Tingkatkan Brand Image Produk Anda Dengan 6 Cara Ini

brand image adalah, brand positioning adalah

Mungkin Anda pernah berpikir dan bertanya apa yang menjadi penyebab nilai atau gengsi setiap produk berbeda-beda meskipun manfaat produknya sama. Sekalipun ada perbedaan, saya yakin tidak terlalu signifikan. Lebih mengherankan lagi ketika ada beberapa produk yang menjual dengan harga lebih tinggi namun orang-orang tetap saja mau untuk membelinya.

Menaikkan brand image dimata konsumen lebih tepat dikenal dengan brand positioning. Positioning merupakan suatu persepsi (anggapan) yang tertanam dalam pikiran target pasar. Dalam pemasaran, positioning merupakan proses di mana pemasar mencoba menciptakan citra (gengsi) atau identitas di benak target pasar terhadap produk, merek, atau organisasi secara luas. Brand positioning lebih menyempitkan persepsi terhadap pencitraan merek.


1. Naikkan Harga Jual


Banyak orang yang terlanjur sudah mempercayai bahwa harga yang mahal atas sebuah produk, berarti kualitas dan nilai atas produk tersebut juga bagus. Oleh karena itu Anda bisa menaikkan harga lebih tinggi daripada produk pesaing. Namun Anda harus betul-betul memastikan harga yang konsumen bayar sepadan dengan kualitas produk yang Anda jual.  Karena jika mereka mendapatkan produk yang buruk dengan harga tinggi, sudah pasti konsumen tidak akan kembali kepada Anda.


2. Berikan Garansi Produk


Garansi akan melekatkan anggapan di benak konsumen bahwa apa yang akan mereka beli dari Anda benar-benar berkualitas. Berikan garansi produk Anda selama 30 hari, dengan jaminan uang kembali berlipat ganda jika kualitas produk Anda tiak sesuai dengan yang dikatakan. Bukankah hanya produk yang mengagumkan dan berkualitaslah yang berani melakukan hal ini?


3. Bonus Tambahan


Mungkin Anda pernah mendengar prinsip "Jika kita ingin dihargai, maka hargailah orang lain terlebih dahulu, Jika kitaingin diberi maka kita harus memberi terlebih dahulu". Prinsip tersebut bisa kita aplikasikan kedalam bisnis Anda. Memberikan bonus kepada konsumen yang membeli produk Anda akan membantu konsumen untuk lebih cepat mengingat pelayanan dan produk Anda, dan tentu saja mereka akan mengingatnya lebih lama. Dari sinilah mulai terbangun hubungan positif dengan market.


4. Beritahukan Fungsi dan Keunggulan Produk yang Anda Jual


Jika Anda membuat iklan atau promosi, kedepankanlah untuk memberitahu konsumen mengenai fungsi dan keunggulan produk Anda dibanding yang lain. Karena pada dasarnya menjual produk adalah menjual manfaat dari produk itu sendiri. Pembeli bukanlah membeli besi pada cangkul, melainkan membeli manfaat dari cangkul. Akan lebih baik lagi jika ternyata manfaat produk Anda lebih banyak daripada pesaing.


5. Cantumkan Harga Produk dengan Cara Berbeda


Apabila Anda ingin menjual produk dengan harga yang lebih mahal, cobalah cara kreatif dan unik untuk menyatakan harga produk Anda. Bisa dengan pencantuman label harga, misalnya harga jual rata-rata untuk produk Anda dipasaran adalah Rp 300.000, namun Anda ingin menjual lebih tinggi maka bisa membandrol harga Rp 398.000.

Kecenderungan orang ketika melihat bandrol harga mereka akan scanning lebih dahulu terhadap digit pertama yang tertulis pada bandrol. Cara ini akan membantu untuk memperkecil selisih harga. Tambahkan dengan menjelaskan manfaat lebih atas produk Anda, agar selisih harga tersebut masih terbilang kecil daripada manfaat lebih yang konsumen dapatkan.


6. Testimoni Pelanggan Lebih Sakti daripada Iklan


Testimoni orang lain lebih berdampak besar daripada janji-janji iklan Anda di media. Buatlah kolom testimoni untuk pelanggan agar mereka menuliskan pengalamannya setelah membeli produk Anda. Jangan sekali-kali membuat testimoni palsu. Akan lebih baik jika Anda memancing pendapat konsumen yang pernah membeli dengan bertanya mengenai kepuasan atas manfaat yang mereka terima dari produk Anda, kemudian mintalah mereka sendiri yang menuliskan di kolom testimoni yang telah Anda persiapkan.

Meningkatkan nilai/kualitas produk Anda adalah suatu hal yang penting, tak hanya bagi Anda, tapi juga konsumen Anda. Dibutuhkan sentuhan kreatifitas dan originalitas sebelum Anda melakukan promosi. Pastikan juga semuanya berjalan baik dan jujur. Anda harus bisa memastikan bahwa kualitas dan nilai produk Anda sebanding dengan harga yang Anda minta.