Anda Pedagang atau Pebisnis? Tahu Bedanya?

bedanya pengusaha dan pedagang

Anda mungkin pernah bertanya-tanya apa yang membedakan antara pedagang dengan pebisnis (pengusaha).

Dalam sebuah video promosi kopdar YukBisnis 2015, Mas Jaya Setiabudi menjelaskan secara singkat mengenai perbedaan pedagang dan pebisnis. Jika diibaratkan, pedagang adalah pemburu, dan pebisnis adalah peternak.

Seorang pemburu akan bekerja dalam jangka pendek. Dia akan berburu setiap hari untuk mendapatkan hasil. Sedangkan seorang peternak bekerja dalam jangka panjang. Membangun sistem dan mengembangbiakkan hewan ternak.

Tentu saja pekerjaan seorang peternak setiap harinya akan menjadi semakin menjadi mudah dan ringan. Namun dengan hasil yang semakin besar dan berlimpah. Sedangkan pemburu, akan bekerja setiap hari sama kerasnya dengan hasil yang sama juga.

Seorang pebisnis merencanakan brand building. Mengumpulkan database pelanggan dan melakukan komunikasi intensif yang mengarah kepada brand positioning, brand image dan brand loyaliti.


Tahukah Anda?

"Dibutuhkan budget marketing 6x lipat untuk menjual sebuah produk kepada calon pembeli, dibandingkan kepada pelanggan setia Anda" - Jay Conrad Levinson (Guerrilla Marketing)

Artinya apa?

Database konsumen adalah bagian dari asset marketing yang paling berharga. Hal ini juga yang membuat Anda semakin mudah Anda untuk membedakan antara pedagang dan pebisnis.

Seorang pedagang martabak hampir-hampir tidak pernah menanyakan no Hp maupun kontak BBM pembelinya bukan?

Namun bagi seorang pebisnis, database adalah modal utama untuk mengikat calon pembeli. Mengkonversi dari prospek menjadi buyer hingga akhirnya menjadi pelanggan setia (konsumer).

Baca juga: Teknik Merngubah Prospek Menjadi Buyer Hingga Menjadi Konsumer

Dalam bentuk apa databasenya?

1. No Hp
2. Kontak BBM
3. Email

Setelah Anda memiliki database tadi, berikutnya adalah melakukan maintenance terhadap mereka. Melalui fasilitas broadcast. (sms gateway, Broadcast BBM, email blast)

Saya pernah membahas salah satu dari ketiga database diatas, yaitu optimalisasi kontak BBM sebagai media pemasaran murah dan mudah.

Bagi Anda yang ingin membacanya, silahkan klik dua link di bawah ini:


Sekian dulu pembahasan artikel kali ini. Untuk penggunaan SMS dan Email, tunggu saja yaa.. akan saya bahas selanjutnya di blog ini.

Jadi, apakah sekarang sudah bisa disimpulkan, Anda pebisnis atau pedagang?

Mau ngobrol di twitter? follow @onino99

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon