Testimoni Dalam Bisnis Online, Emang Penting?

cara membuat testimoni yang baik

Bisnis online dapat berjalan dengan salah satu syarat utamanya adalah kepercayaan. Membangun kepercayaan dalam benak calon pembeli Anda merupakan tugas utama yang harus dilakukan sebelum akhirnya Anda berhasil menjual produk atau jasa kepada mereka. Karena ternyata kecanggihan teknologi membawa dampak dualisme. Satu sisi memudahkan untuk bisnis, di sisi lain memudahkan bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam melakukan kejahatan.

Jika saat ini Anda adalah pelaku jual beli online, tentu tidak ingin dianggap sebagai pihak yang tidak bertanggung jawab oleh calon pembeli. Mereka perlu mendapatkan informasi seputar bisnis Anda, apakah terpercaya atau masih tanda tanya? Dan salah satu cara untuk menumbuhkan kepercayaan awal kepada calon pembeli adalah dengan testimoni.

Ada beberapa beberapa kiat dalam memanfaatkan testimoni untuk meningkatkan reputasi bisnis online. Apa saja? silahkan Anda lanjutkan membaca, saya akan menjelaskannya kepada Anda.

1. Testimoni Tertulis

Testimoni bisa berupa tulisan yang disampaikan pada toko online Anda ataupun di “lapak” yang Anda buat di marketplace seperti kaskus atau olx dan lain-lain. Testimoni ini biasanya ada yang diminta, ada juga yang tanpa diminta oleh si penjual. Seorang pembeli setelah bertransaksi diharuskan untuk menulis testimoni sebagai propaganda bahwa bisnis online yang Anda jalankan serius dan no tipu-tipu.

Jika Anda memiliki website bisa juga membuat halaman khusus testimoni pembeli. Setiap orang bisa menulisnya langsung di website Anda. Ini tentu saja akan memudahkan bagi orang yang sudah membeli produk Anda, dan yang terpenting testimoni tersebut bisa dilihat juga oleh pengunjung website Anda.

2. Original dan Natural

Sebagai penjual, boleh saja Anda meminta buyer untuk membuat testimoni. Akan tetapi jangan sampai Anda memaksa kepada mereka untuk menulis hal-hal yang positif dan berlebihan. Biarkanlah testimoni diisi oleh buyer dengan menggunakan bahasa mereka sendiri. Bukan bahasa Anda sebagai penjual. 

Testimoni berlebihan justru akan memberikan dampak buruk terhadap citra bisnis Anda. Bukan tidak mungkin calon pembeli yang membacanya akan menebak bahwa testimoni tersebut palsu. Menjaga testimoni agar tetap original, bukan saja memberi efek baik terhadap bisnis tapi juga menghindarkan Anda melakukan pembohongan publik


3. Word of Mouth

Testimoni bukan hanya yang berupa tulisan. Testimoni dari mulut ke mulut juga bisa memberikan efek yang luar biasa. Bahkan testimoni jenis ini akan lebih ampuh mempengaruhi orang lain. Jika Anda memasuki rumah makan nasi padang, mungkin pernah melihat tulisan "Jika Anda puas beritahu teman-teman, Jika tidak puas silahkan beri tahu kami". Memang, testimoni word of mouth tidak mudah didapatkan. 

Words of mouth ini lebih bersifat alami, efek kepuasan pembeli atas pelayanan dan produk Anda membuat mereka menceritakan kepada orang-orang terdekat. Oleh sebab itu berikanlah pelayanan dan kualitas yang sesuai dengan pengorbanan pembeli (uang yang dikeluarkan). Ingat, rumus kepuasan pelanggan berikut ini.

Pelayanan < Harapan : Kecewa 
Pelayanan = Harapan : Biasa saja 
Pelayanan > Harapan : Kepuasan

Setelah membaca ketiga poin diatas, apakah kini sudah dapat Anda menyimpulkannya?

Testimoni pelanggan terhadap bisnis online masih memegang peranan yang cukup vital. Sebagai seorang pengusaha, Anda sebaiknya memperhatikan pelayanan dan kepuasan terhadpa pelanggan. Upayakan agar selalu memberikan pelayanan yang lebih tinggi daripada harapan pembeli. Jika ada kabar gembira mengenai kemajuan bisnis Anda, silahkan kabari saya melalui twitter @onino99