7 Cara Mengelola Kontak BBM Untuk Meledakkan Omset Jualan Online

cara promosi menggunakan BBM

Apakah saat ini Anda penjual online?
Atau saat ini Anda baru akan memulai bisnis jual beli secara online menggunakan BBM?

Hampir semua toko online yang ada saat ini menggunakan blackberry messenger (BBM) sebagai media komunikasi dengan calon pembeli. Kontak BBM ibarat ladang bagi seorang penjual, yang harus dikelola dengan baik agar kandungan tanahnya tetap subur dan bisa memberikan hasil panen yang memuaskan.

Namun ternyata tidak semua penjual online yang jeli dalam mengelola kontak BBM. Kontak yang terdapat di BBM menjadi tidak produktif, pada akhirnya berdampak pada semakin lesunya transaksi dari hari ke hari.

Jika kontak BBM Anda jumlahnya hanya ratusan saja, mungkin tidak perlu cara khusus untuk mengelolanya. Akan tetapi jika jumlahnya sudah mencapai lebih dari seribu kontak, Anda perlu membuat langkah-langkah strategi pengelolaan yang efektif.

Mau saya kasih tahu cara mengelola kontak BBM untuk jualan?

Beri saya waktu 5 menit saja untuk menjelaskan secara singkat melalui tulisan ini. Silahkan Anda tetap lanjutkan untuk membaca sampai akhir.

1. Penulisan Display Name


Display name atau tampilan nama pada kontak blackberry Anda tidak boleh dibuat asal-asalan. Ingat, kontak BBM Anda adalah lahan jualan yang harus diperhatikan secara serius.

Point utama yang harus diperhatikan adalah “readable”. Display name Anda harus bisa dibaca oleh orang lain yang ada di kontak BBM dan terbaca oleh sistem pencarian kontak. Jangan menggunakan tulisan alay, mencampurkan angka sebagai huruf. Duuuh.. ini jangan banget deh.. pokoknya jangan! Karena akan menyulitkan orang yang berada di kontak ketika mencari nama Anda di BBM mereka.

Kedua, usahakan nama Anda berada pada uruan teratas dalam satu kategori di daftar kontak konsumen Anda. Caranya adalah dengan menambahkan tanda seru “!” sebelum nama toko atau nama Anda. Berikan jarak beberapa ketuk spasi antara tanda seru "!" dengan kata pertama nama toko online Anda. Contohnya begini:

!    Bandung Shop Centre| 0819234678 | Grosir Baju

Ketiga, seperti pada contoh diatas, selain menuliskan nama OL Shop tambahkan juga informasi lainnya seputar kategori produk apa yang Anda jual, no Hp atau alamat domisili Anda. Jadi, display Name benar-benar optimal sebagai identitas toko online Anda.

2. Buat Kategori Khusus Konsumen


Jika kontak BBM Anda masih bercampur dengan kontak pribadi, sebaiknya Anda harus mengelompokkan kontak berdasarkan kategori tertentu. Misalnya dibuat 4 kategori:
a. Keluarga
b. Teman
c. Konsumen
d. Supplier

Kenapa harus dibuat kategori terpisah?

Selain memudahkan Anda dalam mencari kontak tertentu, ini juga bermaksud untuk menyelamatkan kontak orang-orang yang Anda kenali dari broadcast promosi produk. Karena orang-orang yang Anda kenal selain konsumen adalah mereka yang tentu saja memiliki hubungan pribadi dengan Anda, pasti akan merasa terganggu menerima broadcast promosi setiap hari. Berbeda jika kontak konsumen, mereka memang invite pin Anda sejak awal karena tahu Anda adalah penjual online dan mereka berminat untuk membeli produk dari Anda.

3. Tampilan Display Picture


Display picture atau tampilan gambar bisa diibaratkan sebagai etalase virtual. Dimana melalui gambar inilah Anda menawarkan produk yang akan dijual kepada konsumen. Pemilihan gambar hendaknya pilih yang jelas dan tidak blur atau pecah ketika konsumen memperbesar gambar. Selainitu, dalam satu tampilan usahakan terdiri dari 4 gambar. Anda bisa melakukan mix dengan aplikasi-aplikasi yang bisa menyatukan gambar tersebut menjadi satu tampilan. Anda bisa menggunakan picmix untuk melakukannya.

4. Status BBM (Private Message)


Membuat status sebaiknya harus berkaitan dengan dispaly picture yang dipasang saat itu. Status BBM bisa berisi mengenai info produk ataupun kalimat-kalimat promosi yang menggiurkan. Anda harus belajar sedikit mengenai teknik menulis iklan yang baik, ini dikenal juga dengan istilah teknik Copywriting. Untuk memperkaya ide dan kreatifitas Anda dalam membuat kalimat promosi, silahkan baca tulisan saya sebelumnya yang berjudul 5 Kata Penting yang Bisa Mencuri Hati Konsumen

5. Penulisan Broadcast


Menulis pesan broadcast tidak perlu panjang atau banyak. Pahamilah bahwa bisa dipastikan orang yang menerima broadcast 50% langsung malas untuk membaca ketika melihat kalimat yang tertulis panjang, lebih parah lagi di tulis tanpa paragraf pemisah. Usahakan maksimal 3 paragraf saja dalam menuliskan broadcast. BBM itu digunakan sebagai media untuk ngobrol singkat atau chat, bukan untuk membaca koran.

Paragraf pertama adalah penentu, usahakan menulis kalimat promosi yang menggiurkan, menggelegar dan sulit untuk ditolak oleh calon konsumen Anda. Pilih kata-kata yang memancing rasa penasaran dan menggugah emosi pembaca. Karena memancing daya tarik di paragraf pertama akan menentukan seseorang untuk melanjutkan membaca ke paragraf selanjutnya atau end chat. 

Saya sudah pernah membuat ebook mengenai teknik promosi dahsyat menggunakan BBM beserta beberapa contohnya. Silahkan Anda baca pada postingan saya sebelumnya yang berjudul Teknik Promosi Broadcast BBM untuk Meningkatkan Omset Jualan Online

6. Waktu Efektif Broadcast


Pilihlah waktu yang tepat dalam mengirimkan broadcast message kepada seluruh kontak. Waktu potensial untuk mengirim broadcast adalah pada waktu siang hari jam 12.00 s.d jam 13.00, Pada waktu sore hari jam 16.00 s.d 17.00, pada waktu malam hari jam 21.00 s.d 23.00. Karena pada waktu tersebut orang-orang memiliki lebih banyak waktu luang untuk memegang gadget mereka.

Jangan sampai Anda sudah membuat konsep sedemikian rupa, penulisan kalimat dan penawaran promo yang menggelegar tapi tidak dibaca oleh konsumen lantaran mereka sedang sibuk, sedang dalam perjalanan atau sedang enggan memegang gadget mereka.

7. Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu


Uninstall aplikasi gadget yang kurang efektif terhadap kebutuhan jualan online. Contohnya adalah forsquare, game standar blackberry, aplikasi pengukur suhu, dan lain-lain. Penting atau tidak penting aplikasi yang terpasang di blackberry bagi setiap orang pasti berbeda. Silahkan lakukan berdasarkan kebutuhan marketing dan kebutuhan pribadi Anda.

Terlalu banyak menginstall aplikasi akan membuat gadget menjadi lemot, cepat habis batre, dan tentu saja dampaknya akan mengganggu komunikasi antara Anda dengan calon konsumen. Dan kalau komunikasi terganggu, sudah bisa ditebak omset jualan Anda pun akan terganggu.

Di bawah ini saya buatkan infografik untuk Anda lebih mudah memahami langkah demi langkahnya, silahkan klik pada gambar untuk tampilan lebih besar.


Bagaimana? sudah mendapatkan inspirasi untuk meningkatkan jualan online melalui BBM? Ketujuh cara diatas bisa Anda praktekkan segera, saat ini juga tanpa ada TAPI dan NANTI. Jika ada kesulitan, ada hal yang belum Anda pahami, atau bahkan Anda memiliki strategi sendiri yang lebih dahsyat, silahkan beri tahu saya dengan cara mention melalui akun twitter @onino99