Inilah 3 Rahasia Promosi Dengan Dana Terbatas

rahasia promosi terbaru di instagram

Semua orang sepakat, bahwa promosi memegang peranan yang sangat vital terhadap bisnis Anda. Dengan promosi, peningkatan awareness produk bisnis akan semakin meningkat. Namun banyak sekali pertanyaan seputar hal tersebut. Terutama bagi pengusaha yang baru merintis, mengingat keterbatasan biaya untuk melakukan promosi. Anda bisa juga membaca postingan saya yang lainnya berjudul Strategi digital marketing UMKM

Sebagai seorang entrepreneur, justru disinilah bagian menariknya. Kreatifitas dan totalitas dalam mengembangkan usaha dibenturkan oleh keadaan pendanaan yang belum stabil. Jika saat ini Anda juga mengalami situasi yang sama, kebingungan melakukan promosi dengan biaya terbatas. Maka perkenankan saya melalui artikel ini memberikan bocoran 3 strategi promosi yang bisa tetap Anda lakukan meski biaya terbatas.

1. Endorse

Trend endorsemen akhir-akhir ini meningkat melalui media sosial instagram. Banyak para pelaku usaha yang memilih endorse akun seseorang yang memiliki banyak follower. Mungkin Anda terkejut jika tahu bahwa ternyata akun instagram tersebut bukanlah milik artis terkenal. Padahal biasanya endorse diberikan kepada mereka yang sudah menjadi artis di layar kaca.

Caranya sangat mudah, Anda cukup mencari akun instagram yang memiliki banyak follower aktif. Kemudian cobalah hubungi kontak pemiliknya, yang tercantum di biografi. Atau jika tidak ada, Anda bisa bertanya langsung kepadanya dengan cara berkomentar di salah satu postingan. Tanyakan kepadanya, apakah dia menerima endorse atau tidak.

Bagaimana cara mengetahui follower yang aktif?

Anda bisa melihat dari jumlah follower. Jika jumlahnya berada diatas 3000 keatas, maka itu sudah bisa dikatakan "banyak" follower. Selain itu, lihat juga postingan terakhir ada berapa orang yang memberikan like. Jika yang memberikan like lebih dari 300 orang, maka akun instagram tersebut sudah bisa kita katakan memiliki follower yang aktif.

Berikan produk terbaik Anda kepadanya, lalu mintalah untuk foto selfie dengan produk Anda dan menguploadnya ke akun instagram.

2. Optimalkan Media Sosial

Ada banyak sekali media sosial yang bisa Anda optimalkan untuk melakukan promosi dengan memanfaatkan viralitas. Beberapa diantaranya bahkan bisa Anda lakukan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Namun ada syaratnya, dibutuhkan kreatifitas tinggi dan kemampuan bersosialisasi untuk melakukannya. Jika Anda bukan tipe orang yang pandai membuat konten media sosial, solusinya adalah dengan iklan berbayar.

Salah satu media sosial yang sudah bisa Anda gunakan untuk beriklan adalah Facebook. Melalui akun fanpage, Anda bisa mengumpulkan like berdasarkan target market Anda. Disini perlu dilakukan setting lebih akurat, agar orang-orang yang memberikan like benar-benar orang yang memiliki prospek potensial terhadap penjualan Anda.

Di facebook ada berbagai pilihan promosi, diantaranya adalah:
  1. Menambah like fanpage 
  2. Mempromosikan postingan tertentu
  3. Promosi video
  4. Mengarahkan pengguna FB kepada website Anda
Selain facebook, baru-baru ini juga twitter meluncurkan paket iklan yang bisa Anda pilih. Bagian menarik dari fitur iklan di twitter ini adalah bisa memunculkan video promosi Anda ke timeline target audiens dengan auto play. 

Secara pribadi, saya belum mencoba beriklan di twitter. Anda bisa mencari informasi lain yang menjelaskan mengenai cara membuat iklannya. Jika sudah Anda coba, silahkan share ke saya cara melakukannya.

3. Penawaran Khusus dan Harga Reseller

Memberikan harga spesial kepada reseller adalah strategi promosi ketiga yang bisa Anda lakukan dengan biaya terbatas. Reseller adalah orang-orang yang membantu Anda mendistribusikan produk atau menjualkan barang. Reseller inilah yang akan menjualkan produk kita ke konsumen mereka.

Meskipun Anda tidak mendapatkan keuntungan penuh layaknya menjual langsung kepada konsumen, namun dengan mengembangkan konsep reseller ini secara tidak langsung Anda akan memiliki banyak sales yang dibayar berdasarkan penjualan. Dengan begitu, volume penjualan diharapkan meningkat dari sebelumnya.

Penawaran khusus bisa juga dalam bentuk bundling produk. Misalnya Anda menjual makanan/kuliner, saat pembeli memesan menu A, berikan gratis minuman B. Sesuaikan minuman gratisnya dengan harga jual makanan tersebut.

Atau jika Anda menjual produk kerudung, tawarkan gratis pin, bros, jarum atau aksesoris lainnya. Intinya berikan pelengkap produknya sebagai penarik pembeli. Penawaran sederhana ini akan membuat Anda berbeda daripada penjual lainnya di mata pembeli.

Bagaimana? Apakah dari ketiga cara diatas ada yang sudah Anda lakukan? Atau masih bingung dengan caranya?

Jangan menyerah, semua akan terasa lebih mudah jika Anda sudah mencobanya. Carilah informasi atau tutorial lainnya yang menjawab kebingungan Anda. Atau bisa follow dan mention ke akun twitter saya @onino99