Begini Cara Saya Menulis Artikel SEO Friendly 2015 di Blogspot

panduan menulis artikel blogspot
Bagaimana cara menulis artikel yang sesuai dengan kaidah SEO?

Pertanyaan diatas paling sering saya terima ketika berada dalam forum diskusi internet marketer maupun di sosial media. Saya anggap itu sebagai pertanyaan yang wajar. Karena memang tidak semua orang serta-merta memahami cara menerapkan teknik SEO melalui artikel.

Kini.. beri saya waktu 10 menit saja untuk sedikit mengulasnya kepada Anda, ready??

Harus dipahami bahwa ngeblog itu sama seperti Anda menanam pepohonan. Tidak hanya cukup berhenti menanam, Anda harus menyirami dan memberi pupuk agar pertumbuhan pohon lebih cepat dan optimal. Jangan sampai sebelum pohon berbuah tapi sudah terkena hama atau penyakit. Nah begitu juga dengan ngeblog. Setelah Anda memiliki blog atau website, tugas Anda selanjutnya adalah menyiraminya dengan artikel.

Artikel yang Anda buat harus sesuai dengan kaidah SEO terbaru. Mungkin sekarang muncul dalam kepala Anda satu pertanyaan, "kenapa sih harus SEO friendly"

Satu konsep dasar dalam SEO yang sangat sangat perlu Anda pahami bahwa pada dasarnya orang-orang yang mencari informasi melalui google itu bukanlah mencari website/blog Anda secara langsung. Melainkan, mereka mengetik kata kunci untuk mencari database google yang didalamnya terindex blog/web Anda.

Itulah sebabnya mengapa tulisan artikel Anda harus SEO friendly, agar memudahkan google untuk mengindeks isi artikel Anda kedalam database mereka. Dengan begitu, ketika orang lain mengetik satu kata kunci, maka muncul lah website/blog Anda di hasil pencarian google.

Dalam analogi yang sederhana, kita ibaratkan google itu adalah ember yang berisi bola plastik warna-warni, dan website/blog Anda adalah salah satu bolanya.

Logikanya, bagaimana mungkin orang lain akan menemukan bola Anda di dalam ember, jika:
1. Bola Anda tidak ada di dalam ember
2. Kalaupun ada, bola Anda berada di tumpukkan paling bawah.

Maka, usahakan agar bola Anda terdapat di dalam ember dan pada tumpukkan teratas.

Sudah paham kan?

Kali ini saya akan bahas bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly. Maksud dari SEO friendly adalah menulis artikel web/blog yang sesuai dengan kaidah SEO google agar website Anda disukai oleh google dan bisa nangkring di halaman pertama untuk kata kunci yang Anda bidik.

1.Kembangkan Sinonim dari Kata Kunci


Jika sebelumnya Anda belum mengerti bagaimana cara memilih kata kunci yang berkaitan dengan web/blog Anda silahkan baca artikel yang berjudul cara riset kata kunci.

Kita sebut saja Anda ingin membidik kata kunci "Toko Online Terpercaya" maka buatlah artikel yang berkaitan dengan itu. Bisa saja dengan membuat review (ulasan) terhadap salah satu produknya atau ulasan mengenai pelayanan toko online tersebut.

Pilih sinonim dari kata kunci yang Anda bidik untuk memperluas kemungkinan pengunjung mengetik kata kunci saat mencari web Anda di database google, misalnya "Online shop terpercaya" , "Online store aman dan terpercaya" dan masih banyak variasi lainnya yang bisa Anda kembangkan sendiri.

Apa tujuan dari memilih sinonim?

Menambah variasi kata kunci telah terbukti meningkatkan peluang artikel Anda lebih mudah ditemukan oleh orang lain di google. Dengan banyak variasi juga akan membuat relevansi kata kunci dalam artikel Anda menjadi lebih kuat dan akurat.

Anda sudah mengerti? Oke kita lanjutkan pembahasan. Tetap fokus membaca yaaa, karena di point selanjutnya akan dibahas lebih detail lagi.

2. Buat Judul yang Menggugah dan Menarik


Judul adalah faktor penting yang harus Anda perhatikan. Membuat judul yang menggugah dan menarik memang perlu latihan berkali-kali agar Anda terbiasa melakukannya. Maksud menggugah disini adalah membangkitkan hasrat si pembaca untuk melakukan apa yang Anda inginkan. Jika isi artikel Anda menginginkan pembaca untuk melakukan pembelian, maka silahkan bubuhi dengan kata-kata yang memicu mereka untuk membaca dan pada akhirnya membeli saat itu juga.


Judul harus menarik agar menciptakan rasa keingintahuan atas informasi yang akan Anda tulis pada isi artikel. Ada beberapa point yang bisa Anda perhatikan dalam membuat judul yang menarik dan sesuai SEO yaitu:

  • Mencantumkan Angka

    Banyak sumber yang mengatakan bahwa dengan mencantumkan angka pada judul akan membuat orang lain menjadi tertarik untuk mengklik dan membaca isi artikel.

    Contoh: "Survey, Hanya 30% Pria yang Memiliki Lebih dari 3 Pasang Sepatu."
  • Memuat Kesan Pribadi

    Membuat kesan pribadi akan meningkatkan reputasi isi tulisan Anda. Karena orang lain berfikir bahwa apa yang Anda tulis adalah hasil pengalaman nyata, sehingga tulisan terlihat lebih nyata dan meyakinkan.

    Contoh:  "Inilah Cara Saya Mendapatkan Rp 1 Juta Rupiah Dalam 2 Jam"
  • Judul Harus Mengandung Kata Kunci

    Sedapat mungkin Anda harus membuat judul yang didalamnya memuat kata kunci yang Anda targetkan. Misalnya saja Anda menargetkan kata kunci "Toko Online Terpercaya", bisa saja membuat judulnya seperti ini:

    Contoh: 10 Toko Online Terpercaya yang Paling Populer di Tahun 2015


3. Simpan Kata Kunci Pada Awal Paragraf


Letakkan kata kunci pada awal kalimat paragraf pertama Anda dengan maksud agar kata kunci muncul pada meta deskripsi di hasil pencarian google. Apalagi jika Anda tidak terbiasa mengisi kolom deskripsi penelusuran ketika memposting artikel.

Jika masih belum mengerti, coba Anda perhatikan setiap hasil pencarian yang terdapat di google, maka Anda akan melihat tampilan seperti ini.

cara membuat judul seo friendly

Bagian kotak pertama yang saya beri nomor 1 adalah meta title, sedangkan bagian kolom yang saya beri nomor 2 adalah meta deskripsi.

Lihatlah, saya mengetik kata kunci 'Jual Sepatu Pria', pada urutan kedua dalam hasil pencarian muncul Lazada dengan judul yang juga mengandung kata "jual sepatu pria" dan di dalam meta deskripsi pun terdapat kata kunci "jual sepatu pria"

Dan coba Anda lihat web/blog yang berada di urutan pertama, apakah di dalam meta title dan meta deskripsi terdapat juga kata kunci "jual sepatu pria" ???

Untuk masalah meta deskripsi, selain menempatkan kata kunci pada bagian awal kalimat, Anda bisa saja tidak perlu melakukannya. Namun Anda harus mengisi kolom deskripsi penelusuran, yang nantinya akan muncul sebagai ringkasan di hasil pencarian. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

meta title blogspot 2015

4. Setting Permalink Manual, Selipkan Kata Kunci

Ini penting!! Banyak sekali blogger atau penulis artikel yang melewatkan trik ke-4 ini.
Mohon disimak dengan baik, pahami tiap kalimat dan paragrafnya secara utuh. Yuk dilanjuutt..!

Permalink (Permanent Link) adalah alamat unik postingan Anda yang akan muncul di kolom address bar browser Anda. Sisipkanlah kata kunci yang Anda bidik didalam permalink postingan tersebut.

Bagaimana cara setting permalink di blogspot?

Caranya sangat sederhana, pada saat Anda menuliskan entri baru (posting) di sebelah sidebar kanan tempat kita menulis ada beberapa menu pada kolom setelan entri, di situ ada label, jadwal, dan dibawahnya jadwal itulah ada pilihan setting permalink atau tautan permanen.

Ada dua pilihan setiingan tautan permanen, yaitu:

URL Otomatis

Ini berarti url yang otomatis ditentukan oleh mesin blogspot. Biasanya blogspot akan mengambil 5-6 kata pertama judul sebagai url atau permalink.

URL Khusus

Sedangkan pada URL khusus, Anda sendiri yang menentukan. Pilihlah ini untuk setting permalink yang sesuai dengan SEO. Kita tinggal memasukan teks yang akan dijadikan permalink atau tautan permanen. Sehingga ini memberikan kesempatan Anda menyisipkan kata kunci

Permalink harus ditulis tanpa spasi, sehingga antara kata bisa kita gunakan tanda hubung (-) ataupun titik (.). Misalnya saya masukan teksnya begini, "Cara-Bisnis-Online-Tanpa-Modal", lalu kemudian klik tombol "selesai"

Voilaaaa!! sekarang permalink postingan Anda sudah mengandung kata kunci sesuai target, dan inilah yang dimaksud dengan SEO friendly.

5. Gunakan Gambar yang Berkaitan

Lengkapi artikel Anda dengan gambar yang menarik dan sesuai dengan topik. Konon katanya, otak manusia lebih mudah dan cepat ketika menyerap informasi yang berbentuk gambar. Nah.. pada saat Anda memasukkan gambar di postingan, isi alt text dan title image nya.

Kegunaannya adalah agar memudahkan robot google mengenali gambar apa yang ada di dalam postingan Anda. Karena robot google tidak bisa membaca atau mengenali gambar. Untuk itu, tugas Anda yang memberitahukan kepada robot google mengenai gambar yang Anda posting.

Lalu bagaimana cara mengisi alt text dan title text pada gambar?

1. Klik gambar, lalu akan muncul menu kecil tulisan biru, lanjutkan dengan klik properties seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini.

cara memasang alt text dan title text gambar pada blogspot

2. Nanti akan muncul tampilan image properties seperti gambar dibawah ini.


Isi title text dan alt text dengan menyisipkan kata kunci atau sinonim kata kunci yang Anda targetkan.

6. Update Artikel Secara Rutin 


Google menyukai web/blog yang informatif dan update secara teratur. Usahakan dalam satu hari, untuk tiga bulan pertama usia blog, Anda menulis minimal satu artikel yang unik. Bukan hasil copy paste dari tulisan orang lain.

Memang sangat sulit mendisiplinkan diri untuk menulis artikel setiap hari. Karena saya sendiri pun masih suka kedodoran dalam mengurus web atau blog saya yang jumlahnya ada sekitar 6 blog. Jika Anda memiliki tips agar tetap rajin menulis artikel setiap hari, silahkan mention saya di twitter untuk berdiskusi.

6 hal teknis dalam menulis artikel blogspot yang SEO friendly sudah saya jelaskan diatas. Selain itu, secara konsep ada juga beberapa hal yang patut Anda perhatikan dan tidak bisa dijelaskan secara mendetail karena ini berkaitan dengan konsep.

Anda harus membuat tulisan yang tidak membosankan. Buatlah pembaca seolah-olah sedang berbicara tatap muka dengan Anda ketika mereka membaca tulisan Anda. Gunakan sapaan pribadi seperti "Anda" atau "Kamu" dan "saya" atau "aku". Hindari menggunakan bentuk jamak seperti "kami" atau "kita".

Selamat berlatih menulis artikel SEO friendly yaa.. jika ada hal yang belum dipahami, silahkan dibaca ulang artikel ini sampai Anda benar-benar memahami apa yang saya tuliskan tiap paragrafnya. Jangan lupa follow twitter saya @onino99