14/11/17

Dampak Teknologi, Bisnis Semakin Mudah Tapi Persaingan Semakin Ketat

dampak sosial media untuk bisnis dropship reseller online

Semakin mudahnya mendapatkan dan membagikan informasi ternyata sukses mengubah iklim bisnis di Indonesia saat ini. Ketika jarak bukan lagi halangan, transaksi jual beli bisa terjadi antar pulau meskipun hanya untuk membeli pampers bayi.

Siapapun bisa memulai berjualan, dengan modal sedikit bahkan tanpa modal sama sekali. Selagi dia bisa terkoneksi ke internet, dan dapat mengakses media sosial maka proses menjaring pembeli bisa dilakukan.

Tapi ada juga dampak lainnya yang mesti disiasati oleh siapapun yang saat ini jualan online. Baik secara dropship ataupun produk sendiri. Karena trend akan cepat bergeser, pesaing akan cepat bermunculan. Dan akibatnya perang harga tidak bisa terhindarkan.

Bagaimana menyikapinya?


Pertama, Anda sebagai penjual online tentu dituntut harus peka terhadap pergeseran trend. Dengan cara mengikuti perkembangan yang sedang viral di media sosial atau mengamati langsung produk best seller di marketplace.

Kedua, tentukan posisi Anda. Apakah sebagai pemilik produk ataukah sebagai pemasar saja (reseller). Jika Anda pemilik produk, maka fokuslah memproduksi produk-produk yang sedang trend dan yang akan trend. Jika Anda sebagai pemasar, harus terus mengikuti perkembangan teknik pemasaran yang terbaik saat ini.

Ketiga, jadilah spesialis. Untuk dapat keluar dari persaingan yang semakin ketat sebaiknya Anda memilih lebih fokus sebagai penjual satu produk. Terlebih lagi menjual produk yang belum banyak dijual orang lain.

Contohnya, daripada Anda menjual baju kemeja kerja, akan lebih sedikit saingannya ketika Anda menjual pointer presentasi. Dan contoh lagi, daripada Anda menjual sepatu wanita akan lebih mudah dan lebih sedikit pesaingnya jika Anda menjual casing hape.

Ngomong-ngomong casing Hp, bagi Anda yang kebetulan berminat menjualnya, saat sebelum saya menulis artikel ini, saya menemukan 1 website yang fokus menjual casing Hp dan bantal motif. Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung, silahkan cek terlebih dahulu langsung websitenya :

Panduan Bisnis Casing Hp

Seperti yang sudah sering saya tuliskan, untuk memulai bisnis di masa sekarang ini jauh lebih mudah daripada orang tua kita terdahulu. Semua kembali kepada kemauan belajar dan komitmen serius.

Daripada hanya menjadi korban trend selfie di media sosial, lebih baik jadi korban trend jualan juga. Karena jualan jelas-jelas mendatangkan profit. Banyak sudah kisahnya, orang-orang yang berhasil mendirikan bisnis bermula dari jualan online.

Oiya satu lagi, untuk Anda yang memposisikan dirinya sebagai pemasar/reseller saat ini sebaiknya harus terus giat belajar teknik-teknik jualan yang baru. Dan goal bisnis Anda harus berujung pada punya produk sendiri. Jangan selamanya jadi reseller...

Apakah informasi ini bermanfaat untuk Anda??

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon