24/11/17

Bongkar Rahasia Jualan Online Banjir Order dari Facebook

Anda  sudah menggunakan Facebook untuk jualan online? 


Memang menggunakan Facebook itu mudah, bisa diakses oleh siapa saja asalkan memiliki gadget dan koneksi internet. Membuat akun Facebook hanya menggunakan email, caranya pun sangat cepat. Kita bisa melengkapi dengan foto profile dan keterangan data diri. Tapi meskipun hampir semua orang memiliki akun facebook namun ternyata tidak semua orang tahu menggunakan Facebook yang tepat dan cepat untuk jualan online.

Ada perbedaan mindset yang mendasar ketika Anda memutuskan untuk jualan menggunakan Facebook. Pada dasarnya Facebook adalah media yang kita gunakan untuk mencari orang-orang yang tertarik membeli produk kita. Dengan pertumbuhan pengguna Facebook yang semakin bertambah, tentu saja ini menjadi lahan market potensial yang sangat menguntungkan jika kita mau mempelajari caranya.

Mindset apa saja yang harus kita kuasai sebelum berdagang online di Facebook?


1. Bayangkan jika Facebook adalah Negara Majemuk


Di negara Indonesia saja, terdiri dari berbagai macam daerah dan suku bangsa. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Mulai dari budaya, bahasa dan adat istiadat tidak sama antara penduduk di Pula Jawa dan luar Pulau Jawa.

Misalnya saja Anda saat ini berada di Jawa Barat yang sehari-hari menggunakan bahasa Sunda. Bisa kita bayangkan akan sangat sulit berkomunikasi menggunakan bahasa Sunda jika Anda pergi ke Padang. Permisalan lainnya bisa dengan makanan, ketika Anda berada di Padang lalu mencari makanan khas Sunda tentu saja tidak mudah untuk ditemukan. Mungkin hanya di tempat-tempat tertentu saja di Padang yang menyediakan makanan khas Sunda.

Kemajemukan ini yang harus Anda perhatikan lebih dalam. Anda tidak bisa menganggap semua pengguna Facebook adalah pasar potensial untuk produk yang Anda jual. Sebagian orang mungkin sangat tertarik dengan produk Anda, tapi sebagian lagi mungkin agak tertarik dan sebagian lainnya sama sekali tidak tertarik untuk membeli produk Anda.

Anda sudah mulai paham dengan intinya?

Begini, semakin besar kolam, semakin beragam jenis ikan yang ada di dalamnya. Dan setiap ikan memiliki karakteristik tersendiri. Anda tidak mungkin bisa memancing ikan Kakap dengan kail dan umpan untuk memancing ikan Hiu. 

2. Menjadi Beda dari Pesaing


Produk apapun yang Anda akan jual, seharusnya memiliki perbedaan dengan produk pesaing. 
Jika saat ini produk Anda masih sama dengan yang sudah ada, maka pastikan Anda sudah benar-benar mengenalinya secara menyeluruh. Bukan saja khasiat atau manfaat produknya tapi juga berbagai macam angle atau persepsi tentang produk Anda.

Lakukan eksplorasi produk secara mendetail sebagai bahan untuk menarik minat calon pembeli. Dengan menyebutkan lebih banyak manfaat tentu saja akan membuat produk Anda semakin bernilai tinggi. Karena pembeli bisa mendapatkan banyak manfaat dari satu jenis produk Anda. Bukankah itu akan membuat produk Anda menjadi lebih menarik dan berbeda?

Sebisa mungkin menjual produk yang unik. Caranya bisa dengan menambah varian warna yang tidak dijual orang lain atau dengan mengubah ukurannnya. Jika produk kompetitor menjual dengan ukuran besar, maka Anda bisa memilih menjual dengan ukuran kecil.

Menjadi beda itu penting. Jika Anda menjual produk yang juga dijual orang lain, kemudian Anda menyuguhkannya sama juga seperti produk orang lain, lalu apa alasan kuat pembeli untuk memilih membeli dari Anda?

Coba saja Anda ingat-ingat, dari sekian banyak teman atau orang yang sudah pernah bertemu dengan Anda, hanya ada dua hal saja yang membuat Anda tetap mengingat mereka. 

Pertama, Anda masih sering bertemu dengan orang tersebut. Dan kedua, orang yang pernah Anda temui atau pernah kenal sebelumnya memiliki kepribadian unik. Sehingga fikiran Anda sangat lekat mengingat tentang dirinya. Masuk akal?

3. Mempelajari Detail Fitur Facebook


Anda bisa saja menjual produk atau jasa menggunakan akun facebook pribadi saat ini. Namun sebetulnya hal tersebut masih menjadi pertanyaan oleh sebagian besar pengguna. Karena sebetulnya Facebook sudah menyediakan fanpage dan akun bisnis khusus untuk jualan. Bahkan sempat ada yang merasa kecewa karena akun profile facebook pribadinya di suspend oleh Facebook dikarenakan dipakai untuk berjualan.

Sedangkan jika Anda menggunakan fanpage Facebook ada banyak fitur atau fasilitas yang memudahkan untuk jualan online. Fanpage facebook atau sama dengan halaman facebook, didalamnya ada fitur katalog online untuk display produk Anda. Bahkan jika Anda sudah memiliki website bisa juga diintegrasikan dengan toko online Anda.

Selain itu, dengan menggunakan Fanpage facebook Anda bisa memasang iklan berbayar untuk lebih meningkatkan penjualan. Mempelajari facebook sebagai media periklanan butuh waktu dan ketekunan. Minimal harus menguasai targetting produk Anda, siapa pasarnya, berapa usia rata-rata orang yang tertarik membeli produk Anda?

Dari 3 Mindset yang sudah dijelaskan diatas, pastikan Anda sudah memahami secara utuh intinya sebelum memulai jualan di facebook. Jangan mimpi bisa mendapatkan peningkatan penjualan di Facbeook jika Anda tidak mau belajar memahami dan juga menguasai hal teknis lainnya.

Persiapan Teknis Jualan di Facebook


Setelah mindset, berikutnya adalah menguasai teknis yang berkaitan dengan Facebook dan juga produk Anda. Ada berbagai aspek yang penting Anda kuasai misalnya teknik Copywriting dan juga teknik melayani calon pembeli. 

Facebook adalah media sosial tempat setiap orang melakukan interaksi sosial di dunia maya. Jadi pada dasarnya Facebook berbeda dengan marketplace yang memang dibuat untuk tempat jualan online. Sebagian besar orang yang mengunjungi marketplace seperti tokopedia, bukalapak atau shopee adalah mereka yang memang sudah punya niat untuk membeli atau menjual produk.

Sedangkan di Facebook, setiap orang yang mengakses Facebook dalam satu waktu belum tentu memiliki niat untuk membeli atau menjual produk. Bisa saja mereka sekedar ingin mengisi waktu disaat sedang antri di Bank, atau sedang dalam perjalanan di kereta.

Oleh karena itu, kreativitas seorang penjual dalam mempublikasikan produk jualannya di Facebook menjadi faktor penting yang harus dikuasai. Bagaimana caranya mengubah minat orang yang melihat produk Anda dari sekedar iseng menjadi minat membeli dan bertansaksi dengan Anda.

Untuk lebih memberikan gambaran yang akurat perihal cara jualan online laris di Facebook, silahkan lanjutkan membaca 2 hal penting berikut ini

1. Siapkan Foto Produk Terbaik


Foto adalah media utama untuk memudahkan Anda jualan online di Facebook. Jika diibaratkan toko, maka foto adalah etalase produk yang bisa dilihat oleh calon pembeli. Sebaiknya Anda menyediakan foto dengan resolusi sedang dan ketajaman yang cukup. Jangan sampai memaksakan upload foto produk dengan kondisi kualitas foto buruk.

Pastikan juga Anda memotret berbagai sisi foto produk Anda. Tampak depan, samping, atas, belakang bahkan saat produk Anda sedang dipakai/digunakan. Anda bisa membuat sesi pemotretan produk menggunakan orang lain sebagai model. Pilihlah model yang sesuai dengan produk Anda dan juga sesuai dengan terget market yang Anda bidik.

2. Skill Customer Service


Jika Anda memiliki cafe sangat perlu sekali adanya waiters atau pelayan. Mereka inilah yang akan melayani setiap pembeli yang datang ke cafe Anda. Nah begitu pula dengan jualan online di Facebook. Anda juga harus mempersiapkan beberapa pelayan yang akan menangani setiap pertanyaan dan keinginan 

Tapi yang menarik, jika Anda jualan online di Facebook tidak harus merekerut banyak karyawan untuk melayani pembeli apalagi jika toko online Anda masih baru yang masih sedikit penjualan setiap harinya.

Iya, karena antara pembeli dan penjual tidak bertemu dalam satu tempat maka Anda bisa melayani banyak orang sekaligus. Gunakan saja aplikasi chat yang sangat populer seperti LINE, WhatsApp dan BBM dalam melayani calon pembeli. Dan semuanya bisa Anda sendiri yang mengerjakannya.

Menarik bukan?

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang optimasi Customer Service, silahkan baca postingan saya "Bongkar Trik Ampuh Cara Melayani Chat Pembeli Toko Online Anda"

Faktor Penting Penyebab Sukses Jualan Online di Facebook


Masalah yang sering dihadapi saat jualan online di Facebook ada banyak sekali. Jangan hanya melihat peluang keuntungan saja, Anda harus mengetahui juga berbagai kendalanya. Dengan begitu, Anda memiliki persiapan yang bisa dijadikan solusi ketika menemukan kendala jualan online di Facebook.

Dari sekian banyak orang yang sukses meraup jutaan bahkan ratusan juta melalui Facebook saya melihat setidaknya ada 3 penyebab. Apa saja?

1. Mau Tekun Belajar


Media sosial itu dinamis, artinya setiap bulan bahkan setiap minggu selalu terjadi perubahan. Baik dari sisi pengguna maupun dari sisi layanan Facebook itu sendiri. Perubahan ini ada banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah faktor kehidupan nyata.

Maka sangat keliru, jika Anda berfikir jualan Facebook itu semudah menggoreng telor mata sapi. Terlebih lagi Anda bukan orang yang senang belajar hal hal baru. 

Mereka yang sudah terlebih dahulu sukses adalah mereka yang terus menerus belajar dengan tekun. Membaca berbagai macam sumber buku tentang Marketing online. Mengikuti kursus-kursus tentang Facebook marketing. Selalu haus akan ilmu baru, membuat mereka meraih profit yang jumlahnya tidak sedikit dengan mengandalkan Facebook.

Anda juga bisa!

Ya, Anda bisa selagi mau berhenti menjadi orang malas.

2. Pantang Menyerah 


Menyerah bukanlah sikap setiap pemenang. Anda tidak akan berhasil jualan sukses di Facebook jika karakter diri Anda sebagai orang yang mudah menyerah. Setiap keberhasilan adalah hak mereka yang mau terus berusaha.

Sayangnya, ada banyak orang diluar sana yang memiliki keinginan sukses jualan di Facebook namun memiliki mental lembek dan jauh dari sikap seorang pemenang. Mudah mengeluh dan memelas, lebih memilih untuk memelihara rasa malas.

Biarlah itu urusan mereka. Kemalasan dan kemelasan tidak akan membuat seseorang menjadi sukses dan bernasib baik. Saya yakin, Anda yang membaca artikel ini tidak termasuk kedalam golongan orang orang yang malas. Buktinya, Anda masih rajin membaca sampai kalimat ini. 

Mereka yang tidak mengenal kata menyerah selalu memiliki motivasi tinggi untuk mengikuti seminar-seminar tentang Facebook Marketing, atau mengikuti workshop Facebook marketing meskipun mereka harus membayar jutaan rupiah demi mendapatkan upgrade materi baru.

Bagaimana dengan Anda.. Apakah siap untuk melakukan upgrade ilmu? Atau masih berfikir bahwa ilmu itu tidak penting?

3. Belajar dari Pakarnya


Sebetulnya belajar bisa dengan bantuan siapa saja. Minimalnya dengan teman Anda yang juga memiliki keinginan untuk jualan online di Facebook. Dia bisa menjadi teman bertukar fikiran dan berbagi pengalaman tentang jualan online. Anda bisa ambil pengalaman positifnya, dan jadikan pelajaran untuk setiap pengalaman negatifnya.

Tapi jika tidak ada seorang temanpun yang mau diajak bertukar fikiran, sebaiknya Anda mencari seorang mentor. Mau? Silahkan lanjutkan membaca...

Anda ingin belajar jualan online di Facebook?

Kepengen banjir orderan toko online dari Facebook?

Ingin belajar langsung dari pakarnya?


Jika iya, ini bukanlah suatu kebetulan, salah satu mentor ternama yang sudah memiliki kredibilitas tinggi dan sertifikat terpercaya siap membocorkan kepada Anda rahasia jualan laris di facebook. 

Menariknya, dia membuat semua materi tersebut dalam bentuk video yang mudah untuk dipelajari dan dipraktekkan langsung, bahkan oleh Anda yang masih pemula sekalipun dalam bidang jualan online. 

Jika Anda memiliki keinginan kuat untuk sukses, mengembangkan lebih besar bisnis, mensejahterahkan keluarga dan orang-orang sekitar Anda, maka inilah saat yang tepat.

Saya akan perkenalkan Anda kepada salah satu mentor internet marketing, yang dengan senang hati mengupas rahasia sukses jualan online di Facebook dalam bentuk video.

Silahkan berkenalan langsung dengan beliau melalui link di bawah ini

Kupas Tuntas Strategi Jualan LARIS Di Facebook

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon