha atau penjual online memang bisa dengan leluasa mengatur waktur kerja. Tapi bukan berarti bisa semaunya saja. Apalagi sampai menunda pekerjaan hanya karena rasa malas.

Mental mandiri dan disiplin adalah hal pertama yang harus Anda miliki. Bahkan jika ini kali pertama Anda menjadi seorang penjual, ketahuilah kendala-kendala yang datang lebih banyak berasal dari diri Anda sendiri.

Kalau boleh saya katakan, usaha online pemula sebenarnya lebih banyak kepada usaha pembentukan mental produktif daripada perihal teknis bisnis.


2. Fikirkan target pasarnya


Siapa target pasar yang Anda bidik. Apakah laki-laki atau perempuan? Rentang usia dari berapa hingga berapa tahun yang akan Anda bidik?

Ini hal penting!

Dengan mengetahui siapa orang yang akan menjadi target pasar, Anda bisa leluasa kedepannya ketika ingin melakukan inovasi. Selain itu, dengan memperjelas target pasar Anda bisa menentukan pola interaksi yang optimal dengan mereka.

Menulis bahasa iklan untuk anak sekolah dengan orang yang sudah bekerja jelas berbeda. Mulai dari pemilihan kata, penggunaan gambar ilustrasi, hingga memilih kata sapaan.

Dengan mengidentifikasi target pasar, Anda bisa menemukan pola pendekatan terbaik kepada mereka. Anda akan mengalami banyak kendala saat menjual jika mendekati target pasar saja merasa kesulitan.

3. Ketahui cara cek ongkos kirim


Ini sangat diperlukan untuk Anda yang berencana menjual produk fisik. Sementara bagi Anda yang menjual produk digital, tidak perlu risau dengan ongkos kirim.

Anda bisa mencari website penyedia tarif ongkos kirim seperti cektarif.com atau langsung melalui official website kurir pilihan Anda

Ada juga cara lain, yaitu meminta file database ongkos kirim dari kurir terdekat. Biasanya Anda bisa mendapatkannya dari kantor cabang pusat atau kantor cabang pembantu, bukan melalui agen mereka.

Memberikan informasi ongkos kirim yang tepat dan akurat sangat penting dalam upaya menjaga pelayanan dan juga menjaga pendapatan. Karena jika ternyata ongkos kirim sebenarnya lebih mahal dari yang Anda bebankan kepada pembeli, maka selisihnya Anda harus menanggungnya. Dan ini sudah jelas akan memotong dari profit penjualan Anda

4. Siapkan rekening


Rekening ini akan menjadi pusat transaksi uang masuk dari setiap penjualan yang terjadi. Usahakan Anda memiliki beberapa nomor rekening dari bank-bank umumnya dimiliki oleh calon pembeli.

Setidaknya ada 4 rekening bank yang seringkali ditanyakan oleh pembeli, yaitu:

  1. BCA
  2. Mandiri
  3. BRI
  4. BNI
Menyediakan 3 dari 4 rekening yang banyak digunakan diatas, akan meringankan bagi pembeli. Karena kebanyakan orang masih enggan transfer kepada beda bank dikarenakan ada biaya administrasi bank 6.500 sampai 7.500 per transaksi.

5. Jangan malas mencatat


Catat setiap aktivitas penjualan perharinya. Setidaknya Anda harus mencatat nama, alamat, no Hp dan pesanan produk yang dibeli.

Lengkapi juga catatan harian dengan catatan keuangan, agar Anda bisa benar-benar mengukur setiap transaksi. Catat harga jual produk, harga beli, dan margin penjualan per transaksi.

Jika baru pertama kali memulai tidak perlu pusing memikirkan metode pencatatan yang sesuai dengan standar akuntansi. Catat saja sesuai dengan yang bisa Anda pahami. Kedepannya barulah perlahan-lahan dibenahi.

Anda bisa menjadikan catatan harian ini sebagai bahan evaluasi setiap akhir bulan. Jangan cuma mencatat ya, tapi juga harus mengevaluasi. 

Coba identifikasi penjualan apa yang paling banyak di bulan ini, kemudian pembeli dari kota mana saja yang paling banyak melakukan transaksi.

Ini bisa menjadi insight untuk peningkatan promosi Anda bulan berikutnya. Atau jika Anda menggunakan iklan berbayar, maka bisa Anda optimalkan untuk targetkan iklan hanya ke kota-kota terbanyak pembeliannya.


6. Jual produk yang Anda sudah tahu bagaimana harus menjual


Menjual makanan berbeda dengan menjual sepatu. Orang-orang bisa melakukan repeat order lebih cepat ketika membeli makanan selama rasanya pas di lidah mereka. Tapi tidak begitu dengan produk fashion. Jika produknya belum rusak, belum tentu mereka akan membelinya lagi bulan depan.

Ini sangat erat kaitannya dengan strategi pemasaran yang akan Anda lakukan. Anda harus mengetahui bagaimana harus menjual produk Anda.

Dengan mengetahui secara pasti bagaimana harus menjual setidaknya Anda akan memkirkan juga kemasan pada saat melakukan pengiriman.

Seperti apa tampilan yang aman untuk menjaga keutuhan produk, dan juga packaging seperti apa yang menarik di mata pembeli agar mendapatkan kesan pertama yang positif ketika menerima produk yang mereka beli.

7. Siapkan media promosi


Siapkan media promosi yang terbaik. Untuk mengetahui mana yang terbaik, kembalikan lagi kepada siapa target pasar Anda. Lalu dimana mereka seringnya berkumpul di dunia maya?

Jika Anda menjual produk untuk anak sekolah usia SMP dan SMA, memilih LINE sebagai media pemasaran sudah cukup baik. Tapi tidak begitu cocok jika Anda menjual produk-produk dengan segmen usia dewasa. Karena kebanyakan pengguna LINE adalah anak SMP dan SMA.

Berbeda medianya maka berbeda pula targetnya dan berbeda cara pendekatannya. Ini yang harus Anda benar-benar perhatikan agar target penjualan selalu tercapai setiap bulannya.

Termasuk ketika Anda memilih untuk menggunakan website sebagai media penjualan. Pastikan Anda sudah mengetahui website seperti apa yang bagus untuk menjangkau pasar Anda.

Ada banyak platform website yang bisa Anda pilih. Dari sekian banyak platform Anda harus sadari betul bahwa hal terpenting dari website bukan terletak pada tampilan maupun harga pembuatannya yang murah.

Lalu apa hal terpenting dari website?

Traffik!

Ya! Traffik atau pengunjung website itulah yang terpenting. Website Anda tidak akan berpengaruh terhadap pemasaran jika perharinya tidak ada orang yang datang mengunjungi web tersebut.

8. Kuasai produk knowledge


Sebanyak apapun metode atau cara jualan online shop yang sudah Anda kuasai, tetap saja pada akhirnya Anda harus menguasai produk knowledge. Ini adalah pengetahuan dasar Anda tentang produk yang dijual.

Pastikan Anda mengetahui bahan, dimensi ukuran, ketahanan (masa kadaluarsa) dan juga cara memakainya. 

Anda akan kesulitan meyakinkan seorang calon pembeli jika menjawab pertanyaan seputar produk yang Anda jual masih kebingungan. 

Jika Anda pelaku bisnis dropship, sebaiknya upayakan untuk membelinya terlebih dahulu. Agar Anda benar-benar bisa melihat produknya. Dengan begitu, Anda pun bisa dengan yakin dan percaya diri ketika menjelaskannya kepada calon pembeli.

9. Mulai jalankan kampanye digital


Saya bukan ingin membahas kampanye politik, ini adalah kampanye digital. Sebuah usaha yang berkelanjutan untuk memperluas jangkauan kepada calon pembeli. 

Anda bisa membuat di setiap media sosial akun official toko Anda. Selain meningkatkan awareness orang lain terhadap brand maupun toko online Anda, bisa juga dijadikan sebagai media kampanye digital Anda.

Kampanya digital bukan melulu berbicara mengenai produk yang Anda tawarkan kepada orang-orang. Ikut andil terhadap isu-isu yang tengah hangat menjadi pembicaraan juga termasuk kampanye digital. 

Buat kampanye digital yang saling berkaitan antara media sosial. Anda bisa mengarahkan follower tiwtter untuk ikut follow juga akun instagram Anda. Satu orang memfollow beberapa akun jualan Anda di sosial media ini akan berdampak bagus. Setidaknya mereka akan sering melihat apa yang Anda tawarkan.


10. Kuasai skill komunikasi


Sangat penting sekali memahami ilmu komunikasi dan penerapannya terhadap toko online Anda. Meskipun Anda dan calon pembeli tidak bertemu secara langsung, tetap saja prinsip komunikasi harus terjaling.

Komunikasi yang baik adalah yang terjadi secara dua arah. Bukan hanya Anda sendirian, atau mereka sendirian. Lakukan interaksi positif terhadap calon pembeli sekalipun mereka belum pernah membeli dari Anda.

Dengan menguasai skill komunikasi, Anda bisa dengan mudah membuat orang lain nyaman saat melakukan chat meskipun tidak bertatap muka secara langsung.


11. Jadilah pemberi solusi


Sejatinya, seorang penjual adalah seorang pemberi solusi. Ketika orang lain bertanya kepada Anda tentang stok celana jeans yang Anda jual, itu sama saja bahwa mereka sedang memiliki masalah. Dan masalahnya adalah, dia menginginkan celana jeans yang baru.

Jika Anda berpegang teguh terhadap prinsip pemberi solusi, maka sudah pasti Anda akan menawarkan produk terbaik yang Anda miliki. Betul?

Tentunya dengan tetap menyesuiakan terhadap spesifikasi produk seperti apa yang calon pembeli Anda inginkan.

Menjual itu bukan membuang barang. Percuma saja Anda menjual dengan harga murah jika ternyata kualitasnya murahan. Karena tidak ada seorangpun yang ingin mendapatkan produk dengan kualitas buruk.


12. Berusaha konsisten


Konsistensi adalah perihal ketekunan dan keyakinan. Jika Anda terus melakukan update informasi secara konsisten, mempelajari produk knowledge secara konsisten dan melakukan aktivitas pemasaran secara konsisten, saya yakin usaha Anda tidak akan sia-sia.

Konsistensi adalah permasalahan klasik yang sering kali menggugurkan harapan seseorang menjadi pengusaha sukses.

Saya menyadari betul, bahwa untuk terus konsisten bukan perkara mudah. Tapi setidaknya Anda harus benar-benar bisa mengtaur waktu, membuat jadwal aktivitas harian dan berusaha untuk menepatinya.

Mintalah orang-orang terdekat Anda untuk ikut mengingatkan jika ada jadwal harian yang terlewatkan. Bisa kepada istri/suami, atau sahabat terdekat Anda.


13. Upgrade ilmu marketing digital


Sering saya tulis di media sosial maupun saat melakukan diskusi bersama para pelaku bisnis online lainnya, bahwa ilmu marketing digital itu dinamis.

Berbagai trik dan pemahaman Anda saat ini belum tentu akan sejalan dengan kondisi satu tahun kedepan. Anda sedang hidup di era digital yang dengannya transformasi informasi bisa berjalan bergitu cepat. Cara jualan online shop bukanlah ilmu pasti.

Ide atau strategi pemasaran yang Anda lakukan saat ini bisa jadi sudah terfikirkan juga oleh orang lain di belahan bumi sana. Tidak ada teknik marketing yang abadi, semua perlu peningkatan dan penyesuaian. 

Kebutuhan untuk selalu melakukan upgrade ilmu bisnis dan marketing adalah sebuah keharusan yang dilakukan oleh para penjual online seperti Anda.

Salah satu program menarik yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan skill marketing, terutama Anda yang memilih Facebook sebagai media jualan saat ini adalah "Bongkar Rahasia Jualan Online Banjir Order dari Facebook"

14. Perluas relasi dengan rekan se-profesi


Setiap perjalanan meraih cita-cita selalu ada tantangan yang harus dilalui. Begitu juga dengan perjalanan Anda menjadi penjual online.

Sebaiknya Anda mempunya satu komunitas yang didalamnya terdapat orang-orang yang juga memiliki aktivitas dan tujuan sama seperti Anda.

Karena kendala terberat biasanya selalu timbul dari diri sendiri seperti ketidak-konsistenan bahkan hingga rasa malas yang sedang menjangkit Anda.

Jika Anda memiliki komunitas yang juga sama dengan Anda, mereka akan menjadi orang-orang yang dengan senang hati mengingatkan Anda ketika bisnis mulai kendur.

Bahkan dari mereka, Anda bisa bertukar fikiran seputar permasalahan yang dihadapi juga seputar teknik marketing yang efektif untuk dicoba terhadap bisnis Anda.

Memiliki rekan se-profesi sangat menyenangkan, bukan saja yang berhubungan dengan bisnis. Tapi Anda akan memiliki relasi baru, teman baru dan keluarga baru.


15. Investasi ilmu



Orang-orang sukses menghabiskan waktunya bertahun-tahun untuk melakukan trial dan error menjalankan bisnisnya. Jika ada salah satu dari mereka mengadakan seminar atau workshop, sebaiknya Anda jangan melewatkan hal ini.

Bayangkan, Anda tidak perlu ikut melakukan kesalahan seperti yang pernah mereka lakukan. Tapi Anda bisa mempelajari pengalaman mereka dan menerapkannya terhadap bisnis Anda.

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa jualan online adalah bisnis yang membutuhkan orang lain untuk percepatan pertumbuhan.

Jangan pelit terhadap ilmu, jika Anda merasa butuh dengan materi seminar atau wokrshop yang akan diadakan, ikuti segera meskipun harus bayar. Memang dengan mengikutinya belum tentu Anda akan mendapatkan ilmu baru. Maka, apalagi jika Anda tidak mengikutinya.


Kesimpulan


Saya tidak akan mengerucutkan apa yang sudah Anda baca sejak awal artikel ini. Biarkan pemikiran Anda yang menyimpulkannya. Meski begitu, izinkan saya menyampaikan satu hal..

Memasuki tahun 2018 yang lebih kompetitif, diperlukan upaya yang matang bagi Anda yang baru memulai bisnis online dari nol. Jangan berfikir bisnis online itu mudah lantas tidak ada upaya serius untuk belajar. Karena mudah itu bagi yang mau belajar, kalau Anda malas ya tetap saja sulit.

Setelah 15 hal diatas Anda aplikasikan dalam menjalankan aktivitas bisnis online dan melihat ada kemajuan, silahkan duplikasi, ulangi polanya untuk pengembangan bisnis Anda yang lebih besar, lebih banyak dan tentunya lebih menguntungkan.

This Is The Newest Post

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon