Ternyata Ini Resep Utama dalam Membangun Sistem Bisnis

bagaimana membangun sistem bisnis terbaik


Sobatpreneur..

Seperti pada tulisan saya sebelumnya, membangun sistem bisnis perlu waktu dan trial error yang tidak bisa instant. Saya sempat memberikan tips bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis namun modal minim. Silahkan baca ulasan lengkapnya disini 3 Pilihan Sistem Bisnis untuk Anda


Sistem pertama yang harus difikirkan adalah saluran distribusi. Terlepas apakah produk Anda berupa fisik maupun jasa. Memperbanyak saluran distirbusi adalah keharusan yang perlu dilakukan.

Untuk memudahkan memahami saluran distribusi, saya akan memberikan contoh singkat berikut ini.

Beberapa waktu yang lalu vendor selular ternama Smartfren membuat gebrakan yang cukup menggiurkan bagi para penggunanya. Smartfren rela menukar smartphone para penggunanya dengan versi terbaru. Gak tanggung-tanggung, smartphone terbarunya sudah support 4G, dengan spesifikasi yang lumayan canggih. Dengan RAM saja bisa sampai 2Gb.

Hal ini terbukti secara nyata. Karena tetangga saya yang memiliki Hp smartfren versi lama bisa mendapatkannya dengan hanya membayar uang administrasi sebesar Rp 300rb. Bahkan, di beberapa daerah bisa mendapatkannya secara gratis.


Menurut Anda, apakah smartfren sudah gila melakukan hal ini?


Jika kita fikirkan sekilas, mungkin memang iya. Kok mau sih smartfren melakukan ini? Apa dia gak rugi?

Sekelas perusahaan besar tentu sudah membuat kalkulasi matang sebelum memutuskannya. Tidak mungkin jika langkah yang diambil akan merugikan perusahaan. Kemungkinan yang ada bisa jadi smartfren hanya menunda menarik keuntungan.

Coba kita tinjau sejenak dari sudut pandang kita sebagai orang yang tidak tahu strategi marketing apa yang sedang dijalankan, mengapa smartfren rela melakukannya..?

Menurut perkiraan saya, apa yang dilakukan smartfren adalah dalam upaya mempertahankan titik distribusi. Smartfren rela mengalokasikan budget promosi untuk membelikan Hp baru para penggunanya. Dengan begitu, penggunanya tidak bisa lari ke merk smartphone lain. Dengan begitu pula, penjualan pulsa prabayar bisa tetap terjadi karena penggunanya masih setia menggunakan layanannya.


Smartfren rela menunda menarik keuntungan, dan akan memetiknya melalui penjualan retail pulsa. 


Hmmm.. masuk akal?

Hal ini pula yang ingin saya sampaikan kepada Anda. Apakah selama ini Anda sudah optimal memperbanyak saluran distribusi? Bukan cuma memperbanyak tapi juga mempertahankan yang sudah ada.

Jika Anda menjual produk sepatu pria, maka setiap konsumen yang membeli adalah saluran distribusi baru untuk Anda. Suatu hari nanti akan terjadi repeat order. Dan pada kesempatan selanjutnya Anda bisa melakukan up sales. Menawarkan produk baru, atau menawarkan produk pelengkap seperti kaos kaki misalnya.

Setelah Anda membaca sampai disini, maka Anda sudah harus mencari tahu bagaimana cara merancang saluran distribusi efektif dan jangka panjang.

Sekali lagi, dan berulang kali sudah saya sampaikan bahwa membangun sistem bisnis tidak bisa instant. Untuk Anda yang masih minim saluran distribusi, bisa saja bergabung dengan bisnis yang sudah berjalan dengan saluran distribusi yang sudah terjaga dan loyal.

Setelah saya mengamati berbagai model bisnis yang bisa dijalankan secara perorangan, akhirnya saya memiliki kesimpulan bahwa bisnis MLM adalah salah satu bisnis yang paling detail memperhatikan saluran distribusi. 

Ternyata saya selama ini salah telah anti-pati terhadap bisnis MLM. Padahal sistem bisnis inilah yang bisa memberikan percepatan sukses.

Karena apa?


Karena sistemnya sudah terbangun dan terpelihara. Terbangun melalui sistem spnsorship dan terpelihara oleh sistem bonus-bonus perkembangan jaringan. 


Lalu bagaimana dengan Anda?

Apakah mulai tertarik untuk mempelajari sistem bisnis MLM seperti apa yang cocok untuk dijalankan? Jika iya silahkan pelajari disini >> Penawaran Bisnis Air Milagros 2017 <<


sumber gambar: colligo.com

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon