Iklan Facebook Memang PENTING, Tapi Itu Bukan yang TERPENTING!

strategi iklan facebook untuk pemula
Iklan Facebook - Sumber gambar: www.priangga.web.id

Selama hampir 3 bulan secara intens belajar FB ads otodidak. Hanya mengandalkan informasi yang berserakan di google dan di facebook saya melakukan berbagai riset strategi iklan Facebook. Ternyata banyak para marketer handal yang berhati mulia dan rela berbagi ilmu secara ikhlas di internet. Semua tinggal bagaimana kita meramu informasi tersebut dan tak lupa mempraktekkannya sendiri.

Pada posting kali ini saya bukan ingin membahas teknis, tapi lebih kepada mindset yang harus kita persiapkan pada saat Anda akan mencicipi renyahnya Facebook Ads untuk penjualan bisnis Anda. Dimulai dengan mengenal fitur-fitur yang terdapat pada FB Ads, membuat campaign iklan pertama, membidik audience potensial, budgeting, hingga uji coba interest. Dan semuanya itu ternyata menggiring saya pada beberapa kesimpulan.

Iklan Facebook memang penting, tapi itu bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi terjadinya sales. Selain kecakapan Anda dalam menjalankan strategi Facebook Ads, ada beberapa faktor lain yang juga turut menentukan kesuksesan penjualan.

Apakah itu? Yuk simak lebih jauh penjelasannya

1. Penawaran (Offer)


Penawaran adalah nilai plus yang Anda suguhkan kepada calon pembeli. Penawaran inilah yang akan membuat calon pembeli tertarik dengan iklan Anda. Contohnya adalah penawaran diskon, cashback atau penawaran bonus produk pendukung.

Iklan hanya akan menyampaikan berita kepada pelanggan yang Anda bidik. Sedangkan penawaran adalah isi beritanya. Membuat penawaran yang menarik dengan penulisan bahasa yang memikat akan membuat pembaca iklan terpengaruh untuk membeli produk Anda.

Dan akan lebih menarik lagi jika penawaran yang Anda suguhkan berbatas waktu. Contohnya : "Diskon 50% hanya untuk 20 pembeli pertama hari ini"

2. Judul (Headline)


Seperti yang sudah pernah saya tuliskan pada artikel yang berjudul Cara Menulis Judul Iklan, bahwa judul adalah induk dari iklan itu sendiri. Disini yang akan memancing pembaca iklan di Facebook untuk membaca iklan Anda sampai tuntas.

Lebih baik memikirkan waktu lebih lama untuk menulis judul, daripada beriklan dengan judul asal-asalan. Karena dengan judul yang menarik akan meningkatkan peluang engagement iklan Anda. 

3. Pelayanan (Service)


Pada saat seseorang yang membaca iklan dan penawaran Anda kemudian dia merasa tertarik untuk membeli, selanjutnya pelayanan Anda-lah yang menentukan. Jika iklan Anda mengarahkan kepada toko online yang bisa melayani order otomatis, maka pastikan toko online Anda mobile friendly, memiliki kecepatan loading yang baik. 

Jika pembeli yang membaca iklan Anda diarahkan kepada kontak customer service, maka pastikan memberikan pelayanan fast respon. Jangan sampai iklan yang Anda keluarkan malah tidak terkonversi menjadi sales lantaran CS lambat dalam meresepon pelanggan.

4. Produk


Semua pengetahuan terbaik Anda tentang produk knowledge akan membantu calon pembeli menjadi lebih yakin terhadap produk yang akan dipesannya melalui Anda. Dengan situasi antara calon pembeli dan Anda yang saling berjauhan, maka sangat penting sekali memberikan penjelasan mengenai kualitas produk. Karena si calon pembeli tidak bisa menyentuh langsung produknya.

Jika Anda sudah memiliki toko online, cara ke-4 ini bisa diaplikasikan dalam penulisan deskripsi produk yang jelas dan mudah dimengerti oleh calon pembeli. Tak lupa juga kualitas foto produk yang sesuai dengan aslinya.

Nah sekarang Anda sudah tahu faktor apa saja yang mempengaruhi kesuksesan penjualan selain iklan Facebook dari pemaparan diatas. 

Jika saat ini Anda sudah mulai memanfaatkan iklan Facebook untuk berjualan, namun ternyata hasilnya masih belum sesuai harapan. Maka bisa jadi 4 faktor diatas perlu Anda optimasi juga bukan?

Jika Anda tertarik untuk mempelajari FB Ads, saya akan menulis lebih banyak lagi mengenai konsep dan hal teknis tentang FB Ads. 

Bagaimana menurut Anda? Beritahu saya dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon