Cara Memilih Jasa Pembuatan Website Murah dan Bagus

jasa pembuatan website murah Bandung, jakarta
Cara Memilih Jasa Pembuat Website Profesional

Semakin banyaknya pengusaha UMKM yang memilih mengembangkan bisnisnya melalui internet, maka semakin bermunculan pula web-web baru sebagai company profile ataupun sebagai media penjualan langsung kepada konsumen. Namun, tidak semua orang paham bagaimana cara memilih jasa pembuatan website murah dan terpercaya. Karena ada saja oknum-oknum penjual jasa yang tidak jujur dalam memberikan pelayanan. Umumnya mereka memanfaatkan konsumen awam sebagai korban pelayanan yang tidak jujur.

Saya pernah mendengar cerita dari kawan saya, bahwa seseorang pernah datang kepadanya dan menginginkan untuk perubahan desain web yang telah dibelinya dari seorang developer. Namun betapa terkejutnya kawan saya, karena ketika dilihat, web tersebut terbuat dari blogspot dengan custom domain. Padahal tarif biayanya Rp 8 juta rupiah.

Hal seperti itu jelas sekali merugikan, karena pada saat transaksi penjual jasa tidak menjelaskan secara detail engine web yang digunakan. Padahal untuk blogspot sendiri merupakan platform gratis milik google, tidak memerlukan sewa hosting tahunan, dan tidak juga ada pembatasan bandwidth. Sementara, sang oknum developer memasang tarif perpanjangan hosting dan domain dalam setahun Rp 3 juta rupiah.

Oleh sebab itu, melalui artikel ini saya akan berbagi 5 tips memilih jasa pembuat website murah dan profesional. Apa saja kelima hal tersebut? silahkan lanjutkan membaca, saya akan paparkan secara ringkas dan jelas.

1. Identitas Developer Website

Kenali lebih banyak mengenai identitas developer (pembuat website) yang akan Anda gunakan jasanya. Carilah informasi mengenai tempat tinggal atau domisili kantor mereka. Kemudian coba hubungi nomor telefon yang tercantum di web company profile mereka. Berbicaralah langsung dengan pihak developer, utarakan maksud Anda, kemudian tanyakan fasilitas-fasilitas apa saja yang akan Anda terima.

2. Web Portofolio

Jangan langsung percaya kepada oknum yang mengaku bisa membuat website jika ternyata dirinya sendiri tidak memiliki website. Karena biasanya, oknum seperti ini bukanlah developer langsung. Mereka bisa saja sebagai calo atau reseller jasa.

Lebih baik kunjungi langsung web company profile si penyedia jasa. Coba perhatikan dengan seksama, apakah data alamat web sesuai dengan yang tadi Anda tanyakan melalui telefon atau tidak. Kemudian lihat portofolio, web apa saja yang sudah pernah dibuat oleh mereka. Cobalah untuk mengunjungi web hasil pekerjaan mereka, apakah terlihat rapih, apakah fungsi-fungsinya berjalan dengan baik atau tidak.

3. Spesifikasi Layanan

Sebelum Anda membuat dealing (kesepakatan order), tanyakan kepada si penjual jasa mengenai layanan yang akan diperoleh. Seperti hal-hal di bawah ini:

- Kapasitas hosting
- Kuota bandwidth
- Garansi maintenance jika terjadi error, apakah ada biaya tambahan atau tidak
- Jenis platform yang digunakan
- Jika sekedar konsultasi apakah gratis atau harus bayar.
- Untuk perpanjangan domain atau hosting, apakah bulanan atau tahunan.
- Apakah web yang dibuat sudah sesuai dengan kaidah SEO terbaru

4. Harga

Untuk mengetahui tarif pembuatan website yang berlaku saat ini, Anda bisa mencari 3 sampai 5 jasa. Kemudian silahkan lakukan perbandingan, mulai dari pelayanan, fasilitas dan yang terpenting adalah harga yang mereka tawarkan kepada Anda.

Dalam membandingkan harga, jangan hanya terpaku kepada angka terendah. Melainkan perhatikan juga perbedaan pelayanan yang masing-masing mereka tawarkan. Meskipun nominal besar namun jika fasilitas dan garansi yang diberikan pun sebandign dengan biaya, maka itu bisa jadi harganya murah.

5. Sistem Pembayaran

Jika ada developer yang meminta Anda membayar full di awal, lebih baik hindari jika Anda belum mengenal baik dengan pihak penyedia jasa pembuatan website. Umumnya, ada biaya DP terlebih dahulu sebagai tanda order. Setelah website beres, barulah Anda melunasi sisa pembayarannya.

Apa maksud dari poin ke-5 ini? bukalah serta merta karena mengamankan uang Anda dari penipuan oknum, akan tetapi memacu mereka juga untuk bekerja lebih cepat karena mereka menginginkan pelunasan pembayarannya.

Lakukan point 1 sampai 5 diatas kepada minimal 5 penyedia jasa. Agar Anda mendapatkan riset yang terbaru dan akurat. Demikian sharing singkat saya kepada Anda yang mungkin saat ini sedang mencari jasa pembuatan website. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat. Agar Anda tidak salah "order" jasa pembuatan website.

Oiya, jika Anda menginginkan saya untuk membuat website Anda, silahkan kunjungi web www.vansbilacreativa.com. Untuk pembaca setia blog onino.web.id saya akan berikan voucher senilai Rp 500.000 rupiah. Silahkan cek kode vouchernya di link berikut ini  VOUCHER

Saya dan team akan berusaha semaksimal mungkin membuat website yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan sesuai dengan ke-5 point diatas. Dengan begitu, tentu saja kami sudah layak bermitra dengan Anda

follow twitter @onino99