24/11/17

Cara Promosi Travel Umroh 'Jaman Now' Melalui Internet (SEO)

tips SEO travel umroh murah

Di Bandung khususnya, bisnis travel umroh semakin menjamur dimana-mana. Promosi adalah kegiatan penting dalam suatu bisnis untuk meningkatkan penjualan. Ada banyak cara untuk melakukan promosi travel umroh di internet.

Salah satunya adalah dengan teknik SEO. Search engine optimization adalah kepanjangan dari SEO. Penjelasan secara sederhana, SEO adalah teknik optimasi mesin pencari. Dengan melakukan optimasi, web travel umroh Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna ketika mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan travel umroh.

Lalu bagaimana cara menerapkan teknik SEO untuk bisnis Travel Umroh?


Saya akan menjelaskan secara singkat saja perihal tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Karena jika saya menjelaskan detail pun belum tentu paham saat penerapannya. SEO bukanlah ilmu marketing yang instant dipelajari. Butuh pemahaman dasar (mindset) dan penguasaan teknis untuk melakukannya.

Harus Memiliki Website Informasi Bisnis Travel Umroh


Website ibarat rumah kita di Internet. Jika Anda menginginkan orang lain menemukan bisnis Anda melalui internet maka harus memiliki website. Di sanalah tempat pusat informasi seputar bisnis travel umroh Anda.

Tapi sayangnya banyak pebisnis travel umroh yang membuat website hanya alakadarnya saja. Tidak teroptimasi dengan baik untuk keperluan internet marketing dan optimasi SEO. Bahkan ada yang hanya mementingkan desain website yang bagus, tapi lupa harus memperhatikan sisi marketing.

Logika sederhananya begini, untuk apa Anda memiliki website tapi pengunjung website per harinya masih sangat sedikit.

Selain jumlah kunjungan, yang harus diperhatikan juga adalah jumlah konversi penjualan. Seberapa efektif website berhasil menambah jamaah setiap pemberangkatan umroh?

Oke, jadi sekarang Anda sudah paham bahwa website untuk bisnis itu bukan sekedar ada saja. Jangan asal bikin, lantaran tergiur dengan jasa pembuatan website murah tapi lupa dengan hal yang paling krusial yaitu dampaknya terhadap pemasaran.

Perhatikan Backlink, Jangan Asal-Asalan


Mungkin beberapa dari Anda sudah paham dengan istilah backlink. Tapi tidak menutup kemungkinan masih ada saja yang asing mendengar istilah backlink. Baiklah, saya akan menjelaskan secara singkat.

Backlink adalah tautan link dari luar website yang mengarah kepada website Anda. Untuk memudahkan memahaminya, mari kita sederhanakan lagi bahwasanya semakin banyak backlink secara logika berarti website Anda direkomendasikan oleh banyak orang.

Namun ada hal penting yang harus dilakukan. Saat ini update algoritma google sudah tidak seperti 3 atau 4 tahun yang lalu. Penggunaan backlink yang tidak sesuai dengan kaidas SEO terbaru justru akan memperburuk reputasi website dimata mesin pencari.

Sekarang jamannya menggunakan backlink berkualitas. Maksudnya, carilah backlink dari website lain yang memiliki topik pembahasan yang sama. Selain itu, semakin populer website yang memberikan backlink kepada website Anda, maka akan semakin tinggi skor SEO untuk website travel umroh Anda.

Misalnya saja saya menyelipkan backlink dalam artikel ini yang menuju kepada website taskoper.co.id, karena web ini salah satu klien saya yang fokus sebagai konveksi Koper Umroh berkualitas. 

Konten Menarik Membentuk Brand Image


Saya perhatikan banyak jasa travel umroh di Bandung yang belum sepenuhnya membentuk brand image terhadap bisnisnya. Anda mungkin sudah paham bahwa bisnis travel umroh erat kaitannya dengan ibadah. Dan yang namanya ibadah sudah tentu ada syarat-syarat tertentu agar ibadah umrohnya diterima.

Jelas sudah bahwa bisnis travel umroh bukan sekedar memberangkatkan orang-orang ke tanah suci. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa dengan berangkat bersama travel umroh Anda mereka akan mendapatkan bimbingan khusus perihal umroh.

Menurut wikipedia, Umrah adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Hampir mirip dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram.

Mulailah membangun brand image dengan membagikan konten terbaik perihal tata cara ibadah, syarat sah umroh dan sebagainya. Konten adalah bentuk komunikasi promosi terselubung yang sangat efektif. Dengan orang lain merasakan manfaat dari konten yang Anda suguhkan, bukan tidak mungkin mereka akan percaya dan tertarik menjadi jamaah travel umroh Anda.

Selain membentuk brand image, dengan adanya konten yang berkualitas dari website travel umroh Anda, maka website Anda berpotensi mendapatkan backlink dari website orang lain yang mengutip isi artikel selama kutipan tersebut mencantumkan sumber aslinya yang menuju ke website travel umroh Anda.

Jangan Lupakan Cara Promosi Konvensional


Tidak selamanya internet marketing menjadi satu-satunya media promosi yang bisa Anda lakukan. Sementara tim IT Anda bekerja untuk optimasi promosi melalui internet, Anda bisa juga tetap melaksanakan promosi dengan cara konvensional.

Membuat flyer


Anda bisa mendesain flyer yang berisi informasi mengenai travel umroh Anda. Tidak perlu menuangkan semua informasi kepada selembar flyer karena akan membuat orang lain enggan membacanya.

Anda cukup menuliskan headline yang memikat dan membuat penasaran. Ditambah dengan testimoni jamaah yang pernah berangkat umroh menggunakan travel Anda.

Setelah itu jangan lupa cantumkan alamat kantor dan kontak customer service. Bagian ini sebagai call to action bagi orang yang membaca flyer Anda. 

Pilih tempat yang tepat untuk membagikan flyer travel umroh ini?


Membagikan flyer kepada orang yang salah sama saja dengan membuang-buangnya. Kurang pas rasanya jika Anda membagikan flyer kepada anak sekolah. Bukan tidak mungkin mereka ada yang tertarik, namun anak sekolah bukanlah target market potensial untuk travel umroh.

Anda bisa memilih kegiatan majelis ta'lim yang banyak dihadiri oleh jamaah. Ini lebih potensial menjadi target market Anda. Karena bisnis travel umroh erat kaitannya dengan ibadah. Mereka yang memiliki uang belum tentu ada sudah ada keinginan dan kesadaran untuk berangkat umroh. 

Maka sebaiknya targetlah mereka yang memiliki kesadaran namun belum memiliki uang, ini lebih mudah untuk menarik mereka. Terlebih lagi ketika Anda memiliki promo diskon khusus.

Endorse tokoh yang memiliki banyak jamaah


Kegiatan endorsement menjadi salah satu cara paling mudah dalam memikat orang lain untuk tertarik menggunakan jasa travel umroh Anda. Ada dua cara untuk melakukan endorse, yaitu cara langsung dan referensi.

Cara langsung adalah Anda bisa memberangkatkan salah seorang ustad atau penceramah yang memiliki banyak pengikut untuk melaksanakan ibadah umroh. Kemudian mendokumentasikan dari awal pemberangkatan sampai kembali ke Indonesia.

Jangan lupa minta testimonial seputar perjalanan ibadah umroh yang telah dilakukan. Dan sebarkan testimonial ini di flyer atau brosur.

Sedangkan cara tidak langsung adalah dengan meminta kepada tokoh tersbeut untuk mereferensikan kepada jamaahnya seputar jasa travel umroh yang Anda miliki. Tawarkan komisi yang menarik setiap ada jamaah yang mendaftar untuk berangkat umroh berdasarkan referensinya.

Kesimpulan Promosi Travel Umroh Melalui SEO


SEO kini bukan lagi mengandalkan tools dan teknik. SEO sekarang lebih mengedepankan manfaat dan informasi yang akurat. Jangan berharap bisa melakukan promosi website travel umroh Anda dengan cara spamming. Karena hal itu hanya akan sia-sia saja, bahkan website Anda akan terkena pinalti dari google.

SEO jujur dan apa adanya dengan mengutamakan kualitas akan memberikan efek yang natural dan permanen. Anda tidak perlu memikirkan trik-trik lama yang beresiko terhadap skor SEO website.

SEO jaman now, semakin cerdas dan sulit untuk dikelabui.

Selain mengoptimasi pemasaran melalui internet, Anda boleh juga melakukan cara promosi konvensional diatas. Karena metode SEO untuk pemasaran travel umroh Anda memerlukan waktu minimal 3 bulan untuk melihat hasilnya.

Jika masih ada pertanyaan seputar cara promosi travel umroh melelui internet, silahkan Anda tanyakan melalui kolom komentar pembaca di bawah ini.

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon