Keren! Ini 6 Keunggulan LINE@ Dibandingkan BBM Untuk Jualan Online

LINE@ dibandingkan dengan BBM untuk toko online

Hallo sobat muda pebisnis yang makin sholeh dan sholehah (amiin).

Dalam beberapa minggu terakhir saya sedang rajin mempelajari tools baru, yaitu LINE@ atau biasa juga disebut dengan LINE Official. Itulah sebabnya kenapa saya jadi jarang update catatan bisnis online disini. Yaah harap maklum deh masih bisnis recehan jadi belum bisa ditinggal alias belum auto pilot.

Tapi tenang saja, saya akan berbagi mengenai apa yang telah saya temukan saat mempelajari LINE@. Rencananya pengen juga bikin ebook panduannya, biar bisa di download, dibaca dan bermanfaat untuk banyak orang.

Kalau Anda mau, silahkan tinggalkan komen di bagian bawah akhir postingan ini dengan mengetikkan kata "MAU". Disertai dengan alamat email Anda untuk saya mengirimkan ebooknya.

Oke, pada kesempatan ini, saya akan terlebih dahulu memaparkan pendapat saya mengenai keunggulan LINE@ dibandingkan dengan BBM sebagai media komunikasi dua arah dengan customer toko online Anda.

Eh sebelumnya sudah pada tahu belum apa itu LINE@? dan apa bedanya dengan LINE?

Kalau belum, baiklah... saya akan menjelaskannya sedikit.

Anda tahu Facebook?
Anda tahu Fanpage Facebook?
Nah facebook itu diibaratkan dengan akun LINE (personal/pribadi). Sedangkan LINE@ itu diibaratkan dengan fanpage facebook. Fungsinya bukan lagi akun personal, tapi sebagai akun lembaga, institusi atau kelompok.

Tetap saja dibutuhkan akun LINE biasa untuk bisa menikmati layanan LINE@. Sebagaimana fanpage facebook, yang juga membutuhkan akun facebook personal sebagai user.

Nah sekarang sudah lumayan paham kan? Kalau begitu mari kita kembali ke topik utama. Sudah siap? Yuk kita mulai.

Inilah 6 Keunggulan LINE@ dibandingkan dengan BBM (Blackberry Messenger)

1. Paket Data Smartphone


Jika pada blackberry, untuk bisa menikmati layanan BBM Anda harus memiliki paket khusus blackberry. Bahkan ketika Anda sedang terhubung dengan wifi pun, tetap saja diperlukan paket data blackberry agar BBM tetap aktif.

Sedangkan jika Anda menggunakan LINE, Anda tidak akan direpotkan dengan berbagai jenis pilihan paket. Cukup aktifkan paket data internet saja, dan bahkan bisa lebih enak lagi jika setiap waktu Anda selalu terhubung dengan wifi. Karena smartphone tetap bisa menggunakan koneksi wifi meskipun Anda tidak sedang berlangganan paket data.

2. Fitur Multi Admin


Jika menggunakan blackberry, satu pin hanya bisa dipakai oleh satu Hp. Sedangkan menggunakan LINE@, satu ID Line Official bisa dioperasikan oleh lebih dari satu orang user. Bahkan bisa sampai 100 user (admin).

Tentu saja ini akan membuat pelayanan terhadap konsumen bisa lebih optimal. Karena konsumen Anda akan berada dalam satu akun LINE@ sebagai follower. Dan setiap komunikasi dua arah akan dilayani oleh lebih dari satu orang.

Dan yang lebih keren lagi, setiap admin bisa mengoperasikan LINE@ dari masing-masing Hp. Sekalipun antara admin 1 dan 2 berjauhan, mereka tetap bisa melayani calon pembeli toko online Anda.

3. Unlimited Follower


Saya ingin bertanya kepada Anda. Ketika menggunakan blackberry, berapa maksimal pin yang bisa ditampung dalam satu perangkat. 1000? 2000? 3000?

Mungkin Anda akan menjawab rata-rata 2000 pin dalam satu perangkat blackberry. Saat kontak pin BBM salah satu customer service saya mencapai 1800 kontak, perangkat blackberry menjadi sangat terbebani. Sering hank, lemot, dan cepat panas, akhirnya cepat habis batre. Itu baru 1800 lho belum sampai 2000an.

Akhirnya mau tidak mau, ketika database customer semakin bertambah, saya harus membeli perangkat blackberry yang baru. Keluar dana lagi, dan keluar pulsa lagi tiap bulan buat beli paket data. Hiks

Sedangkan di LINE@, Anda bisa terhubung dengan ratusan, bahkan ribuan pelanggan yang sudah menambahkan ID LINE Official Anda.

Dalam halaman resmi LINE@ menuliskan:

One button away from
thousands of friends

Send mass messages to all customers and fans who have friended your account. LINE@ is the ultimate tool to promote your businesses and events.

Anda bisa menampung calon pelanggan tak terbatas (unlimited) dalam satu ID. Dan kinerja smartphone tetap akan stabil. Karena di LINE@ tidak ada recent update yang harus menghubungkan antar akun, dan inilah yang membuat perangkat smartphone akan menjadi terbebani.

4. Layanan Broadcast Bergambar


Point 4 ini nih yang paling membuat saya betah menggunakan LINE@ sebagai media komunikasi dengan customer.  Jika di blackberry, broadcast hanya bisa berupa teks. Anda tidak bisa broadcast mengirimkan gambar. Dan lagi, teks broadcast di BBM berbeda dengan chat biasa. Setiap broadcast yang terkirim teks nya berwarna ungu. 

Akhirnya, banyak juga customer yang enggan membaca broadcast Anda. Karena mereka tahu notifikasi yang diterimanya adalah pesan broadcast.

Sedangkan di LINE@, Anda bisa broadcast teks dan gambar sekaligus. Jadi enak banget nih untuk meningkatkan aware mereka ketika ada produk varian baru toko online Anda yang baru release. Kirim broadcast bergambar saja, maka mereka semua akan menerima gambarnya.

Dan broadcast di LINE@ berbeda dengan broadcast BBM. Di LINE@, pesan broadcast yang terkirim sama saja dengan pesan personal. Sehingga Anda tidak perlu sungkan untuk membuat kalimat yang ditujukan secara personal. Misalnya begini : "Hai kak, lagi apa nih?"

Setiap customer yang menerimanya bisa saja tidak menduga bahwa pesan yang mereka terima sesungguhnya adalah pesan broadcast. Dan akhirnya apa, kemungkinan mendapatkan respon dari customer Anda sangat tinggi sekali. Siap-siap aja jari keriting balas chat setiap habis broadcast. Hehehe

5. Memiliki Beranda /Timeline


Di BBM juga sebetulnya ada fasilitas yang serupa dengan beranda, namun beranda ini akan menyatu dengan notifikasi recent update. Namun Anda harus membuat Channel terlebih dahulu. Ya! jika di BBM biasa di sebut dengan BBM Channel. 

Tapi kendalanya adalah BBM Channel tidak support semua jenis perangkat blackberry. Kalau dipaksakan sering kali malah bikin lemot. Apalagi untuk perangkat blackberry versi pas-pasan misalnya BB Gemini Curve, kaya punya saya. Hiks *emot nangis*

Sedangkan di LINE@, fasilitas beranda sudah bisa dinikmati apapun jenis perangkat smarphone Anda (selagi OS android/ios support).  Dan di beranda juga, Anda bisa membuat postingan terjadwal. Misalnya membuat campaign post otomatis untuk satu bulan yang bisa Anda kerjakan dalam satu waktu. Wuiihh

Di beranda LINE@ Anda bisa stay connect dengan customer melalui share gambar, video, bahkan berbagi link URL yang bisa diarahkan kepada halaman website Anda. Di beranda LINE@ juga layaknya seperti halaman beranda di facebook, orang yang melihat postingan Anda bisa melakukan "like" atau "komentar".

6. Auto Reply (Balas Pesan Otomatis)


Saat toko online Anda berada pada waktu jam tutup, atau saat petugas (operator CS) Anda libur. Fitur auto reply LINE@ akan membalas otomatis setiap pesan yang masuk. Jelas-jelas fitur ini tidak dimiliki oleh BBM.

Konsumen akan tetap mendapatkan respon otomatis yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Balas otomatis ini bisa diatur berdasarkan waktu maupun berdasarkan kata kunci. Dengan begitu, customer akan tetap mendapatkan informasi umum yang bisa mereka ketahui sementara tidak terhubung dengan Anda secara langsung.

Nah itulah 6 Kelebihan LINE@ dibandingkan BBM sebagai media jualan online. Sebenernya masih banyak kelebihan lain yang belum dibahas seperti :

1. Fasilitas Kupon
2. Katalog Online
3. Polling
4. Rich Message, dll.

Nanti akan saya bahas pada kesempatan berikutnya. Oiya silahkan follow akun LINE@ Catatan Bisnis saya agar memudahkan saya berbagi tips ringan berikutnya tentang LINE@. Jika Anda membaca artikel ini melalui smartphone yang sudah terinstall LINE langsung saja klik link di bawah ini

LINE@ ! Catatan Bisnis (pilih open with LINE)

Dan jangan lupa tinggalkan komen di bagian bawah postingan ini dengan mengetikkan kata "MAU" beserta alamat email Anda untuk saya mengirimkan ebooknya (jika sudah rampung ditulis).

Sampai jumpa pada postingan selanjutnya. Jika berkenan silahkan bantu saya untuk menyebarkan artikel ini. Klik tombol share di bawah yaa.

18 komentar

Mohon tidak melakukan SPAMING
EmoticonEmoticon