Kopdar BaIM 5 - My Business My Adventure

baim - bandung internet marketer

Dalam satu acara rutin kopi darat komunitas Bandung Internet Marketer (BaIM) yang diadakan pada tanggal 14 November 2015 di B'Shelter cafe milik salah satu anggota BaIM kemarin, saya bersama teman-teman yang hadir mendapatkan pencerahan yang begitu luar biasa.

Pada kesempatan itu hadir dua orang pembicara yang sudah cukup sukses di dunia bisnis. Tentu saja ini bisa menjadi satu 'suplemen' spirit bagi para peserta yang hadir. Bagaimana tidak, 2 orang pembicara sekaliber pak Ir Erfiansyah sebagai pakar marketing strategi dan mas Raja Afrialdho sebagai pakar online networking seakan menjadi sumber mata air di tengah gurun pasir. 

Ir Erfiansyah pakar marketing strategi


Pembicara pertama Ir Erfiansyah, atau lebih akrab di panggil Kang Fian, berhasil membakar suasana dengan topik entrepreneurship disertai dengan berbagi kisah lika-liku dirinya saat mengawali bisnis pada masa kuliah. 

Inti dari membangun pondasi bisnis pada dasarnya adalah membangun mental terlebih dahulu. Jika mental sudah tahan banting, niat sudah bulat, maka akan selalu saja ada cara untuk mendaki puncak kesuksesan.

Jangan pernah ragu untuk bermimpi besar, karena dengan mimpi itulah kita akan memiliki tenaga ekstra untuk terus bergerak. 95% bisnis pada dasarnya terletak pada mindset pemilik bisnis, dan sisanya 5% adalah hal teknis. Perlu dicatat bahwasanya hal teknis bisa didelegasikan kepada tenaga ahli/karyawan, sedangkan mindset dan impian itu tidak bisa didelegasikan. Anda harus membangun mimpi dan menguasai mindset Anda sendiri.

Jika Anda adalah seseorang yang sangat ingin memulai bisnis namun saat ini tidak memiliki modal awal, berikut ini ada satu pesan penting yang mungkin akan mengejutkan Anda saat membaca artikel ini. 
ketika pertama kali memulai bisnis janganlah sekali-kali memikirkan modal, karena sudah bisa dipastikan akan berujung mentok
Kang Fian berpesan secara tegas kepada audiens saat itu, bahwa ketika pertama kali memulai bisnis janganlah sekali-kali memikirkan modal, karena sudah bisa dipastikan akan berujung mentok. Jika kita memikirkan modal berarti kita sedang fokus dengan keterbatasan kita terhadap kondisi, bukannya fokus terhadap kelebihan kita. Menurutnya, antara mimpi Anda dimasa yang akan datang, tidak ada kaitannya dengan kondisi saat ini.

Boleh jadi sekarang Anda pengangguran, bisa jadi sekarang Anda mahasiswa, bisa saja saat ini Anda hanya pegawai, buruh atau karyawan biasa. Tapi jangan sampai status saat ini menghalangi mimpi Anda di masa yang akan datang akan seperti apa dan akan menjadi siapa. Bermimpilah yang besar dengan keyakinan yang luar biasa.

presentasi bisnis online dari raja afrialdho


Setelah Kang Fian dilanjutkan oleh Mas Raja Afrialdho (CEO dan Founder Raja Sponsoring). Membahas mengenai konsep bisnis dengan memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Dengan pengalamannya di dunia internet marketing, dan sudah lebih dari 10.000 jam mempelajari dan mempraktekkan strategi marketing online, berhasil menarik perhatian kami.

Semua penjelasannya mengenai peluang bisnis menjadi seorang internet marketing, dipaparkan dengan bahasa yang singkat dan mudah dipahami.
Bisnis online itu seperti membuat kolam ikan, Anda harus membuat kolamnya, kemudian mengisinya dengan ikan-ikan pilihan dan barulah Anda bisa memancing di kolam tersebut dengan umpan dan kail yang tepat.
Selain quotes diatas, setidaknya ada 2 point penting yang bisa saya tangkap dari materi beliau. 
  1. Bisnis online adalah bisnis yang predictable, alias bisa diukur dan diprediksi. Dengan rasio perbandingan 1%. Artinya jika ada 100 visitor mengunjungi suatu website toko online Anda, maka akan ada 1 orang yang tertarik untuk membeli.
  2. Orientasikan bisnis Anda sebagai bisnis yang memberikan manfaat untuk banyak orang. Semakin bermanfaat akan semakin cepat kesuksesan menghampiri Anda.
Energi positif yang terpancar begitu jelas dirasakan oleh saya dan teman-teman komunitas BaIM (Bandung Internet Marketer). Mas Raja juga berpesan kepada audiens untuk terus mempertahankan komunitas BaIM ini. Mengisi dengan kegiatan-kegiatan positif yang pastinya akan memberi impact positif pula terhadap bisnis masing-masing anggota komunitas.

Di akhir acara, tak lupa saya mewakili teman-teman memberikan cinderamata kaos "My Business My Adventure" kepada kedua pembicara, dan dilanjutkan dengan foto bersama.  

komunitas internet marketer bandung - baim

Bagi Anda yang berada di Bandung, dan ingin tergabung bersama komunitas BaIM, silahkan kontak saya melalui twitter @onino99 atau invite pin BBM 57BEADF3

BaIM ~ Learn & Share Community

2 komentar

baru tahu ada Baim.. boleh neh kapan-kapan pengen gabung.. salam kenal :)

Hallow master, terima kasih udah mampir..

Boleh nanti dikabarin yaa ^_^

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon