4 Cara Ampuh Bagi Pebisnis Dalam Mengusir Kejenuhan

cara mengatasi rasa jenuh dalam bisnis

Akan tiba fase dimana seseorang mengalami kejenuhan yang terasa begitu menggumpal di kepala. Mungkin pekerjaan Anda setiap hari berhadapan dengan laptop atau PC selama 8 jam lamanya. Menulis email dan mengirimkannya kepada klien bisnis. Memeriksa laporan keuangan harian dan mingguan ditambah harus melakukan validasi terhadap kondisi real perusahaan. Setiap hari harus mengulangi pola kerja yang sama. Kalau sudah begini, senyuman bisa menjadi satu hal yang langka pada diri Anda.

Hari-hari yang dilalui terasa sama, udara yang dihirup pun masih sama pengapnya. Anda sama sekali tidak mendapatkan suasana baru dalam menjalani aktivitas bisnis selama ini. Kehidupan Anda terasa monoton, semuanya bisa ditebak. Seperti halnya Anda menonton film dengan judul yang sama berkali-kali setiap harinya. Anda hafal dengan jalan ceritanya, bahkan sudah hafal dengan dialog yang diucapkan aktor di film tersebut. Tak ada lagi bagian film yang membuat penasaran dan membuat Anda menantikan bagaimana cerita selanjutnya.

Kondisi ini biasanya dialami oleh owner/founder yang bisnisnya sudah berjalan auto pilot. Memiliki karyawan yang menjalankan sistem sesuai standar operasional kerja yang sudah ditentukan. Kejenuhan kerap kali menghinggapi mereka. Apakah ini juga terjadi kepada Anda sekarang?

Jika iya, berikut ini 4 langkah yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan kejenuhan dan menumbuhkan kreatifitas baru dalam bisnis Anda. Selamat membaca.

1. Berhenti Sejenak, Berliburlah.


Berjalan jalan adalah cara yang paling mudah, namun jika Anda punya waktu, lakukanlah hal yang berbeda,  seperti pergi ke museum atau lakukan hal lain yang dapat menstimulus pikiran dan indera  Anda untuk menerima hal baru. Dan jangan lupa untuk memperhatikan pola tidur, jangan pernah menganggap remeh manfaat dari tidur.

Akan lebih baik lagi jika Anda membeli tiket pesawat atau kereta api mengunjungi tempat-tempat alami yang akan menyegarkan pandangan dan fikirian Anda. Alam selalu menawarkan inspirasi dan kesegaran tiada henti. Disana Anda bisa menginap beberapa hari, tanpa harus membicarakan masalah pekerjaan sekalipun. Jika pergi keluar kota tidak memungkinkan, Anda bisa memilih melakukan wisata kuliner di sekitar tempat Anda tinggal. Habiskan waktu Anda untuk bersantai bersama sahabat atau keluarga.

2. Ikuti Seminar


Mengikuti seminar-seminar yang berkaitan dengan bisnis Anda sangat bagus dalam memancing inspirasi dan kreatifitas. Sebelum Anda mengisi kepala dengan pemahaman baru, kosongkan terlebih dahulu isi kepala lama Anda agar mudah menyerap ide yang lebih fresh dan inovatif. Selain itu, dengan mengikuti seminar Anda akan bertemu dengan realsi baru, yang mungkin memiliki bisnis serupa dengan Anda. Bertukarlah kartu nama, jalin komunikasi dengan orang-orang baru.

Lepaskan title atau jabatan Anda ketika di kantor. Jadilah orang biasa layaknya orang yang ingin mencari ilmu. Jangan terkekang dengan gengsi ketika harus berinteraksi dengan peserta seminar lainnya. Lagi pula, Anda mengikuti seminar bukan untuk menguji kehebatan dan berdebat dengan pemateri kan? Sekali lagi, akan lebih baik jika Anda membuka pikiran dan membiarkan informasi baru masuk kemudian bersemayam di kepala Anda.

3. Silaturahmi Ke Sahabat Lama


Mungkin Anda pernah mendengar bahwa dengan kita memperpanjang jalinan silaturahmi akan memperluas juga rejeki. Ini sudah dibuktikan dan dirasakan oleh banyak orang. Bukankah di setiap urusan bisnis pada dasarnya akan terjalin ikatan silaturahmi antara Anda dengan klien? Nah sekarang coba dibalik. Anda utamakan silaturahmi tanpa harus berbasis transaksi. Bisa dengan mengunjungi sahabat lama atau atau teman sekolah Anda waktu SD yang berada di desa.

Luangkan waktu untuk sekedar bernostalgia tentang kehidupan masa kecil. Fase dimana saat itu Anda sedang bertumbuh, dan masalah terberatnya hanyalah PR matematika saja. Tidak ada beban fikiran omset, tidak ada masalah target penjualan seperti saat ini. Sahabat lama akan memberikan banyak cerita. Dan dari sahabat lama, Anda akan menemukan kembali inspirasi dari cerita lama yang terbarukan.

4. Lakukan Hobi Anda


Apa hobi Anda? 
Apakah Anda termasuk orang yang memiliki banyak hobi?

Luangkan waktu untuk melakukan kegemaran yang selalu membuat Anda tersenyum lepas dan tertawa ketika melewatinya. Menurut beberapa ahli yang mendalami kreativitas, untuk mendapatkan suatu ide, maka Anda harus menjernihkan kepala Anda beberapa saat dari tekanan dan kepenatan bisnis. Jika bernyanyi adalah salah satu hobi Anda, pergilah ke tempat-tempat karaoke keluarga untuk menyanyikan lagu-lagu favorit Anda.

Saya @onino99 senang berbagi dengan Anda.