Algoritma Instagram Baru, Siap-siap Penjual Online Terkena Dampaknya

Pict by: socialbarrel.com

Lagi heboh pemberitaan mengenai kontroversi rencana perubahan besar di jejaring sosial Instagram. Ternyata instagram bukan hanya merubah logo yang baru saja dilakukan beberapa hari lalu, dalam waktu dekat mereka akan merubah algoritma berbasis edgerank seperti halnya Facebook. Kontan saja para pengguna memberikan reaksi yang beragam. Ada yang menyambut baik dan ada pula sebaliknya. Bahkan sampai-sampai ada yang membuat petisi untuk menolak rencana perubahan tersebut.

Apa sih maksudnya edgerank? Edgerank adalah algoritma yang mengurutkan timeline berdasarkan minat. Instagram akan membuat postingan di timeline tidak berurutan berdasar waktu posting (kronologi), melainkan memperlihatkan momen-momen yang sesuai dengan minat penggunanya.

Dampak Bagi Online Shop


Bagi Anda yang sudah lama menggunakan Facebook, tentu merasakan adanya algoritma edgerank ini. Meskipun teman FB Anda jumlahnya ribuan, namun tetap saja yang muncul di timeline/beranda hanyalah akun orang-orang tertentu saja kan?

Bagi Anda yang saat ini sangat menggantungkan traffik dari instagram untuk bisnis online, tentu saja akan ada dampak yang dirasakan. Bisa dampak baik, bahkan dampak buruk.

Contohnya begini, Anda update post pada jam 19.00. Follower Anda yang juga sedang membuka instagram saat itu belum tentu akan melihat postingan Anda. Karena algoritma instagram telah memilihkan kepada follower Anda postingan akun apa yang terlebih dahulu dilihat oleh mereka. Jadi hal ini akan mengakibatkan Anda tidak lagi mudah terjangkau oleh follower melalui timeline mereka, meskipun Anda melakukan update pada jam premium (waktu ramai pengguna instagram online).

Tapi dampak baiknya, bagi follower yang memang sudah loyal kepada Anda. Mereka rajin like setiap postingan, sering berinteraksi dengan Anda melalui inbox maupun komentar. Akun instagram Andalah yang akan dilihat terlebih dahulu oleh mereka. Meskipun postingan Anda dibuat kemarin malam.

Apa Tujuan Instagram Merubah Algoritma?


Bisnis!! Tujuan jangka panjangnya adalah bisnis. Meskipun alasan yang dikemukakan juru bicara instagram adalah demi kepentingan dan kenyamanan pengguna. Seperti dilansir tekno.kompas.com pada Selasa (29/3/2016), algoritma tersebut sama sekali tidak bertujuan utnuk menghapus sebuah postingan dari timeline pengguna.

"Kami hanya mengatur ulang urutan postingan-nya saja, kami ingin membuat pengguna melihat postingan yang paling diminati, termasuk juga dari brand (akun jualan)," kata juru bicara tersebut.

Dengan cara seperti ini instagram berharap dapat menjaring lebih banyak pengiklan berbayar. Sebuah tawaran traffic instant kembali digulirkan kepada para pebisnis online. 

Solusi Bagi Online Shop


Jika Anda saat ini menggantungkan traffic bisnis online melalui instagram , bersiaplah dengan perubahan besar tersebut. Setidaknya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jikalau seandainya perubahan itu benar-benar direalisasikan.

1. Membuat Konten Kreatif


Lupakan caption ala kadarnya seperti ini: 

"open order sist" 
"yuk cek koleksi terbarunya kakak"
"Ready stok "
dan lain-lain..

Mulailah latih diri Anda menulis caption yang menarik, yang memicu adanya respon dari pengguna. Berusahalah untuk selalu interaktif menjawab setiap komentar. Menjadi kreatif dalam membuat konten berkualitas dan berpotensi viral akan menjadi salah satu perisai Anda menghindari dampak buruk perubahan algoritma.

2. Ajak Pengguna Aktifkan Fitur "Post Notification"


Jika pengguna Anda mengaktifkan fitur post notification, maka setiap kali Anda update post, akan ada notifikasi ke smartphone mereka. Sehingga pengguna tersebut tidak tertinggal setiap update yang Anda lakukan.

Namun nampaknya hal ini bukanlah perkara mudah. Menyuruh seseorang menjadi fans fanatik di instagram sangatlah sulit. Terlebih lagi Anda bukan selebritis atau bintang sepak bola populer seperti Christiano Ronaldo.

3. Pertebal Budget Iklan Berbayar


Hal ini bukan masalah yang sulit untuk Anda yang sudah memiliki cash flow cukup. Anda hanya perlu menyisihkan atau bahkan menambah budget promosi berbayar. Anda bisa saja melakukan subsidi silang, tergantung kondisi keuangan bisnis Anda. Atau menyisipkan beban promosi bulanan terhadap setiap produk yang terjual. 

Selain budget, strategi iklan pun harus mulai Anda pelajari. Ada banyak informasi di google mengenai cara membuat iklan di instagram bahkan sampai dengan optimasi iklan tersebut. Kemampuan Anda beradaptasi dengan perubahan dan keseriusan Anda mempelajari hal baru, sangat menentukan kelangsungan bisnis Anda.

Demikian ulasan singkat saya, semoga memberikan informasi yang bermanfaat kepada pembaca setia. Akan diberlakukan atau tidaknya algoritma baru instagram, saya doakan bisnis Anda terus berjalan dan berkembang pesat.

Akhirnya, bagi Anda pelaku bisnis online shop yang mengandalkan instagram, ada dua pilihan tersirat dari tulisan ini.

1. Mau beradaptasi dengan perubahan? atau
2. Memilih mundur teratur membiarkan omset tertidur hingga bisnis Anda hancur?

Follow instagram saya @onino99

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon