Peluang Usaha Bisnis Dropship Online Solusi Bisnis Rumahan 2016

solusi bisnis rumahan modal minimal profit optimal

Peluang bisnis dropship semakin terbuka lebar bagi mereka yang menginginkan menjalani bisnis rumahan. Dengan semakin mudahnya setiap orang terhubung dengan internet, membuat semakin mudah juga bagi seorang penjual untuk menjangkau calon pembelinya. Apalagi dengan sistem bisnis dropship ini tidak memerlukan seorang penjual membeli stok produk. Ini berarti siapapun bisa langsung memulai bisnis dropship dari rumah.

Setelah sebelumnya saya menulis artikel tentang "cara memulai bisnis tanpa modal" kini saatnya saya membahas lebih dalam salah satunya, yaitu jualan online sistem dropship. Saya anggap Anda sudah paham dengan istilah sistem bisnis dropship. Jika belum, ini penting bagi Anda memahaminya terlebih dahulu. Agar setiap pembahasan dalam artikel ini Anda dan saya cepat nyambung.

Silahkan bagi yang masih belum paham mengenai sistem dropship untuk membaca artikel saya lainnya yang berjudul "Bisnis Sampingan Tanpa Modal" pada point ketiga saya menjelaskan secara ringkas apa itu yang dimaksud dengan sistem dropship.

Persiapan Memulai Bisnis Dropship


Memulai bisnis dropship memang tidak memerlukan banyak persiapan uang sebagai modal utama. Anda bisa memulainya dengan bermodalkan smartphone dan database supplier serta konsumen. Namun meski begitu, secara konsep Anda harus benar-benar memahami apa saja resiko memulai bisnis dropship. Agar saat Anda menjalankannya, dapat meminimalisir setiap resiko yang mungkin terjadi.

Selain itu, Anda perlu juga mempersiapkan waktu. Bisnis dropship memang tidak memerlukan uang banyak sebagai modal, namun setiap bisnis pada mulanya pasti diperlukan waktu dan keseriusan untuk fokus.

Jika Anda saat ini adalah seseorang yang sangat super ekstra sibuk, maka bisnis dropship bukanlah rekomendasi terbaik untuk Anda ambil sebagai mata pencaharian tambahan. Kalaupun Anda bisa membagi waktu, namun Anda belum tentu bisa membagi konsentrasi bukan?

Berikutnya adalah mempersiapkan media pembayaran dan media komunikasi. Saat Anda menghubungi calon pembeli Anda perlu alat atau aplikasi chat mobile. Sehingga calon pembeli mudah menghubungi Anda.

Kemudian, Anda juga harus mempersiapkan nomor rekening bank. Ini sebagai media pembayaran dan penerimaan uang penjualan. Rekening bank harus sudah aktifasi internet bangking atau minimalnya sms banking. Agar setiap terjadi transaksi Anda bisa dengan mudah cek uang yang masuk.

Mencari Supplier


Mencari supplier sebisa mungkin harus dilakukan dengan cermat dan selektif. Salah satu hal yang harus Anda temukan adalah bagaimana mencari supplier yang sudah menggunakan sistem dropship untuk pemasaran bisnisnya. Ini adalah salah satu indikator supplier yang harus Anda perhatikan. Karena percuma saja jika Anda menemukan supplier dengan produk melimpah, dan harga murah, namun belum support untuk sistem dropship.

Kemudian faktor lain yang juga penting adalah komitmen dan kejujuran dari supplier. Dua hal ini sebenarnya tidak bisa Anda menilai secara instant hanya berdasarkan apa yang nampak. Komitmen hanya akan teruji jika sudah ada kesepakatan/perjanjian. Dan kejujuran hanya akan teruji jika telah dilakukan beberapa kali transaksi.

Jika Anda menemukan supplier online yang memiliki komitmen tinggi dan kejujuran, jangan lepaskan dia. Teruslah bangun hubugan baik dan bekerjasama, karena kejujuran dan komitmen sudah menjadi sesuatu yang langka saat ini.

Ekspedisi Pengiriman


Ini adalah perusahaan jasa pengiriman barang yang akan menghubungkan penjual dengan pembeli saat pengantaran barang pesanan. Pilih ekspedisi pengiriman dengan image perusahaan sudah terpercaya dan professional. Pelajari ketentuan dan pelayanan mereka, apakah ada garansi jika barang terlambat dikirim atau bahkan hilang diperjalanan.

Kurir jasa pengiriman produk akan menjadi pihak ketiga yang menentukan kelancaran bisnis Anda. Itu sebabnya Anda harus benar-benar memahami bagaimana cara mereka bekerja. Untuk lebih jelasnya Anda bisa datang langsung kepada salah satu agen/cabang terdekat di kota Anda. Lalu tanyakan tarif ongkos kirim dan estimasi sampai berapa hari hingga di kota tujuan.

Seringkali masalah ekspedisi pengiriman berpengaruh fatal terhadap pelayanan Anda kepada pembeli. Padahal Anda sudah melayani dengan optimal, dan melakukan pengiriman sesuai dengan kesepakatan. Namun karena permasalahan teknis diperjalanan, paket pesanan pembeli jadi datang terlambat. Meski ini sudah diluar kendali Anda selaku penjual, namun tetap saja dimata pembeli point positif Anda berkurang seketika.

Memasarkan Produk


Ini dia bagian paling menarik, dimana Anda bisa memasarkan produk melalui media online. Sehingga tidak perlu keluar rumah mengikuti pameran dan mendatangi rumah-rumah teman Anda untuk menawarkan produk kepada mereka. Dengan internet semua bisa dilakukan dalam kendali smartphone Anda.

Anda harus mulai menghujani isi kepala dengan bacaan-bacaan tentang internet marketing. Menguasai seluruhnya bukanlah hal yang mudah, Anda boleh saja mempelajari internet marketing secara parsial. Misalnya mulai mempelajari pemasaran media sosial populer seperti facebook, twitter atau instagram.

Banyak orang yang salah menerka, dengan rajin melakukan posting foto di instagram penjualan akan meningkat secara instant, padahal tidak demikian. Menguasai hal teknis menggunakan media sosial saja tidak cukup. Anda perlu menguasai mindset seorang marketer, dan juga mindset target pasar Anda di media sosial. Berbeda media sosialnya, maka berbeda pula cara berinteraksi dengan mereka.

Mulai Menjual


Banyak orang gagal memahami hakikat dari menjual. Kebanyakan mereka berfikir bahwa menjual adalah menukar barang dengan uang. Saya harap Anda tidak termasuk orang yang setuju dengan ini. Karena menjual bukanlah semata menukar barang menjadi uang, melainkan menukar nilai dengan uang. Yes!! Nilailah yang sesungguhnya pelanggan Anda beli. 

Banyak penjual online yang sudah mengirimkan produk jualannya kepada pembeli, namun si pembeli tetap mengajukan komplain. Tentu saja hal ini terjadi dikarenakan nilai yang ada pada barang tersebut tidak sesuai ekspektasi si pembeli. Maka, pastikan Anda sudah menjual nilai atas produk jualan Anda.

Namun bagaimana Anda menjual nilai, sementara produk tersebut bukanlah milik Anda?

Cara termudahnya Adalah dengan menjadi pengguna terlebih dahulu atas produk yang akan Anda jual. Agar Anda merasakan secara langsung nilai atas produk tersebut. Apakah bernilai terhadap kenyamanan, gengsi, atau nilai secara fungsi?

Untuk itu perlu bagi Anda memperkaya product knowledge seputar barang yang Anda jual. Sering-seringlah berkomunikasi dengan pihak supplier produk Anda.

Salah satu kendala jualan online adalah antara pembeli dan penjual tidak bertemu langsung, sehingga si calon pembeli tidak bisa merasakan langsung nilai atas suatu produk, dan Anda sebagai penjual pun kesulitan untuk menunjukkan nilai kepada calon pembeli.

Namun itu bisa diatasi. Selagi Anda menguasai media pemasaran untuk menjual. Memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat di WhatsApp atau instargam akan meminimalisir kesalahan persepsi atas nilai suatu produk. Saya sudah mencontohkan cara menggunakan Instagram dan WhatsApp untuk jualan online dalam ebook "9 Juta Pertama dari Instagram dan WhatsApp"

Mungkin Anda belum mendapatkan dan sekarang menginginkan ebook tersebut, silahkan kontak Admin saya melalui BBM 549065C3, atau LINE official @zun5212v

Menentukan Harga dan Keuntungan


Saya sudah pernah menulis ebook yang menjelaskan tentang ini. Jadi Anda hanya perlu mendownload ebook yang saya tulis. Dan ebook ini bisa Anda dapatkan sebagai bonus pada paket dropship mastery.

Kesimpulan


Peluang usaha bisnis dropship masih terbuka sangat lebar untuk Anda yang ingin memulai bisnis rumahan dengan modal minimal profit optimal. Semua kesuksesan besar tidak serta merta terjadi begitu saja. Anda perlu menaklukkan kesuksesan-kesuksesan kecil sebagai anak tangga yang akan mengantarkan Anda kepada puncaknya.

Bahkan, berawal dari bisnis dropship akan mengantarkan Anda naik kelas sebagai supplier. Ini suatu keniscayaan yang saya sendiri sudah mengalaminya. Tinggal keseriusan dan konsistensi Anda menjalaninya. Peluang besar terkadang berwujud peluang kecil, selagi Anda tidak menyepelekannya.

PS: Pelajari cara memulai bisnis dropship online dari "nol" sampai menjadi juragan >> Dropship Mastery

1 komentar so far

Keren infonya. Thanks gan.

Oya, jangan lupa baca juga artikel ini (recommended);
"2 Rahasia Cara Bisnis Online Dijamin Berhasil".

http://blog.saldobank.com/2016/05/2-rahasia-cara-bisnis-online-dijamin-berhasil.html

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon