Ternyata Dropship Itu Berbahaya!

kelebihan dan kekurangan sistem dropship

Dropship?

Ya! dropship, siapa sih yang tidak mengenal sistem jual beli online dengan cara dropship yang kini sudah marak dijalani oleh para pengusaha online? Ini adalah salah satu cara yang paling banyak diminati oleh orang-orang ketika mereka akan memulai menjalankan bisnis online.

Sebelum saya menjelaskan kepada Anda apa itu dropship, saya akan mengingatkan Anda yang melewatkan pembahasan di blog www.onino.web.id sebelum artikel ini. Silahkan bisa menuju artikelnya yang berjudul Cara Memilih Jasa Pembuatan Website

Baiklah, saya akan jelaskan secara umum kepada Anda. Dropship adalah sistem berjualan dimana Anda sebagai penjual tidak perlu mempunyai stock produk untuk dipasarkan, cukup mempromosikan lewat media sosial atau Website milik Anda. Jika ada pemesanan, biarkan pembeli transfer ke rekening Anda. Lalu Anda hubungi supplier sebagai pemilik barang dan transfer sejumlah harga yang disepakati sebelumnya, untuk kemudian pihak supplier yang mengirimkan barangnya ke alamat pembeli Anda.

Penjualan sistem dropship ini menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik supplier maupun reseller (dropshiper). Jelas sekali sudah banyak teman-teman pengusaha yang saya kenal, omsetnya semakin melejit melalui sistem dropship ini. Berbahaya sekali jika sistem dropship ini terus dibiarkan, saya khawatir akan terlalu banyak orang kaya mendadak. Karena begitu mudahnya bagi reseller untuk menambah penghasilan melalui jualan online, dan begitu mudahnya bagi supplier (pemilik produk) untuk menjual habis setiap stok produknya dan menjangkau wilayah lebih luas.

Ada beberapa point yang membuat sistem bisnis seperti ini dipilih oleh banyak pengusaha dalam mendistribusikan produk jualannya melalui internet. Apa sajakah itu?

Berikut ini adalah beberapa keuntungan sistem dropship.

Bagi Supplier:
  1. Memiliki banyak sales man yang menjangkau lebih luas wilayah.
  2. Distribusi produk lebih cepat berjalan dengan banyaknya sales man (reseller).
  3. Menekan budget promosi, karena iklan dan promosi bisa lebih ditekankan pada rekrut reseller, bukan per penjualan.
  4. Tidak perlu membuat kampanye panjang setiap ada produk baru. Cukup informasikan kepada reseller, maka produk akan bertebaran secara viral di sosial media.
Bagi Reseller:
  1. Lebih mudah dan cepat memulai bisnis, karena tidak perlu menyediakan banyak uang untuk modal awal
  2. Tidak perlu menyediakan stok produk, dan tidak ada resiko modal mengendap dalam bentuk barang
  3. Tak perlu repot mengirimkan produk kepada konsumen, karena pihak supplier lah yang melakukannya untuk Anda
  4. Reseller bisa membuat mall online. Karena dirinya bisa menjual berbagai macam produk dari berbagai supplier yang berbeda.
Sudah jelas membaca 4 keuntungan sistem dropship bagi reseller dan supplier diatas?

Jika saat ini Anda ingin memulai bisnis tanpa perlu banyak modal. Sistem dropship ini bisa menjadi salah satu alternatif bisnis yang bisa Anda pilih. Cukup bermodalkan smartphone, paket internet, rekening bank untuk media pembayaran dan relasi supplier, Anda sudah bisa memulai bisnis online.

Khusus yang tertarik menjual sepatu pria, Anda bisa menghubungi supplier online terpercaya. Klik website sepatupria99.com, cek produk yang ada. Apakah sesuai dengan target market sekitar Anda? Jika iya, segera hubungi customer service mereka untuk mendaftarkan diri sebagai reseller. Jika Anda beruntung, Anda bisa memulai bisnis online sekarang juga.

Tugas reseller adalah mencari prospek pembeli. Melayani permintaan dari mereka dan meneruskannya kepada supplier. Setiap terjadi transaksi, komisi secara otomatis sudah masuk ke rekening Anda. Jika ingin memperbanyak komisi, maka perbanyak juga penjualan setiap harinya. Buatlah target-target penjualan secara bertahap. Optimalkan teman dan sahabat yang ada di media sosial.

Tapi, jika Anda bukan tipe orang yang ingin menjalankan bisnis online, maka jangan coba-coba untuk menjalankan sistem dropship ini. Hati-hati, ini sangat berbahaya untuk Anda. Karena jika usaha Anda tekun dan kuat, Anda bisa jadi kaya mendadak. Waspadalah ^_^

Mau berbincang dengan saya langsung? silahkan follow akun twitter @onino99

image source by: google