Prinsip Internet Marketing 2015


belajar internet marketing
Acara BaIM #1 di Bandung

Pada acara BaIM (Belajar Internet Marketing) #1 beberapa minggu yang lalu saya lupa memaparkan prinsip-prinsip dasar sebelum mempelajari internet marketing lebih detail.

Prinsip-prinsip ini berguna sebagai dasar kerangka berpikir bagi Anda untuk mengembangkan strategi marketing melalui internet. Nah.. sekarang mari kita mulai bahas satu persatu.

1. Internet Media Bertukar Informasi


Coba deh Anda fikirkan, selama ini Anda menggunakan internet tujuannya untuk apa? Mungkin jawabannya tidak hanya satu. Ada yang bertujuan untuk hiburan semata, untuk belanja online, atau untuk bersosialisasi menggunakan jejaring sosial. Tapi semua jawaban itu bermuara pada satu topik general, yaitu mencari informasi.

Terlepas setelah mendapatkan informasi tersebut apakah Anda menjadi terhibur? (jika tujuan Anda hiburan) atau Anda menjadi tertarik untuk membeli? (jika tujuan Anda belanja online), atau juga Anda menjadi terhubung dengan teman dan kerabat jauh (jejaring sosial).Semua itu adalah dampak dari penerimaan informasi yang Anda dapat dari Internet.

Oleh karena itu, prinsip pertama yang harus Anda pahami dalam internet marketing adalah "informasi apa yang bisa saya bagikan kepada banyak orang?" Dengan kata lain, Anda harus menjadi penyedia informasi yang dicari oleh kebanyakan orang. Melalui apa? ya blog atau website yang Anda kelola.

2. Fokus Terhadap Bisnis, Bukan Teknis


Dalam internet marketing Anda akan dihadapkan pada banyak hal teknis. Seperti melakukan pengaturan pada blog, mendatangkan pengunjung melalui search engine (SEO), optimasi sosial media dan banyak lagi.

Meskipun begitu, jangan sampai Anda malah terjebak terlalu lama fokus dengan hal-hal teknis seperti yang tadi saya sebutkan. Karena banyak sekali orang diluar sana yang mempelajari internet marketing namun pada akhirnya terlalu asyik dengan tools atau software internet marketing yang membuat dirinya lupa dengan tujuan bisnisnya.

Mempelajari internet marketing bukan berarti Anda sudah mempelajari bisnis online. Karena marketing adalah bagian dari bisnis. Terkecuali memang tujuan Anda adalah ingin menjadi konsultan internet marketing, ya itu sih beda lagi. Tapi jika tujuan Anda mempelajari internet marketing untuk bisnis, maka janganlah terlalu lama asyik mempelajari hal detail tentang internet marketing.

Ada banyak jasa internet marketing yang bisa Anda sewa. Mulai dari membuat web/blog, jasa penulisan artikel yang SEO friendly, atau jasa promosi website dengan memanfaatkan viral sosial media. Delegasikan hal-hal teknis kepada penyedia jasa. Anda cukuplah sebatas mengerti dan memahami secara garis besarnya saja mengenai internet marketing.

3. Tak Perlu Ahli Coding dan Pemrograman


Banyak orang mengira bahwa untuk menjalani bisnis dengan memanfaatkan internet marketing harus menguasai pemrograman yang berkaitan dengan pembuatan website. Padahal membuat website dan internet marketing adalah dua hal yang berlainan.

Dalam kehidupan nyata pernah terjadi, dimana ketika salah seorang sahabat saya menjadi tak percaya diri untuk memulai bisnis dengan memanfaatkan internet marketing. Jadi jangan sampai ini juga terjadi kepada Anda. Internet marketing itu hanya tools, dan semua yang bersifat tools itu bisa digantikan atau didelegasikan kepada orang lain.

Ibaratnya, seorang developer perumahan juga belum tentu bisa membangun rumah sendiri. Dia hanya memiliki konsep kemudian pekerja atau tukang bangunan lah yang mengerjakannya. Betul apa bener? :)

Anda tak perlu ahli dalam coding dan pemrograman, karena tak semua orang yang ahli coding dan pemrograman pun bisa menjadi seorang internet marketing. Lagi-lagi.. itu adalah hal teknis dan berlainan.

4. Konten Marketing adalah SEO Terbaik dan Terampuh 2015


Konten adalah segala isi yang berkaitan dengan informasi yang Anda suguhkan kepada banyak orang. Tulislah informasi untuk manusia, bukan search engine. Banyak para pelaku internet marketing yang malah salah kaprah terjebak dalam seluk beluk SEO yang begitu rumit. Celakanya, semua itu hanya membawa tujuan bisnis menjadi bias.

Maksudnya bagaimana?

Seperti penjelasan pada artikel sebelumnya yang membahas tentang Pengenalan SEO dasar (Search Engine Optimization) saya menuliskan bahwa tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Lalu kemudian Anda fokus untuk mendongkrak posisi website berada dihalaman teratas dengan cara menulis artikel untuk kepentingan optimalisasi kata kunci agar 'dipandang' relevan oleh hasil pencarian google, bukan untuk kepentingan pengunjung web/blog Anda. Nah! ini yang keliru.


Buat apa web/blog Anda berada di peringkat satu jika isinya tidak bermanfaat, isi artikel hanya berupa pengulanang-pengulangan kata kunci yang sangat tidak enak untuk dibaca oleh manusia. Ya! itu terjadi karena Anda salah fokus. Menulis demi mengejar setoran optimasi kata kunci, bukan demi memberikan informasi yang relevan.

Ingat pada prinsip pertama tadi yang sudah Anda baca. Internet adalah media untuk bertukar informasi. Oleh karena itu konten yang padat dan bermutu pada blog/web Anda adalah pilar utama yang membuat informasi Anda berguna bagi pengunjung.

Jika Anda ingin menjadi pendekar pedang tersakti di dunia, maka rajinlah berlatih jurus-jurusnya, bukan rajin membuat pedangnya.

Jika Anda ingin web/blog berada pada peringkat teratas, maka rajinlah mengemas informasi yang relevan dengan kata kunci. Bukan nyepam kata kunci!!!

Oke.. kiranya cukup sekian penjelasan mengenai prinsip internet marketing 2015 ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan mention saya melalui twitter. Atau Anda bisa berlangganan artikel dari blog ini untuk mengikuti perkembangan informasi yang bisa saya tulis setiap saat untuk Anda.

Oiya.. bagi Anda yang kemarin tidak sempat datang pada acara BaIM #1, silahkan untuk membaca materinya dibawah ini:
  1. Pengenalan SEO dasar 
  2. Mengapa Harus Riset Kata Kunci 
  3. Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Planner